Sunday, November 18, 2018

Akhirnya Ganti Juga Domain ke (dot) COM

Akhirnya Ganti Juga Domain ke (dot) COM

Seperti pada postingan sebelumnya tentang kegelisahan saya Perlukah blog pribadi ganti domain TLD. Akhirnya hari ini saya putuskan untuk menggantinya juga. semoga saja bisa konsisten untuk mengisi konten disini, dan bisa cepat recover pengunjung nantinya.

Lantas apa sih yang harus saya lakukan sekarang setelah mengganti domain saya dari blogspot.com menjadi .com ?

Akhirnya Ganti Juga Domain ke (dot) COM

Hal yang perlu kalian lakukan setelah ganti domain

Ada beberapa hal yang penting dan wajib kalian lakukan setelah mengganti domain kalian, apalagi jika kalian adalah seorang blogger seperti saya yang memakai host blogspot.
  1. Periksa Template. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah periksa template kalian, saya yakin pasti akan ada yang tidak sesuai, terutama yang menggunakan url lama sebagai pemanggil. contoh widget yang memanfaatkan feed.
  2. Gunakan Https. seenarnya fitur ini juga bisa kalian pasang di domain yang lama (masih blogspot) tapi menjadi sangat saya anjurkan untuk menggantinya saat setelah ganti domain. mumpung pengindexan ulang jadi kedepanya tidak ada double indeks https dan http seperti jika kalian menggantinya saat masih domain lama.
  3. Perbaiki halaman navigasi. selanjutnya adalah kalian perlu memperbaiki halaman navigasi kalian seperti kontak, privacy page, disclaimer dll yang sebelumnya berisi konten dengan url lama. sedangkan konten atau postingan bagaimana? kalian bisa mengubahnya jika artikel kalian masih sedikit, namun jika banyak pastikan untuk mengedit artikel pilar saja (yang paling banyak dikunjugi), gak mungkin juga memperbaiki semua jika artikel kalian sudah ratusan.
  4. SABAR dan jangan kaget. selanjutnya kalian harus sabar dan jangan kaget jika pengunjung berkurang, hal ini wajar kok, memang perlu waktu untuk kembali semula atau bahkan lebih banyak.
Sebenarnya masih cukup banyak hal lain, namun saya rasa 4 poin diatas adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Terimakasih sudah membaca, 

BUKA UNTUK KOMENTAR