Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Blogger Lain untuk Saling Bantu Promosi

Jika kalian adalah blogger baru, dimana memang asal nulis saja dan tidak terlalu peduli dengan blogger lain, kalian mungkin belum tahu, bahwa kita sesama blogger bisa saling bantu loh dalam mempromosikan blog kita, simbiosis mutualisme-lah.
Mengulas Blogger Lain untuk Saling Bantu Promosi
Ada banyak sih caranya, baik dari tukar link, menjadi penulis tamu, sampai membuat artikel khusus untuk mengulas sesama blogger lain. nah yang akan kita bahas kali ini adalah ini.

Penting dan seberapa efektif-kah cara ini untuk saling bantu promosi oleh blogger?

Kalau ditanya soal penting atau tidak, tentu relatif, bisa penting bisa juga tidak, namun kalau ditanya apakah cara ini (saling mengulas blog lain) efektif, maka jawaban saya adalah ini adalah cara promosi paling efektif dan gratis yang saya tahu.

Mungkin informasi ini tidak akan berguna bagi blogger yang sudah menjadi "blogger" dengan fungsi sosialnya, namun akan menjadi informasi baru bagi blogger yang hanya menulis atau dengan tujuan lain (publisher misalnya) tanpa menggunakan fungsinya sebagai media sosial (interaksi ke sesama blogger lain).

Mengulas blogger lain itu bagaimana?

Mengulas blogger lain seperti namanya kita akan mengulas sisi positif dari suatu blog dalam artikel yang kita publish, dengan tujuan untuk memberikan media promosi buat blog tersebut, dan berharap blog tersebut juga melakukan hal yang sama terhadap kita (akan jauh lebih baik jika di landasi ketulusan).

Dengan cara ini pengunjung blog kita akan tahu dan menjadi pengunjung blog yang kalian ulas, juga sebaliknya, pengunjung blog yang mengulas blog kalian akan menjadi pengunjung kalian. dan ini sangat efektif, berbeda dengan hanya bertukar link, kita tidak akan mendpatkan pengunjung yang sengaja datang karena ingin menuju ke blog kita.

Manfaat mengulas blog lain

Selain menjadi tempat dan cara promosi yang efektif dan gratis ada banyak sekali keuntungan dari cara ini dibandingkan dengan menggunakan cara lain seperti penulis tamu, atau tukaran link yang dipajang di widget misalnya, dan berikut adalah diantanya

Membangun jejaring pertemanan antar blogger

Yang pertama adalah kita dapan membuat jejaring pertemanan artar blogger, hal ini sangat menguntungkan karena kita akan saling bisa memberikan semangat, tips, saran ke sesama teman blogger kita agar bisa menjadikan blog masing-masing semakin maju dan berkembang. permasalahan dalam bloging juga akan menjdai lebih mudah diselesaikan karena ada teman seperjuangan yang bisa di ajak sharing.

Domain authority kita meningkat

Kedua, domain authority kita bisa meningkat dengan melakukan ulasan ini, tentu dengan penulisan yang baik dan tidak asal ngetik (inilah kenapa saya sangat sarankan dengan ketulusan) dalam menulis. 

Jika kalian tidak tahu apa sih itu Domain authority, secara singkatnya Domain Authority adalah tingkat kepercayaan dari sebuah situs atau blog dari rujukan hasil pencarian (detik dot com lebih terpercaya ketimbang xxx dot com, padahal dengan pembahasan yang sama, artinya detik dot com domain authority lebih besar, di mesin pencari juga lebih di utamakan berada di atas)

Bagus dalam segi SEO

Ketiga masih cukup berhubungan dengan yang kedua, pengaruhnya cukup bagus untuk pengembangan SEO offpage kita, terutama pada backlink berkulaitas. Pengunjung yang datang dari artikel ulasan tersebut adalah pengunjung berkualitas tinggi (dalam SEO) dia datang karena tertarik dengan blog kalian, branding blog sudah tertanam dalam pengunjung yang datang tersebut, dan jika kalian bisa menyajikan artikel yang berkulitas dan relate dengan mereka maka hampir pasti pengunjung tersebut akan datang lagi.

Domain Authority akan meningkat karena bookmark market tersebut, mereka akan mencari artikel dan berusaha menuju blog kalian, misalkan saja mereka mencari di google review film suzzana mereka akan memberikan keyword review suzzana sengedan blog dengan begini google akan mencatatnya sebagai nilai plus dari blog kita, dan secara perlahan Domain Authority akan meninkat/

Kesimpulan

Sebenarnya manfaatya masih ada lagi, mungkin dari sedikit yang saya gambarkan bisa kalian tambahkan sendiri manfaatnya, intinya adalah mengulas blogger lain adalah cara saling bantu paling efektif sesama blogger, selain efektif juga memiliki banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan.

Jadi apakah ada yang mau melakukanya dengan sengedan blog? 😊 silahkan komentar aja jangan sungkan.
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "Mengulas Blogger Lain untuk Saling Bantu Promosi"