Wednesday, June 5, 2019

Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903

Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903

Hi semuanya apakabar? apakah dari kalian sudah melakukan update Windows 10 kalian? Mei kemarin adalah bulan rilis update Windows 10 major terbaru, dimana ada cukup banyak perubahan dan penambahan fitur dari versi sebelumnya, termasuk didalamnya adalah fitur Windows Sandbox, yang merupakan favorit saya.

Apa sih itu Windows Sandbox ?

Windows Sandbox merupakan sebuah fitur dimana windows kalian akan membuat sebuah lingkungan dekstop terisolasi yang tidak akan efek apapun pada lingkungan windows kalian, mungkin secara gampangnya adalah sebuah windows didalam windows.

Lantas gunanya apa Windows Sandbox tersebut?

Fitur ini sangatlah berguna bagi kalian yng sering dan senang mencoba menginstall aplikasi namun takut jika terdapat firus atau hal lainya yang tidak diinginkan, kalian bisa mencobanya di windows sandbox, aplikasi akan di install secara normal disana layaknya lingkungan windows utama, namun jika terjadi masalah, atau sebagainya tidak akan berimbas apapun di lingkungan utama.

Cara Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903

Secara default biasanya setelah update windows 10 1903 windows sandbox akan otomatis sudah aktif dan bisa di cari dan ditemukan lewat start menu, namun ada kalanya seperti kasus pribadi saya, walau saya sudah update windows 10 ke versi 1903 dan juga windows saya adalah versi windows pro saya tetap tidak menemukan Windows Sandbox di start menu.

Jika kalian mengalami masalah yang sama dengan saya, jangan hawatir, sebenarnya Windows Sandbox sudah ada kok di windows kalian, hanya saja dalam keadaan sedang disable, jadi kalian harus mengaktifkanya terlebih dahulu untuk bisa menggunakanya, caranya sendiri cukup mudah.

1. Pertama ketik pada pencarian "Windows Features"

Cara Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903

2. Selanjutnya akan muncul jendela baru dimana kalian dapat mengaktifkan dan mematikan fitur tambahan dari windows kalian. coba scroll kebawah dan cari "Windows Sandbox" kemudian beri centang pada bagian sampingnya. kemudian klik "OK"

Cara Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903


Cara Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 1903

3. Tunggu prosesnya sampai selesai dan udah gitu aja :) sekarang kalian bisa menggunakan fitur Windows Sandbox.

Dan begitulah cara mengaktifkan Windows Sandbox yang tidak muncul di Windows pro 10 1903, semoga dapat berguna, dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

BUKA UNTUK KOMENTAR