Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CURHAT : Apakah Blogging untuk Mencari Uang Sudah Tidak Bisa Lagi ?

Halo semuanya, entahlah apakah masih ada pembaca yang sudah pernah berkunjung pada blog ini sebelumnya, karena ini adalah tulisan pertama saya setelah lama menghilang.

Ada banyak alasan yang bisa saya berikan, salah satunya adalah judul tulisan ini.

CURHAT !

Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya ingin menceritakan kisah saya dalam dunia blogger dan kaitanya dengan penghasilanya terlebih dahulu, agar bisa menyakinkan kalian bahwa saya adalah sepuh juga dalam dunia per blogger-an ini.

ini thumnail

2011

Awal mula saya tertarik dan membuat blog adalah tahun 2011-an, setelah saya lulus SMA saya benar-benar bingung mau ngapain, untuk menyalurkan hobi saya menulis, hingga suatu saat saya membaca sebuah artikel mengenai seseorang blogger yang sukses menerbitkan buku dari cerita-cerita yang dia tulis dalam blog pribadinya, seseorang yang sampai sekarang masih eksis dan mungkin kalian sudah mengenalnya, dan salah satu buku faforit saya adalah Marmut Merah Jambu. (yap benar, Raditya Dika)

Dari situ saya, membuat blog pertama saya, berisi tentang tulisan tulisan random, puisi puisi random, cerpen-cerpen random, sumpah saat itu menilis dengan pembaca 0 dalam statistik, saya benar-benar tidak peduli, karena sangat menyenangkan.

Saat itu blogging, adalah sesuatu yang saya lakukan karena hal itu adalah hobi dan pelampiasan stress.

2013

Saya lupa kapan saya mulai tidak menulis lagi, dan mengalihkan kesenangan saya pada dunia programming, bukanya saya tidak lagi menyentuh blogger.com sesekali saya masih menulis, namun dengan blog yang berbeda dan pembahasan yang berbeda, kini lebih mengarah ke catatan kuliah.

2014 Saya Menemukan Blogging bisa diuangkan

2014 adalah tahun dimana saya akhirnya baru tahu blogging bisa menghasilkan uang, jika kita menayangkan iklan Adsense disana. saya lupa menemukan fakta ini dari mana namun saya ingat betul tahunya, karena pada tahun ini saya benar-benar membutuhkan uang tambahan saat itu.

"wah menulis bisa mendapatkan uang tambahan? ini sangat menarik, membuat tulisan yang memang selalu saya lakukan dan mendapatkan bayaran untuk ini?! ini yang saya cari"

Melakukan pengajuan, ditolak, memperbaiki, mengajukan lagi, ditolak lagi, memperbaiki dan ditolak lagi. perjalanan mendapatkan Adsense pertama saya tidaklah mudah. walau pada akhirnya saya mendapatkan surat yang saya tunggu setelah beberapa kali mencoba dengan beberapa blog yang saya coba ajukan.

Benar-benar fokus, dan terkadang sampai bergadang berhari-hari karena mengotak-atik template, mengoptimisasi blog, konten, dan membaca banyak sekali artikel yang terkait.

2014 Mendapat bayaran pertama

Masih pada tahun yang sama, setelah 2/3 bulan setelah mendapatkan akun adsense pertama saya, akhirnya withdraw pertama saya, saat itu masih sangat ribet loh pengambilanya mesti lewat Western Union, dan di daerah saya WU sangat jauh 1 jam lebih perjalanan. maklum anak desa.

Merasa ini sangat menjanjikan jadi saya benar-benar fokus disini, saya berakhior dengan membuat 5/6 blog dengan berbagai niche yang berbeda. Bayangkan setiap dua hari saya menargetkan 2-3 artikel disetiap blognya. namun semua itu worth it dengan withdraw di dua bulan setelahnya.

