Rabu, 22 Maret 2017

Memilih Font yang Tepat dan Benar Microsoft Word

Memilih Font yang Tepat dan Benar Microsoft Word

Font adalah bentuk dan gaya tulisan, pengaturan font untuk membuat dokumen juga sangat penting, apalagi dalam dokumen-dokumen tertentu yang sudah memiliki standart font tersendiri. Pemilhan font yang salah dapat membuat pembaca tidak nyaman, dan juga akan terlihat aneh jika tidak sesuai dengan jenis dokumen tersebut. misalkan saja dokumen resmi yang dibuat dengan menggunakan font Comic Sand MS tentu akan sangat konyol dan tidak sesuai, berbeda dengan dokumen cerpen misal, yang menggunakan font tersebut, maka akan menjadi pas.

Memilih Font yang Tepat dan Benar Microsoft Word

Oleh karena itu pengaturan Font yang tepat adalah salah satu hal terpenting lainya untuk kalian perhatikan dalam pembuatan dokumen di Microsoft Word.

Font yang tepat untuk Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis yang membahas suatu masalah dengan penulisan yang terstruktur dan sistematis serta terdapat analisis yang logis dan Objektif. Makalah sendiri termasuk dokumen resmi dimana font yang digunakan harus readeble (mudah dibaca) dan bersifat standart. sebenarnya diluar negri makalah (biasa disebut papers) tidak terpaku pada satu font tertentu saja. namun pada umumnya dan khususnya di indonesia Menggunakan satu Font "Times New Roman" sebagai font pakem-nya.

Kemudian pada ukuran untuk Judul bisa dipertebal (bolt) dengan ukuran 14 dan judul Bab 16. Sedangkan untuk teks Paragraf dengan ukuran 12 tanpa harus dipertebal.

Kemudian untuk Spasi garis dan Paragraf diatur pada 1.5, bingung dimana mengaturnya? pada menu bar Home, di panel paragarf (paragraph) kemudian pilih 1.5

Font yang tepat untuk Skripsi

Pada pembuatan dokumen skripsi untuk jenis dan ukuran font sepenuhnya hampir sama dengan Makalah diatas, hanya saja terdapat pakem khusus tambahan lagi mengenai ukuran kertas, Spasi, serta margin. dan tiap universitas memiliki pakem mereka sendiri-sendiri (berbeda). namun secara umum dapat saya jelaskan sebagai berikut:

Ukuran kertas adalah A4, Spasi garis dan Paragraf (Line Spacing) 1.5, Font "Times New Roman", Ukuran Font Heading Bab 16, Heading 14, Sub heading 12 (tebal), Paragraf 12, Kemudian margin dengan pengaturan Atas (Top) 3, Kanan (Right) 3, Bawah (Bottom) 3, dan Kiri (Left) 4.

Seperti yang saya bilang tadi pengaturan tersbut bia berbeda beda tiap universitasnya, bahkan dosen pembimbingnya (pengalaman pribadi) namun secra umum seperti yang saya jelaskan diatas.

Font yang tepat untuk laporan

Kemudian Font yang tepat untuk membuat laporan, disini laporan ada banyak sekali jenisnya, dari laporan perusahaan, dampai dengan tugas sekolah atau kuliah, untuk Font pada laporan sendiri sepertinya memang tidak ada pakem yang khusus, akan tetapi masih wajib menomor satukan readable (kemudahan membacanya). misalkan saja menggunakan Times New Roman atau Sans Serif.

Kemudian ukuran font yang bisa kalian atur sesuai dengan fata laporan tersebut, jika dirasa penting gunakan size tebal atau lebih besar tidak masalah, asalkan tetap rapih.