Kamis, 20 Juni 2019

Apa itu Disk PortableBaseLayer di Disk Management ?

Apa itu Disk PortableBaseLayer di Disk Management ?

Hai semuanya, jika kalian sebelumnya sudah melakukan update Windows 10 kalian menjadi versi 1903, kalian pasti menjumpai sebuah fitur yang namanya Windows Sandbox, kalaupun jika tidak secara otomatis Enable maka kalian bisa menyalakanya secara manual, bisa baca di sini - Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903

Namun setelah itu kalian akan sadar, bawah di Disk Management, akan muncul sebuah disk virtual mencurigakan sebesar 8-an Gb, dengan attribute read-only, yang labelnya bertuliskan PortableBaseLayer ?
Apa ini ?

Jangan takut, disk dan partisi ini yah si Windows Sandbox sendiri, disk dan partisi ini digunakan untuk menjalankan Windows sandbox agar tidak mengubah apapun di disk utama kalian, jadi jangan heran dan mengira ini disebabkan oleh virus atau apa sehingga berusaha mematikan attributenya menjadi tidak read-only lagi, atau bahkan menghapusnya, karena memang akan sia-sia.

Namun jika kalian merasa disk virtual ini mengganggu, dan perlu kalian disable, ya  otomatis kalian harus melakukan disable pada fitur windows sandbox kalian, caranya sama dengan artikel Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903, namun pada poin centang menjadi hilangkan centang saja pada pilihan Windows Sanbox-nya kemudian restrart.

Baiklah mungkin itu saja semoga uraian singkat mengenai Apa itu Disk PortableBaseLayer di Disk Management ? bisa membantu kalian yang kebingungan. terimakasih..

BUKA UNTUK KOMENTAR