Minggu, 30 Juni 2019

Aplikasi Terbaik Berdasarkan Kategori untuk Linux

Aplikasi Terbaik Berdasarkan Kategori untuk Linux

Jika sebelumnya saya sudah membagikan sedikit pengalaman saya menggunakan salah satu distro linux Deepin, kali ini saya akan coba membagikan juga aplikasi-aplikasi apa saja yang perlau kalian install dan terbaik menurut sengedan blog sesuai dengan kategorinya.

Aplikasi Terbaik Berdasarkan Kategori untuk Linux
Semua aplikasi yang saya bagikan disini adalah aplikasi Gratis, dan saya juga menyertakan link atau Command untuk installasinya.

Browser untuk Linux terbaik (Opera Browser)

Jika berbicara browser maka saya akan merekomendasikan Opera sebagai pilihanya. kenapa harus opera ? bukankah ada google chrome dan juga Mozilla yang lebih lazim dipakai oleh pengguna linux? Jawabanya sederhana sih, Opera lebih banyak membawa fitur yang akan kalian perlukan nantinya untuk melakukan kegiatan produktifitas.

Kalian bisa download langsung di sini - Downlod Opera Terbaru .deb

Atau kalian bisa menggunakan snap, dan jika belum terinstall install dulu snapcraft dengan command berikut ini, buka Terminal - masukan command berikut:

sudo apt update
sudo apt install snapd

Jika sudah, selanjutnya masukan

sudo snap install opera

Tunggu Prosesnya hingga selesai.

Pemutar Video untuk Linux terbaik (VLC)

Selanjutnya adalah pemutar video, kali ini sepertinya tidak akan ada yang tidak setuju dengan saya yakni VLC Media Player, sebuah pemutar Video yang menjadi favorit bahkan untuk pengguna windows sekalipun.

Kalian bisa langsungf download disini - Link Download VLC Media Player

Atau kalian bisa menari dan download langsung dari appstore yang ada di distro linux yang kalian gunakan, saya pastikan ada karena aplikasi ini memang pemutar media khusunya video yang paling populer.

Downloader terbaik Linux (Xtreme Download Manager)

Selanjutnya adalah aplikasi managemen dan pemercepat proses download file kalian, jika windows sudah pasti semua orang bilang IDM atau Internet Download Manager, namun linux yang terbaik dari semuanya yang pernah saya coba adalah XDM atau Xtreme Download Manager, aplikasi fungsi dan fiturnya hampir sama persis dengan IDM yang kalian kenal, termasuk download video yang kalian putar di browser kalian, selain itu, xdm juga sudha support integrasi dengan browser, berbeda dengan uGet (aplikasi populer downloder untuk linux lainya)

Kalian bisa download disini - xdman.sourceforge.net

Silahkan scroll kebawah dan pilih link download sesuai dengan tipe arsitektur perangkat komputer kalian apakah 32bit atau 64bit. file akan berbentuk tar.xz

Jika sudah terunduh, extract file tersebut dengan menggunakan terminal

cd Downloads - (untuk masuk ke directory downloads)

tar xvf xdm-2018-x64.tar.xz - (xdm-2018-x64.tar.xz adalah nama files yang akan di ekstrak)

cd xdm-2018-x64 - (xdm-2018-x64 adalah nama folder yang sudah ter-exksrak)

./xdm-2018-x64 - (langsung kita jalankan setupnya)

Selesai, xdm kalian harusnya sudah terinstall di komputer linux kalian, jika tidak coba restart.

Aplikasi Editing gambar Alternatif Photoshop Linux (GIMP)

Sedangkan untuk aplikasi editing gambar, jika pada windows ada adobe photoshop di linux ada aplikasi GIMP yang walaupun adalah aplikasi gratis namun fitur dasarnya bisa disamakan kok dengan photoshop, dan jauh lebih ringan juga, walau memang jika kalian sudah terbiasa dengan Ps kalian mungkin perlu waktu untuk penyesuaian.

Kalian bisa download di appstore distro linux yang kalian pakai, saya pastikan ada. jika tidak ada kalian bisa menginstall melalui snap, buka terminal dan ketik command berikut

sudo snap install gimp

Aplikasi Office terbaik Linux (LibreOffice)

Selanjutnya adalah aplikasi Office yang meliputi pengolahan kata, pengolahan angka, dan presentasi, saya semdiri sebenarnya sudah mencoba 2 aplikasi Libre dan juga WPS masing-masing ada kekurangan dan kelebihan, namun untuk aplikasi tambahan sepertinya lebih lengkap LibreOffice ketimbang dengan WPS.

Kalian bisa langsung download di situs resminya - Download LibreOffice

Aplikasi Editor Teks terbaik Linux (Visual Code)

Mungkin pada dasarnya saya sudah sangat jatuh cinta dengan aplikasi editor yang satu ini semenjak perilisanya yang kemudian dengan perlahan menggantikan sepenuhnya sublime text 3 yang saya gunakan sebelumnya. Visual Code adalah aplikasi wajib buat kalian programmer atau yang setidaknya bekerja dibidang yang berhubungan dengan koding.

Kalian bisa download disini - Download Visual Code Linux

Atau kalian bisa langsung instal menggunakan snap.

sudo snap install code --classic

Ketikan command diatas pada terminal kalian, dan tunggu hingga selesai.

Aplikasi Pembersih Cleanner (STACER)

Jika kalian sudah familiar dengan aplikasi CCleaner di windows maka STACER disini memiliki fungsi yang sama dengan CCleaner yakni membersikan berkas sampah yang ada pada linux kalian, selain itu ada banyak tools lain yang snagat berguna untuk bisa kalian gunakan untuk memaksimalkan kinerja linux.

Kalian bisa download disini - Download STACER Github

Dari semua aplikasi diatas mungkin ada lagi yang lain, kalian bisa tambahkan sendiri atau silahakan tulis di kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat dan jangan malu untuk bertanya.

BUKA UNTUK KOMENTAR