Rabu, 12 Desember 2018

Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Download

Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Download

Jika kalian sekarang sudah memakai windows 10 terbaru kalian akan sadar bahwa yang dulunya Windows Store kini berubah namanya menjadi Microsoft Store. walaupun sudah berubah nama dan diupdate sedemikian rupa agar labih baik, namun faktanya masih sangat sering ditemui masalah dalam Microsoft Store, yang paling sering dijumpai dan dialami oleh pengguna Windows 10 adalah sulitnya Download atau Update aplikasi dari Microsoft Store.

Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Download
Ada banyak penyebab yang mungkin menjadi tersangka utama daari tidak bisanya kaliaan download atau update aplikasi di Microsoft Store, namun berikut ini adalah beberapa yang paling sering terjadi.

Internet kalian lemot

Microsoft Store harus diakui membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, jadi perlu kalian perhatikan adalah apakah koneksi internet kalian stabil? kalian bisa melakukan cek kecepatan internet kalian bisa buka Google kemudian ketik "Speed test".

Jika sudah tekan tombol "Jalankan Uji Kecepatan", Popup akan muncul dan tunggu, kalian akan diberikan data kecepatan maksimal download dan upload koneksi internet yang kalian gunakan.

Menjalankan speed test google

Untuk download dan update di Microsoft Store dengan lancar setidaknya koneksi kalian harus mencapai 1Mbps. (Pengalaman pribadi) jika dibawahnya masih bisa tapi sering gagal ditengah jalan. Cara mengatasinya tentu koneksikan internet kalian ke sumber koneksi internet yang lebih baik

Windows kalian sedang update

Selanjutnya adalah kalian harus pastikan windows kalian tidak sedang update, jika windows kalian sedang update tentu bandwidth internet kalian akan lebih diutamakan di update tersebut, sehingga koneksi pada Microsoft Store jadi lebih sedikit dan mempengaruhi download kalian.

Adapun cara memeriksa apakah windows kalian sedang update atau tidak tanpa membuka menu settings update windows kalian adalah dengan membuka task manager. Klik kanan pada taskbar windows kalian > Task Manager > Details dan lihat apakah Svchost.exe berjalan ? jika berjalan dan menggunakan koneksi internet yang banyak berarti Windows kalian sedang update pada saat itu.

Cara mengatasinya kalian bisa tunggu update ini selesai atau stop pause windows update kalian untuk sementara, buka Settings > Update & Security > Windows Update > Advance Options > Aktifkan Pause Updates . Kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

Pause windows update pada windows 10

Lakukan Troubleshooting Microsoft Store

Jika kalian merasa dua poin diatas bukan itu masalahnya dan bingung masih saja sulit download atau update aplikasi di Microsoft Store, maka yang perlu kalian lakukan adalah melihat apa sih error sesungguhnya pada Microsoft store kalian.

Menjalankan troubleshooter microsoft store

Cara melakukan Troubleshooting Microsoft store sangat mudah, buka Settings > Update & Security > Troubleshoot, sekarang scroll paling bawah pilih Windows Store App / Microsoft Store App > Run the troubleshooter. ikuti prosesnya hingga selsesai, windows akan otomatis mendeteksi masalah dan akan memberikan saran perbaikan.

Pada tahap ini biasanya akan diketahui masalah sebenarnya dari "Kenapa microsoft store kalian tidak bisa download atau update" terlepas apakah bisa teratasi atau belum. jadi perhatikan dan catat juga hasil error troubleshoot ini.

Gunakan Vpn internet

Nah jika dalam troubleshoot diatas kalian tidak menemukan log error yang ditemukan maka ada kemungkinan memang Microsoft Store kalian memang tidak bermasalah, jika koneksi sudah cepat, windows tidak lagi update dan pada saat trubleshoot tidak ditemukan error kemungkinan besar adalah provider yang kalian gunakan bermasalah, hal ini terjadi pada saya juga, kebetulan saya menggunakan wifi indihome, entah kenapa tidak bisa melakukan akses ke server Microsoft, baik pada update windows atau di Microsoft store ini, jadi saya memerlukan VPN untuk bisa mengakses server windows.

Ada banyak vpn yang bisa kalian gunakan, saya sangat sarankan menggunakan vpn software pihak ke 3 saja daripada memasukan vpn manual di pengaturan, menghindari kemungkinan yang tidak di inginkan.

Restore Windows

Jika semua poin diatas masih saja belum bisa mengatasi microsoft store kalian, maka tidak ada cara lain yaitu kalian mesti melakukan restore pengaturan ke restore pint sebelum error terjadi. walau yah mungkin juga tidak menjamin akan bisa mengetasi masalah ini. 

Pada dasarnya masalah biasanya sudah diatasi pada point troubleshooter, paling mentok di menggunkan VPN dan masalah tidak bisa download dan update ini bisa teratasi, namun apasalahnya dicoba, ada kemungkinan juga windows kalian terkena virus baru yang belum teridentifikasi.

Caranya Buka Settings > Update & Security > Recovery > Reset this PC 

Update Download menggunakan IDM aja ?

Jika kalian dengan semua cara diatas masih tidak bisa maka solusi terbaru dan paling pasti bisa dilakukan adalah dengan download aplikasinya menggunkan idm (internet download manager) saja, agar lebih cepat dan bisa di resume. caranya bagaimana? silahkan baca artikelnya disini

Penutup

Mungkin itulah cara mengatasi Microsoft Store yang tidak bisa download atau update aplikasi yang bisa share kepada kalian semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba, jika kalian butuh bantuan silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, jangan sungkan.

BUKA UNTUK KOMENTAR