Senin, 17 Juni 2019

Solusi Kirim Data Android ke Komputer yang Mudah

Solusi Kirim Data Android ke Komputer yang Mudah

Beberapa hari ini saya sedikit banyak berurusan dengan transfer data dari android ke PC saya karena masalah kerjaan, mungkin bagi sebagian orang proses ini biasa-biasa saja, namun ternyata ada banyak yang menganggap ini ribet, dan lebih memilih untuk meminta klien mengcopy filenya di flashdisk aja dulu. untuk alasan inilah saya mencoba untuk memberikan beberpa tips Kirim data mudah antara Android dan Komputer kalian.

Solusi Kirim Data Android ke Komputer yang Mudah
Ada beberapa cara yang dapat kalian pilih tergantung kondisi mana yang sesuai, baiklah mari kita mulai saja.

1. Menggunakan Whatsapp Web.

Yang pertama dan menurut saya paling gampang dan efisien adalah dengan memanfaatkan Whatsapp Web, karena di zaman sekarang kebanyakan pertukaran informasi, termasuk didalamnya adalah files data yang dubutuhkan untuk dipindah ke komputer berasal dari whatsapp maka akan jauh lebih mudah untuk langsung menggunakan whatsapp web sebagai perantaranya.

Caranya cukup mudah, yang perlu kalian pastikan cuma komputer kalian apakah sudah konek dengan internet atau tidak, kalaupun tidak kalian bisa menggunakan perangkat android anda sebagai tethering.

a). Buka Browser kalian di komputer, terserah pakai browser apa. (Chrome, Mozilla Firefox, Opera dll)
b). Jika sudah kunjungi alamat web.whatsapp.com . Jika sudah terbuka maka akan tampil halaman landing dimana akan tampil barcode yang bisa langsung kalian pairing (sambungkan) dengan Whatsapp kalian.

web whatsapp

c). Selanjutnya buka Whatsapp android kalian, lalu pada titik 3 bagian ujung kanan atas kalian tekan dan pilih Whatsapp Web (perhatikan gambar dibawah. terakhir arahkan Scan pada barcode layar yang tampil di komputer tadi.

Cara Menyambungkan Whatsapp Web
d). Jika sudah pairing (tersambung) kalian cukup cari files mana tadi di percakapan yang ingin kalian pindah di komputer, kemudian tinggal download aja dari layar komputer yang sudah tersambung whatsapp kalian.

2. Menggunakan Bluetooth

Cara kedua kali ini mungkin terdengar jadul, tapi sangat efisien kok, asalkan files yang dikirim tidak sampai ratusan mb atau bergiga bytes, soalnya jelas akan memakan waktu yang lama. dan sayangnya tidak semua perangkat komputer dilengkapi dengan bluetooth apa lagi komputer rakitan sendiri, tentunya perlu bluetooth adapter untuk menggunakan cara kedua ini. jika komputer atau labtop kalian tidak ada bluetoothnya silahkan skip ke cara selanjutnya.

Caranya sangat mudah, yang pertama kalian perlu melakukan pairing terlebih dahulu dengan perangkat android yang akan filenya dipindah atau ditransfer ke komputer, kenapa harus pairing dulu? karena menurut pengalaman saya, jika belum pairing dan recognized dulu files yang dikirim nanti akan gagal terkirim.

a). Pairing bluetooth Android dan Komputer (windows 10)
Pada kasus ini saya menggunakan windows 10, namun jika kalian menggunakan windows dibawahnya, mungkin caranya akan sama saja hanya beda interface saja.
- Pertama klik kanan pada icon bluetooth kalian di system try windows kalian.
- Kedua Add bluetooth Device

Pairing Bluetooth android dengan komputer

Jika sudah akan tampil jendela bluetooth setting yang menampilkan pernagkat mana saja yang sudah pairing dan belum, jika belum kalian tinggal klik tombol plus (+) besar paling atas saja.

b). Mengirim files dari android ke komputer dengan bluetooth
- Langkah pertama adalah buat status bluetooth menerima file terlebih dahulu di komputer kalian, cukup tinggal klik kanan pada icon bluetooth kemudian pilih Recieve Files (akan muncul jendela menunggu file)
Kirim file dari Android ke Komputer dengan Bluetooth

Kirim file dari Android ke Komputer dengan Bluetooth

- Kemudian tinggal kirim file kalian dari android kalian seperti biasa saja.

Tips Tambahan : Cara Melihat dan menyalakan Bluetooth Laptop

Untuk melihat apakah bluetooth kalian sudah nyala atau tidak kalian cukup lihat saja di system try hidden icon pada taskbar windows kalian. perhatikan gambar dibawah ini.
Cek apakah Bluetooth menyala di laptop

Jika terlihat ada symbol icon seperti diatas artinya bluetooth kalian sudah aktif, namun jika tidak ada kalian bisa mengaktifkanya secara manual, dengan cara tekan tombol Fn + Logo Wireless atau Bluetooth pada keyboard kalian. 

