Saturday, November 24, 2018

Re-Index Setelah Ganti Domain dan Cara Mengatasinya

Re-Index Setelah Ganti Domain dan Cara Mengatasinya

Hampir seminggu sudah Sengedan Blog mendapatkan domain (dot)Com akhirnya proses re-indexing google mulai terjadi, perlahan namun pasti re-indeks mulai dari kemarin sore setidaknya saya pantau, dam akan terus berlangsung dalam beberapa hari kedepan sepertinya.

Re-Index Setelah Ganti Domain dan Cara Mengatasinya
Apa sih Re-indexing yang saya maksud diata? seperti halnya namanya berarti pe-index-an ulang, sebuah proses menyimpanya data baru untuk menggantikan data lama yang sebelumnya sudah ada. Mudahnya adalah, artikel kalian yang seblumnya disimpan ***.blogspot.com akan diganti dengan ***.com proses inilah yang disebut re-indexing dalam kaitanya dengan pencarian google.

Apa pengaruhnya terhadap blog ?

Re-index sendiri merupakan sesuatu yang pasti berdampak besar sekali bagi blog atau situs yang merubah alamatnya (*domain) karena dalam proses ini artikel lama kalian akan dihapus terlebih dulu dari peredaran kemudian digantikan dengan yang baru, misalkan saja artikel kalian itu berada pada Top SERP google, maka dalam proses ini akan hilang, dan kemudian digantikan dengan alamat baru kalian, pada alamat baru ini biasanya juga butuh waktu untuk naik, (kemudian stabil).

Jadi jelas dalam proses ini akan menurunkan secara signifikan jumlah pengunjung / visitor blog kalian, dalam kasus saya, kemarin saja anjok lebih dari setengahnya, bayangkan dari 5ribuan pageview jatuh ke 2,2an ribu. dan ini masih akan berlanjut lagi dalam beberapa hari kedepan, hingga semua re-indexing ini benar-benar selesai.

Kalaupun sudah selesai, belum tentu juga artikel kita akan menempati posisi SERP seperti sebelumnya, ada kemungkinan naik ada juga yang pasti akan turun, tergantung optimisasi kita.

Cara mengatasinya ?

Selanjutnya adalah jika kalian bertanya bagaimana sih cara mengatasinya? ada banyak sih yang mengulasnya, ada yang bilang pada proses ini jangan update artikel apapun dan biarkan proses ini sampai selesai baru upload atau buat konten baru.

Namun saya kurang setuju untuk ini, dari pada harus menunggu lebih baik saya menulis,  toh juga akan sangat membosankan jika cuma mantengin saja, apa lagi kalau tidak segera dituangkan dalam bentuk tulisan, ide artikel yang ingin dibuat akan lupa, mari serahkan proses ini sepenuhnya kepada google, dan tidak sering-sering lihat statistik, udah nulis aja.

Update 1 Desember 2018 - Sepertinya saya harus merevisi pendapat saya mengenai masa re-indeks, bahwa gakmasalah pada waktu reindeks membuat artikel sebanyak banyaknya, ternyata pedapat saya ini keliru, ini baru saya buktikan sendiri dengan melakukan riset masalah pada google webmaster versi terbaru (webmaster tampilan baru.

Didalam statistik itu ada cukup banyak artikel saya yang ditemukan oleh robot crawl google tapi tidak terindeks, setelah saya cari permasalahan ini, di panduan webmaster google, ternyata ini disebabkan robot perayap tidak cukup ruang untuk memuat semuanya sekaligus, oleh karena itu akan dilakukan di perayapan selanjutnya, dan seterusnya.

Saya akan coba membahasnya lebih rinci di artikel ini - Cara yang Benar Saat Re-indexing Google (revisi)

BUKA UNTUK KOMENTAR