Jumat, 21 Juni 2019

Cara Membuat Subdomain TLD Tanpa Cpanel Untuk Blogspot

Cara Membuat Subdomain TLD Tanpa Cpanel Untuk Blogspot

Apakah kalian pengguna domain TLD yang sudah tertaut dengan blogger (blogspot) namun ingin sekali membuat subdomain dari domain tersebut untuk digunakan di blog kedua kalian? yup kalian berada pada artikel yang tepat, silahkan baca sampai selesai dan seksama, hanya bermodal dengan DNS Management kalian bisa membuat sebuah subdomain baru dan bisa tertaut dengan blog kedua kalian tanpa perlu menggunakan Cpanel.

Cara Membuat Subdomain TLD Tanpa Cpanel Untuk Blogspot

Cerita saya dulu sebagai latar belakang masalah

Namun sebelumnya, saya ingin sedikit share kepada kalian latar belakang masalah yang sebelumnya saya alami, kenapa saya perlu untuk membuat artikel ini. Rencananya saya akan membuat sub kanal dari blog ini, membuat sebuah ulasan yang lebih spesifik dengan niche terfokus (membahas satu bahasan) namun sayang sengedan blog sudah dibuat untuk blog gado-gado alias campuran, jadi saya perlu domain baru, yang masih terhubung juga dengan sengedan blog ini, jadi solusinya adalah dengan membuat subdomain.

Sayangnya, saya dulu ketika membeli domain ini, hanya domain saja tanpa hostingm jadi tidak disertakan Cpanel sebagai layananya. jadi saya tanya dong ke Customer service di penyedia domain saya, "apakah bisa saya membuat subdomain tanpa cpanel?" kemudian mereka menjawab "oh tidak bisa pak, kalo ingin membuat subdomain harus punya cpanel dulum kalo cpanel bapak harus punya hostingya"

Hmm kesel dong, kecewa juga, namun saya tidak menyerah disana, kebetulan saya punya beberpa hosting dan domain di beda penyedia layanan, dan kebetulan juga sudah ada subdomain dan cpanelnya, jadi saya kepiran untuk melihat DNS Managemenya, mencoba mengaplikasikan pengaturan DNS Managemen di penyedia layanan lain tersebut di DNS Management penyedia layanan sengedan.com, dan yah setelah saya coba ternyata BERHASIL..

Inilah sebabnya saya ingin membagikan pengaturan ini kepada kalian, karena saya rasa ada banyak diluar sana orang yang mempunyai keinginan dan kondisi yang sama dengan saya, serta mungkin juga mendapatkan balasan dari customer service seperti saya.

Cukup dengan mengatur DNS Management

Caranya cukup simple kok, buka DNS Management dari penyedia layanan domain kalian, jika sudah pastikan kalian sudah menyiapkan juga blog kedua (yang akan dipasang subdomain). jika sudah ikuti langkah-langkah berikut ini ;

1. Masukan DNS Record baru dengan keterangan sebagai berikut
Host Name TTL Type Value (Address)
misteri 14440 A 216.239.32.21
misteri 14440 A 216.239.34.21
misteri 14440 A 216.239.36.21
misteri 14440 A 216.239.38.21
www.misteri 14440 CNAME ghs.google.com

Keterangan : Host Name adalah nama subdomain kalian dalam kasus ini subdomain yang saya coba buat adalah misteri artinya blog baru saya akan berdomain misteri.sengedan.com (sengedan.com sebagai domain rootnya)

2. Masuk ke halaman pengaturan Blogger > Dasar disana akan ada pengaturan alamat blog, tinggal kalian tambahkan saja alamat subdomain www.misteri.sengedan.com, kemudian jangan lupa untuk centang redirrect http to www, (langkah ini sama persis seperti pengaturan domain utama kalian) dan yah selesai tinggal tunggu 24 jam untuk benar-benar tertaut

Oh iya sampai lupa, jika kalian menanyakan soal kode unik domain yang biasanya perlu dimasukan ke DNS Record, sudah tidak perlu kok, karena kode yang lama (blog utama) contoh kasus saya adalah blog sengedan.com sudah ada (karena sama saja per account google)

Mudah bukan?

Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar dibawah, saya akan bantu kalian. Terimakasih semoga bermanfaat.

BUKA UNTUK KOMENTAR