Wednesday, November 28, 2018

Antara Komentar Disqus dan Bawaan Blogger

Antara Komentar Disqus dan Bawaan Blogger

Antara Komentar Disqus dan Bawaan Blogger
Dulu sekali saya pernah membahas tentang mana sih system komentar yang paling bagus untuk blogger? disana saya menjawab bahwa yang terbaik adalah system komentar bawaan blogger itu sendiri, dengan berbagai alasan. Lantas kenapa saya sekarang memilih beralih ke disqus?

Alasanya sih simple, karena saat optimisasi template saya mematikan semua css dan javascript bawaan dari blogger, jadi komentar bawaan bermasalah, ditambah lagi saya akhirnya beganti template yang memang sudah dioptimalkan komentar disqusnya (tata letak dll)

Walaupun begitu entah kenapa saya merindukan komentar blogger bawaan, soalnya lebih enak aja diskusi dengan para blogger lain, karena faktanya komentar disqus membuat banyak yang ogah buat komentar apalagi memulai diskusi (lol disqus ironis), selain juga faktor tambahan saya menyembunyikan kolom komentar dengan event Onclick jadi mesti klik tombol dulu baru kolom komentar bisa tampil.

Yah semua demi load blog yang ringan, optimisasi tersebut saya lakukan. Semua ada keputusan ada sisi positif dan ada sisi negatifnya.

Apakah saya akan mengembalikan komentar blog bawaan kembali? mungkin tidak di blog ini.

Jadi intinya buat kalian yang berencana mengganti komentar blogger kalian, alangkah lebih baiknya kalian memikirkan dulu apakah seperlu itu diganti? saya akan lebih menyarankan memakai komentar bawaan kalau memang tidak begitu diperlukan untuk menggantinya, kecuali memang terpaksa menggantinya karena alasan tertentu misal seperti kasus saya diatas.

Ini cuma curahan dan keluh kesah yang tak berarti.

BUKA UNTUK KOMENTAR