Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wikipedia Sebagai Sumber Informasi ?

Mungkin kebanyakan orang akan menjadikan wikipedia menjadi sumber refensi bagi pembelajaran atau tulisan yang sedang ditulisnya, baik dalam pendidikan atau bahkan sekedar menjadi referensi dalam menulis blog seperti saya sendiri.
Wikipedia Sebagai Sumber Informasi ?
Wikipedia sendiri memang merupakan database informasi yang sangat besar, hampir semua definisi, sejarah dan data-data yang kita perlukan untuk menulis ada disini tanpa harus membuka dan mencari lagi dari sumber lain.

Sekarang masalahnya apakah sumber ini valid? maksud saya adalah apakah sumber wikipedia dapat dipertanggung jawabkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus tau dan paham dulu apa itu Wikipedia, dan seperti apa wikipedia dibuat.

Apa itu wikipedia?

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia berbasis jaringan World Wide Web (internet) yang bebas dan terbuka untuk semua orang. ini artinya semua orang dapat membuat, menambahkan, dan mengedit informasi yang ada dalam Wikipedia.

Dengan pengertian ini saja sudah menjadi pandangan tersendiri bukan buat kalian yang menganggap wikipedia adalah sumber informasi yang resmi dan sudah pasti kebenaranya,

Jika berbasis internet dan bebas serta terbuka, siapa saja bisa membuat , mengedit, dan menambahkan informasi ini artinya validasi dari wikipedia patut dipertanyakan (?)

Dengan alasan ini wikipedia tidak dapat digunakan sebagai referensi pembuatan tulisan ilmiah resmi, karena ketidak jelasan sumber yang pasti dan dapat dengan mudahnya di rubah oleh orang lain.

Walaupun demikian Wikipedia mempunyai komunitas besar diseluruh dunia dan mengakui serta sepakat bahwa wikipedia adalah situs sumber keilmuan, jadi kalaupun kalian merubah isi dari konten wikipedia, dan ketahuan informasi perubahan itu akan lebih banyak orang yang kana memperbaikinya.

Kesimpulan dan Q & A

Dari uraian saya diatas pasti masih akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dan berikut saya akan coba menyimpulkanya secara ringkas

Q : Apakah Wikipedia adalah sumber informasi yang valid ?
A : Tidak ada informasi yang valid di internet kecuali dari sang pemilik sumber informasi tersebut. jadi Wikipedia tidak sepenuhnya valid.

Q : Apakah Wikipedia dapat dirubah dan di tambahkan?
A : Iya bisa, dan memang itulah tujuan awal dari dibuatnya wikipedia, sebuah ensiklopedia bebas.

Q : Apakah Wikipedia bisa menjadi refensi / rujukan karya tulis ilmiah atau resmi?
A : Tidak, wikipedia tidak memenuhi persyaratan untuk itu, karena sifatnya yang terbuka dan bisa diedit dan ditambahkan orang yang tidak berkompeten untuk itu, elain itu sumber pembuatnya juga kurang jelas.

Q : Apakah tidak masalah mengutip dan menjadikan referensi Wikipedia untuk menulis di blog?
A : tentu saja tidak masalah, selain dari sumber asli informasi (dari situs orang tersebut / publikasi dari pemegang hak informasi) wiki pedia adalah setelahnya.

Mungkin itu adalah pembahasan singkat mengenai Wikipedia yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian.
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "Wikipedia Sebagai Sumber Informasi ?"