2015 Menurun dan mulai sibuk mencari kerja dunia nyata

2015 adalah dimana Blog menjadi sangat sulit bagi saya, terutama dengan 6 blog yang mesti saya urus, sedangkan batas akhir skripsi harus segera disiap dan disidangkan, tentu waktu dan fokus harus berubah
Blog yang mulai tidak terupdate tentu membuat traffik turun, terutama blog saya adalah tipe artikel yang tidak stand lama topiknya karena mengincar issue yang terbaru.
Mencari kerja dan menapatkan gaji sesungguhnya sangat membuat saya sadar, oke saya mendapatkan uang dari blogging, namun waktu dan effort saya kurasa tidak setimpal dengan apa yang saya dapatkan, kurasa mengerjakan project website dengan sekali project 2x lipat bulanan saya dari adsense lebih menjanjikan. jadi tentu saja blog menjadi tak terurus dan akhirnya satu-persatu traffik mulai jatuh.

2017-2018 - Blogging saat gabut saja

Entah kemana motivasi saya saat pertamakali ngeblog, semua semangat itu telah hiulang di tahun ini saya sudah satle dengan pekerjaan saya serta sampingan lain yang berhubungan dengan website, namun hanya sesekali membuat post di blog-blog saya, alasanya sederhana, malas dan tidak worth it lagi jika dilakukan dengan pase yang sama dengan dulu.

jadi mengisi blog hanya sebagai pengisi waktu luang saya saja, blog mulai saya tinggalkan, domain yang saya beli mulai expired dan tidak lagi saya perpanjang masa sewanya.

2019 Blog sudah tidak menyenangkan

Pada tahun ini saya benar-benar kehilangan semangat blogging, orientasi saya sekarang adalah bagaimana menghasilkan uang, dan blogging untuk itu? berat effort yang terlalu berat dibandingkan dengan hasil yang didapat, sedangkan saya sudah mendapatkan penghasilan yang lebih setabil dan worth it.

Blogging pada saat inti menjadi hal yang tidak menyenangkan lagi karena prespektif ini.

jadi yaudahlah lah ya.. 

Sekarang mari bicara menganai topik Apakah Blogging Sekarang Sudah Tidak bisa lagi?

Apakah Blogging untuk Mencari Uang Sudah Tidak Bisa Lagi ?

Sebenarnya dari curhat dan cerita saya diatas sudah cukup jelas kearah mana jawaban saya buakan?
dengan perkembangan internet sekarang mencari uang dari internet sudah sangat lebar dan luas caranya, platformnya, dengan perluasan yang masif tentu relevansi menjadi sangat penting.

Sebenarnya pertanyaan bisa atau tidak bisa itu kurang tepat, karena jawabanya tentu saja masih bisa, namun apakah worth it?

jawabanya adalah tidak!

Ada banyak hal yang mendasari opini saya ini, membuat tulisan yang proper, butuh effort yang tinggi, terlebih jika kalian ingin sebuah artikel yang berkualitas, tentu butuh riset dan waktu, jika dibandingkan jika kalin menaruh hp kalian den membuat video?

Minat baca orang indonesia makin kesini, makin tergerus. terutama semanjak konten video menguasai internet, orang mencari tutorial, mencari informasi bukan lagi melalui tulisan, melainkan melalui video, bukan lagi dari artikel panjang seperti ini.

Sebelumnya saya meminta maaf bagi kalian yang membaca tulisan ini dari awal samapi akhir karena sebenarnya artikel ini adalah artikel ujicoba saya untuk melihat seberapa menurunya statistik minat baca orang terutama para blogger di era saya dulu dan sekarang.

Prediksi saya :

1. Tidak akan ada orang yang mau membaca tulisan ini dari awal sampai akhir (karena saya tidak menaruh jawban konteks pada paragraft awal)

2. Kalupun ada yang membaca kemungklinan adalah orang yang memopunyai strugling yang sama pada konteks dan mencari jawban berdasarkan prespektif orang lain (lebih banyak referensi)

Terimakasih itu saja.

Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "CURHAT : Apakah Blogging untuk Mencari Uang Sudah Tidak Bisa Lagi ?"