Minggu, 02 Desember 2018

Statistik Blogger Tidak Akurat dan Bagaimana Mengatasinya

Statistik Blogger Tidak Akurat dan Bagaimana Mengatasinya

Jika kalian adalah seorang blogger yang sudah cukup lama pasti sudah tahu dan sadar bahwa statistik bawaan Blogger (pada panel menu blogger) ternyata tidak akurat, dan tidak menampilkan hasil sebenarnya dari trafik pengunjung blog kita. bagaimana tidak, terkadang dalam 1 jam bisa ada pengunjung sampai ratusan, namun timpang sekali dengan jam-jam lain di hari itu, masak iya dalam satu jam ada segerombolan orang (jumlahnya ratusan) bareng-bareng buka halaman kalian, dan setelah di cek di statistik lain semacam Google analistik atau Histats jumlahnya berbeda.

Statistik Blogger Tidak Akurat dan Bagaimana Mengatasinya
Loh kenapa demikian?

Alasan kenapa statistik blogger tidak akurat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan statistik blogger kalian tidak menampilkan data akurat, karena juga menghitung faktor lain yang seharusnya tidak kita butuhkan untuk dihitung dan dilaporkan berrsama jumlah pengunjung yang datang ke blog kita.

1. Satistik blogger menghitung kunjungan kalian sendiri

Alasan yang pertama kenapa statistik blogger tidak akurat adalah karena blogger ternyata menghitung kunjungan kita ke blog kita sendiri, inilah sebabnya jika kita sedang online dan mengunjungi blog kita (baik untuk melakukan editing template, cek artikel yang dibuat dll) pada data statistik juga bertambah, semakin banyak halaman kalian kunjungi semakin banyk pula data yang ditambahkan di statistik.

2. Statistik blogger menghitung page per-view 

Selanjutnya adalah statistik blogger menghitung page  per-view bukan per-visitor jadi misalkan satu pengunjung mengunjungi blog kalian dan terus mengunjugi lagi halaman lain maka data kana terus ditambahkan sebagai pengunjung di statistik blogger kalian. sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, jika menilik dari segi SEO, namun berbeda ceritanya jika kalian seorang publisher, kalian perlu data real per-visitor untuk mengetahui dan membandingkanya dengan statistik di google adsense.

3. Statistik blogger menghitung robot perayap

Terakhir, statistik blogger juga ternyata menghitung robot perayap dari situs pencarian, termasuk robot dari google, hal ini mungkin hanya akan terlihat jelas jika pengunjung kalian masih sedikit per-jamnya, kalian akan menyadari pada jam-jam tertentu akan ada pengunjung yang sangat banyak  dalam satu waktu dan ini tidak wajar jika dibandingkan dengan jam-jam lainya dlam sehari itu.

Selain itu negara pengunjung bukan berasal dari indonesia melainkan dari amerika serikat, tentu jelas mereka bukanlah pengunjung organik (*asli) melainkan robot perayap yang datang harian untuk melakukan indeks pada artikel yang kalian buat.

Cara mengatasi artikel blogger yang tidak akurat

Sekarang bisakah kita memperbaiki ini, dan agar statistik blogger bisa menampilkan data yang lebih akurat lagi? tidak banyak yang bisa kalian lakukan untuk merubah statistik blogger, karena tidak ada pengaturan secara mendalam mengenai statistik ini yang bisa kalian lakukan pad astatistik adalah dengan meminta agar penayangan kalian tidak ikut di hitung. walaupun begitu kalian bisa menggunakan statistik lain sebagai alternatifnya.

1. Agar kunjungan sendiri tidak dihitung blogger

Caranya cukup mudah, kaian tinggal membuka menu statistik kemudian temukan dan kunjungi link "Mengelola pelacakan tayangan halaman Anda sendiri" jika sudah kalian akan dibawa ke halaman pengaturan Cookies. kalian cukup centang saja " Jangan lacak tayangan saya untuk blog ini.".

Agar kunjungan sendiri tidak dihitung blogger 1

Agar kunjungan sendiri tidak dihitung blogger 2

2. Mendaftar Google analistik

Cara yang pertama akan hanya mengurangi jumlah data error dari kunjungan kalian saja, karena statistik blogger masih tetap akan menghitung bot yang datang juga masih menggunkan pgae per-view sebagai data yang akan dihitung. oleh sebab itu kalian prlu untuk menggunakan statistik yang jauh lebih akurat, dalam hal ini sebenarnya kalian mempunyai banyak pilihan, namun yang paling saya sarankan adalah menggunakan Gooogle Analystic, kenapa? alasanya sih simple yah karena ini juga salah satu produk google, dan pemasanganya sangat mudah karena sudah disediakan form di blogger sendiri.

Caranya kalian cukup mengunjungi halaman ini, kemudian buat analistik baru, dan tinggal ikuti saja intruksi yang diberikan, tidak perlu membuat akun baru karena pada dasarnya jika kalian sudah login menggunakan akun google kalian, otomatis sudah dibuatkan disana.

Kesimpulan

Jadi intinya Statistik blogger memang tidak bisa menjadi acuan utama kalian dlaam melihat sebrapa banyak pengunjung yang datang dan membaca di blog kalian, perlu untuk menyesuaikan pengaturanya agar setidaknya bisa mengurangi error margin data yang ingin kalian tampilkan, namun ingin lebih akurat lagi maka kalian perlu menggunakan analistik lain diluar dari bawaan blogger, dan saran saya adalah dengan mengggunakan Google Analystic.

Terimaksih sudah membaca dan semoga bermanfaat buat kalian.

BUKA UNTUK KOMENTAR