Namun jika tetap tidak berhasil juga, kalian bisa buka Device Manager (Start menu > Ketik device manager > buka device manager )

Sekarang lihat di jendela device manager, disana apakah ada icon bluetooth? jika ada dan mendapatkan tanda pentung (warning kuning) artinya kalian perlu melakukan update driver kalian, sedangkan kalau memang tidak ada sama sekali, artinya laptop kalian tidak terdapat hardware bluetooth, jadi mesti memasang bluetooth adapter tersendiri.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak ke 3 (SHAREit, Xender, AirDroid)

Jika kalian menggunakan cara 1 dan 2 diatas masih saja belum bisa dikarenakan kondisi-kondisi tertentu, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3, artinya kalian perlu menginstall aplikasi khusus untuk transfer files dari android ke komputer. berikut adalah 3 aplikasi yang saya sangat rekomendasikan beserta kelebihan dan kekuranganya.

a). SHAREit
Aplikasi yang sangat populer dan saya rasa paling banyak di install dan digunakan oleh pengguna indonesia khususnya untuk melakukan trasfer files, baik dari sesama android atau dengan platform lain.
Shareit logo

Kelebihan : Banyak digunakan oleh pengguna indonesia, terhitung cukup ringan, sangat cepat dalam transfering files.

Kekurangan : Banyak iklan, dan untuk transfering dengan pc harus selalu versi terbaru, baik di pengguna android atau client software di komputernya,

Cara Transfer Files dari Android ke Komputer dengan SHAREit
- Pertama kalian tentunya harus download dulu SHAREit di playstore kalian. (bisa diunduh disini)
- Download juga SHAREit Client Software untuk Windows komputer kalian. (bisa diunduh disini)
Jika sudah sama-ssama terinstall sekarang buka aplikasi SHAREit, Pastikan Wireless kalian sebelumnya sudah menyala.
- Sekarang kirim files kalian seperti biasanya menggunakan SHAREit kalian layaknya mengirim ke sesama Android.

b). Xender
Xender adalah aplikasi yang fungsinya sama dengan shareit, walaupun belum sepopuler dengan shareit, saya pribadi sangat menyukai aplikasi ini, selain cepat, menurut saya aplikasi ini jeuh lebih praktis dibandingkan shareit sendiri.

Xender logo

Kelebihan : Ringan, Cepat, dan untuk pengiriman files pada komputer Xender tidak memerlukan aplikasi Client yang harus di install di komputer.

Kekurangan : Aplikasi ini belum banyak digunakan. banyak ads, Perlu koneksi internet untuk pengaksesan awal web.xender.com

Cara Transfer Files dari Android ke Komputer dengan Xender
- Pertama kalian harus unduh dulu Xender di perangkat android kalian (bisa diunduh disini)
- Selanjutnya kalian cukup buka web.xender.com kemudian pairing aplikasi Xender kalian dengan melakukan scan barcode yang tampil di web.xender,com. Sebagai catatan transfer file disini TIDAK menggunakan data internet, hanya pada awalnya saja (proses loading web.xender.com).
- Sekarang kalian bisa mengakses files Android kalian di komputer secara langsung.

c). AirDroid
Kemudian yang terakhir yang saya rekomendasikan disini adalah AirDroid, fungsi dan fiturnya hampir sama dengan Xender, namun lebih lengkap lagi khusnya untuk pairing dengan komputer.

AirDroid logo

Kelebihan : Terdapat fitur Mirroring, Remote Control, Camera, Serta Kirim dan Terima Pesan sms langsung dari komputer kalian.

Kekurangan : Harus mempunyai akun dahulu (pendaftaran), Aplikasi yang cukup memakan RAM, mungkin jika sering dipakai akan tidak jadi masalah, namun beda jika cuma sesekali saja dipakai.

Cara Transfer Files dari Android ke Komputer dengan AirDroid
- Pertama tentu download dulu aplikasi AirDroid di playstore kalian. (bisa diunduh disini)
- Selanjutnya kalian bisa unduh aplikasi Client di komputer windows kalian (bisa diunduh disini) atau kalian bisa langsung menggunakan web.airdroid.com untuk pengaksesan cepat tanpa harus install client di komputer kalian.
- jika sudah, pertama kalian harus punya akun dulu untuk masuk, kalian bisa sing up terlebih dahulu disini
- Setelah mempunyai akun, kalian bisa membuka aplikasi AirDroid kalian lalu Login, setelah itu buka aplikasi client di komputer kalian atau buka halaman web.airdroid.com lalu login dengan akun yang sama.
- kalian bisa menggunakan semua fitur airdroid sekarang, baik pengaksesan file android kalian secara langsung di komputer, maupun mirroring layar dan Camera/

BUKA UNTUK KOMENTAR