Sabtu, 18 Maret 2017

Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia

Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia

Untuk mengawali Pembahasan tentang Microsoft Word kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengubah bahasa Microsoft Word menjadi bahasa indonesia (yang say gunakan disini adalah Microsoft Word 2016, namun cara dan penerapanya hampir sama pada setiap vesrsi microsoft word dibawahnya, seperti microsoft word 2013, 2010, atau bahkan microsoft word 2007.

Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia

Baiklah mungkin langsung saja, silahkan baca dengan seksama tutorial yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia

Paling awal yang perlu kalian lakukan adalah unduh dulu file bahasa indonesia di Language Accessory Pack untuk Microsoft Office 2016 disini , kemudian scroll kebawah, pada Step 1 : pilih Indonesia pada pilihan dropdown selanjutnya akan muncul link downloadnya. perhatikan gambar berikut ini:

Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia
Gambar 1

Selanjutnya jika sudah muncul link download, pastikan untuk mengunduh sesuai dengan komputer yang kalian gunakan, apakah 32 atau 64 bit. (x86 = 32bit. x64 = 64bit)

Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia
Gambar 2

Selesai mengunduh, install Language Pack Bahasa indonesia tersebut, tunggu hingga selesai, jika sudah sekarang sattnya untuk melakukan setting di Microsoft Word kalian agar sepenuhnya berubah menjadi bahasa indonesia.
  1. Buka Microsoft word kalian seperti biasa, kemudian buka pengaturan, kalau di Microsoft Word 2016, Klik File > Option
  2. Selanjutnya akan terbuka pengaturan Microsoft Word seperti gambar 3 lalu pilih Language
  3. Jika sudah pastikan di Choose Editing Language ada Bahasa indonesia, jika belum silahkan tambahkan dengan cara pilih ahasa indonesia di dropdown Add Editing Additional Language.
  4. Dan yang terakhir adalah setting Display Language dan Help Language Indonesia menjadi Default Perhatikan gambar 4
Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia
Gambar 3

Menjadikan Microsoft Word Bahasa Indonesia
Gambar 4

Selesai, Langkah terakhir adalah Restart Microsoft Word kalian, dan lihat hasilnya, Microsoft Word 2016 Kalian akan berubah menjadi berbahasa indonesia, jadi cukup membantu untuk pemula yang ingin belajar Microsoft Word, karena akan lebih faham dengan Tools yang berbahasa indonesia, selain itu (untuk Ms. Word 2016) Toolstips atau keterangan pembantunya juga berbahasa indonesia, jadi sangat rekomendasi untuk dilakukan jika kalian ingin belajar Microsoft word lebih cepat.

Menjadikan Microsoft Word 2013, 2010, 2007 dan 2003  Bahasa Indonesia

Sedangkan untuk versi dibawah 2016, dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan yang saya jelaskan diatas, hanya saja file Language Accessory Pack untuk Microsoft Word 2013, 2010, 2007 dan 2003 Berbeda. Kalian bisa unduh disini

Untuk selebihnya, baik cara installasi, serta setting pada Microsoft word juga sama saja dengan Microsoft Office 2016. 

Mungkin Cukup Sekian, semoga saja bisa membantu, dan bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah jika ada pertanyaan, atau mungkin punya hal yang ingin disampaikan?

BUKA UNTUK KOMENTAR