Saturday, December 15, 2018

5 Fitur yang Seharusnya Ada di Blogger

5 Fitur yang Seharusnya Ada di Blogger

Blogger memang platform blogger gratis terbaik hingga saat ini, ada banyak alasan untuk menempatkan blogger menjadi yang terbaik, kalian bisa juga membaca di postingan saya sebelumnya (Blogger Adalah Platform Buat Ngeblog Terbaik) salah satu alasanya adalah simple dan mudah digunakanya, namun saking simplenya ada beberpa fitur yang seharusnya ada di blogger namun tidak ada.

5 Fitur yang Seharusnya Ada di Blogger
5 Fitur apa sajakah itu, dimana blogger seharusnya memilikinya ?

1. Trash (tempat sampah artikel dan comments yang dihapus)

Seperti yang sudah juga saya ulas sebelumnya, Blogger sanagat butuh menambahkan fitur Trash atau tempat sampah dimana artikel dan comments yang kita hapus baik sengaja ataupun tidak sengaja dapat di tampung sementara, agar jika ternyata suatu keadaan membutuhkan kita mengembalikan artikel dan comments tersebut kita dengan mudah mengembalikanya. (Postingan Terhapus Lagi Google Please Make Trash on Blogger)

Sebagai pertimbangan juga penghapusan blog dulu juga jika kita menghapus suatu blog dari aku kita blog tersebut akan langsung permanen terhapus namun blogger akhirnya menambahkan fitur trash untuk penghapusan blog sehingga jika kita menghapus sebuah blog kita, blog yang kita hapus itu tidak langsung hilang secara permanen melainkan masuk ke tampungan yang menunggu kita menghapusnya secara permanen, dan disana juga kita bisa mengembalikan blog tersebut jika berubah pikiran. kalian bisa membaca (Cara menghapus blog secara permanen)

2. File Media Manager

Yang kedua dan yang tidak kalah pentingya adalah File Media Manager, menurut saya adalah fitur yang juga sangat penting ada untuk blogger agar kita bisa mengatur file foto atau video yang kita upload di blog kita. Faktanya adalah jika kita upload gambar gambar tersebut tidak akan hilang walaupun sudah kita hapus dalam postingan. untuk membuktikan ini coba kalian upload gambar kemudian copy url gambar tersebut, lalu hapus gambar tersebut dari postingan kalian, jika kalian mengakses url gambar yang sudah kalian copy tadi sampai kapanpun pasti masih ada.

Selain itu, walau seperti tidak ada batasan jatah berapa Giga untuk storage dari file (gambar dan video) yang bisa kalian upload di blog kalian tapi memang harus kalian ketahui juga blogger tidak memberikan unlimited untuk ini, jadi sangat penting untuk mengorganize file-file tersebut.

3. Fitur Follower yang lebih baik

Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak awal dan juga masih digunakan kebanyakan blogger hingga kini, namun entah kenapa fitur follow ini tidak diupdate sejak dulu, tampilan masih sangat sederhanan, pencarian dan sebagainya harusnya bisa dilakukan di backend admin, agar jika kita ingin melakukan blogwalking dan silaturahmi ke blogger-blogger lain tidak dengan cara manual dengan mencarinya lewat google dan menggunakan customize keyword (Cara Mencari Blog Orang Lain untuk Blog Walking)

Tentu akan sangat menyenangkan jika ada fitur atau sistematika seperti pada Youtube bukan? saya yakin dengan dengan diperbarui sistem follower di blogger menjadi lebih baik akan meningkatkan jumlah blogger.

4. 1 Akun Google 1 Blog

Selanjutnya adalah 1 akun google 1 blog, kenapa saya menempatkan hal ini menjadi fitur baru atau yang seharusnya blogger lakukan karena faktanya adalah 1 akun bisa membuat banyak sekali blog, dan saya rasa hal ini tidak akan menjadi efektif, karena kebanyakan blog tersebut pasti akan menjadi blog zombie (bukankah hal ini juga dibenci oleh google?) selain melemahkan kualitas produktifitas konten yang dibuat, juga menghilangkan banyak slot unik name blog yang seharusnya bisa dipakai oleh calon blogger baru.

Maksudnya unik name adalah nama awalan untuk subdomain blogspot misalkan unikname.blogspot.com nah nama unik ini lama kelamaan akan habis karena dipakai oleh orang lain, iya kalau blog tersebut aktif, tapi kalau tidak? dan hanya side blog dengan satu artikel kemudian ditinggal begitu saja? dengan fitur atau sistem baru 1 akun google 1 blog akan membuat blogger lebih tertib lagi dan bisa mefokuskan diri di satu blog dan konten yang dibuat juga akan meningkat. (Mulai Fokus Ke Satu Blog Saja)

5. Blog yang tidak aktif sekian tahun dihapus

Kalo yang terakhir ini saya hanya enambahkan pada posisi optional (atau tidak mesti ada) ini hanya berlaku pada blog-blog lama yang cuma membuat beberpa artikel bahkan tidak ada artikel sama sekali dengan unik name bagus yang akan terus eksis entah samapi kapan, padahal sayang banget bukan dengan nickname itu bisa saja dibuat dan dipakai oleh blogger baru dengan konten yang lebih segar dan bagus.

Bahkan saya tidak jarang menemukan blog yang dibuat pada tahun 2007 dan 2008 yang isinya cuma 1 arikel dan hallo doang, dan unik name itu sebenarnya saya inginkan untuk membuat blog. inilah kenapa mungkin fitur atau sistem ini akan bagus jika ada di blogger.

Kenapa Goole tidak membuat fitur dan berbaikan di blogger?

Dari 5 fitur yang seharusnya ada di blogger tadi, pasti kalian juga akan setuju jika Google selaku pemilik dan pembuat platform blogger bisa dan sangat mudah membuat dan menambahkan fitur tersebut bukan, tapi kenapa hingga kini blogger seolah diabaikan ?

Padahal dalam praktiknya literasi membaca lebih baik dibandingkan dengan video ? (ini opini)

Blogger seolah menjadi anak tiri jika dibandingkan dengan platform yang lebih baru (Youtube). walaupun dengan konteks media yang berbeda.

Kalau bisa saya membuat hipotesa mungkin ini karena memang masyarakat dunia lebih tertarik dengan media visual daripada dengan membaca media tulis (?) sehingga para advertise juga akan lebih memilih mengiklankan produknya di media visual tersebut dibandingkan media tulis (?)

Yah mungkin hanya Google yang tau.

Semoga saja kedepanya blogger bisa diperhatikan lebih baik lagi, karena menurut saya potensi blogger menjadi platform besar sebesar Youtube bisa kok dilakukan asal sistem dan fitur-fitur ini diperhatikan.

Terimakasih sudah membaca itulah 5 Fitur yang Seharusnya Ada di Blogger yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat buat kalian.

BUKA UNTUK KOMENTAR