Sunday, November 18, 2018

Perlukah Blog Pribadi Ganti Domain Ke TLD ?

Perlukah Blog Pribadi Ganti Domain Ke TLD ?

Sebuah pertanyaan yang sekarang menglayuti pikiran saya, sebenarnya jujur saja sudah berpengalaman untuk hal ini, saya juga tau kedepanya akan berimbas bagaimana dan dalam tempo berapa lama bisa recover, hanya saja sedari awal saya ingin blog ini tetap di ranah pribadi, buat asyik-asyikan nulis aja, namun karena rencana berubah, ketika saya memutuskan untuk fokus saja ke satu blog ini (baca - Mulai Fokus Ke Satu Blog Saja)

Saya kini mulai berkeinginan mengganti domain dengan domain TLD, padahal saya tahu saya akan memulai dari 0 lagi untuk merangkak di pertarungan SERP yang sudah cukup bagus.

Perlukah Blog Pribadi Ganti Domain Ke TLD ?

Ada kelebihan dan kekurangan kalian jika ingin mengganti domain dari blogspot.com ke domainsaya.com, jika kalian tidak tahu disini saya akan sedikit menjabarkan versi saya.

Kelebihan Ganti Domain dari Blogspot ke Domain Sendiri

Dengan mengganti domain kalian bisa  mempersingkat alamat blog kalian, menjadi lebih mudah di ingat, penulisan gampang, lebih pendek, kemudian yang palig penting adalah branding blog kalian akan naik, logikanya orang akan lebih senang membaca di sebuah situs yang terlihat profesional bukan? walau mungkin tidak menjamin apakah isinya lebih baik dari subdomain.

Dengan mengganti domain kita menjadi TLD .com, .net dan seterusnya dalam jangka waktu lama akan meningkatkan pengunjung kalian, seperti yang saya barusan singgung, Pengunjung akan lebih memilih membaca di blog tanpa embel-embel blogspot.com, wordpress.com dll. masalahnya hal ini butuh waktu lagi.

Kekurangan Ganti Domain dari Blogspot.com ke Domain sendiri

Selanjutnya adalah kekurangan, jujur saja jika kalian adalah seorang blogger, pilihan paling tepat menggunakan domain TLD adalah ketika kalian baru mulai dengan blog baru, bukan blog yang sudah jadi kemudian baru di ganti ke domain TLD. adapun kekurangan ketika kalian menggantinya adalah sebagai berikut
  1. Pengunjung Menurun, Memang hari-hari pertama ganti domain tidak akan terasa signifikan, karena artikel kalian masih bertengger di google dengan domain lama yang akan ter-redirrect ke domain baru, namun dalam beberpa hari, setelah pembaruan perayapan jumlah pengunjung kalian akan terjun bebas, ini sudah pasti. gak tanggung tanggung bisa sampai 80%.
  2. Artikel Hilang dari SERP, memang benar hal ini hanya sementara, namun akan berlangsung cukup lama untuk re-indeks lagi, pengalaman saya bisa sampai lebih dari dua bulan hingga recover mulai naik lagi, itupun artikel-artikel andalan dahulu tidak lagi seramai biasanya.
  3. Melelahkan. selanjutnya adalah sebuah tugas baru lagi "bagaimana cara kalian recover dan optimisasi lagi setelah SERP artikel hilang". dan hal ini cukup melelahkan karena kalau melihat statistik rasanya akan ingin segera naikin secepatnya, apalagi seorang publisher.
Dari yang saya jelaskan diatas sepertinya mengganti domain malah berdampak buruk bagi blog?

Iya jika dalam jangka pendek, namun dalam jangka panjang akan sangat baik bagi blog kalian, peningkatan pengunjung akan terjamin, namun malahnya apakah kalian masih sanggup dan punya waktu untuk terus merangkak dari awal? mengkin ini juga masalah saya hehe saya sekarang memang benar lagi semangat semangatnya ngisi konten tapi tidak tahu dalam beberpa bulan kedepan bahkan recover SERP kembali kesemula.

Semoga menjadi referensi buat kalian. dan mungkin saya beok akan putuskan tetap di blogspot atau domain yang baru. 

BUKA UNTUK KOMENTAR