Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pertanyaan Netizen #1 Tentang Adsense

Sebuah ide muncul ketika saya bingung ingin membuat artikel yang membahas sesuatu berdasarkan pertanyaan tapi pembahasan tersebut terlalu singkat untuk disajikan, jadisaya berfikir kenapa tidak disatukan saja, dalam satu artikel, nah masalahnya adalah judul dan poin apa yang tepat untuk hal ini ketika pembahasan-pembahasan yang saya kumpulkan ini relasinya tidak berkesinambungan satu sama lain walau satu pokok pembahasan, jadi inilah alasan saya membuat dan memulai artikel berseries ini (5 Pertanyaan Netizen) dan kedepanya akan ada #2 #3 dan seterusnya, yang akan berisi kumpulan pertanyaan-peranyaan unik dengan satu pokok pembahasan.
5 Pertanyaan Netizen #1 Tentang Adsense
Sekarang mari masuk ke pembahasan, pada edisi pertama pertanyaan netizen kali ini akan membahas tentang Google Adsense.

1. Bisakah mendaftar akun adsense dengan domain gratisan ?

Yang pertama, bisakah kita mendaftar Google Adsense menggunakan domain gratisan, seperti .tk, .ml, .ga dan seterusnya?

Sejauh ini Google tidak membatasi orang untuk mendaftarkan website atau blog dengan domain apapun, apakah itu bersifat gratis atau berbayar, jadi saya rasa bukan masalah dan kalian bisa mendaftarkan website atau blog kalian yang menggunakan domain gratisan, namun tentu saja dengan syarat dan ketentuan penerimaan blog / website sebagai publisher pada umumnya.

2. Bisakah mendaftar akun adsense dengan blog wordpress.com ?

Jawabanya adalah tidak. kenapa demikian, karena google mempunayai kebijakan tidak menerima subdomain untuk didaftarkan sebagai publisher di adsense termasuk wordpress (namablog.wordpress.com), kecuali memang berafliasi dan bermitra dengan google, misalkan saja  Blogspot.com ini juga termasuk subdomain namun karena dibuat dan dikelola langsung oleh google kalian bisa mendaftarkanya ke google adsense.

Sebagai catatan, subdomain ini berbeda ya dengan kalian mengunakan CMS-nya, dengan cms kalian bisa menggunakan wordpress pada host kalian sendiri dan domain kalian sendiri, ini boleh didaftarkan ke Google Adsense.

3. Apakah blog saya bisa di daftarkan adsense ?

Sebuah pertanyaan yang sangat umum ditanyakan, blog yang bisa didaftarkan ke Adsesnse tentu blog yang sudah memenuhi persyaratan Google Adsense untuk menayangkan iklan dari mereka. berikut adalah 4 syarat pokok syarat pendaftaran Google Adsense
  • Apakah itu blog / website kalian sendiri ? Google hanya menerima pendaftaran dari situs atau blog yang dimana kalian bisa mengakses penuh semua konten yang ada didalamnya, seperti html, tampilan dan sebagainya. jadi jika kalian hanya sebagai penulis atau editor dalam sebuah situs atau blog, kalian tidak berhak mendaftarkan adsense untuk blog tersebut.
  • Mematuhi kebijakan Google Adsense. pada poin kedua inilah yang cukup krusial dan menjadi permasalahan untuk pendaftar yang baru akan mendaftarkan blog atau situs mereka di google adsense, kebanyakan ditolak dulu baru memperbaiki dan mencoba mematuhi kebijakan, kebijakan Google Adsense sendiri kalian bisa baca disini. serta persyaratan yang harus kalian penuhi disini.
  • Apakah bitus dan blog kalian sudah aktif setidaknya selama 6 bulan? Google bilang, di beberapa lokasi setidaknya harus aktif selama 6 bulan terlebih dahulu sebelum dipertimbangkan. jadi intinya blog atau website kalian harus setidaknya minimal berumur 6 bulan dan aktif (update artikel) sebelum kalian dipertimbangkan untuk diterima sebagai publisher Adsense, ini mereka lakukan untuk menjaga dan melindungi kepentingan pengiklan.
  • Apakah kalian berusia 18 tahun keatas? ini adalah syarat utama terakhir jika kalian ingin mendaftar Google Adsense, setidaknya kalian harus sudah mencapai umur 18 tahun keatas untuk mencoba mendaftar, nah bagaimana cara google mengetahui umur kalian, tentu dari pendaftaran yang kalian lakukan. kalaupun dipalsukan kalian harus menyertakan screen id pengenal kalian nantinya untuk pengiriman verifikasi kode. (ini bisa diakali menggunakan identitas orangtua kalian kok kalau kalian misal masih sma dan belum genap 18 tahun, tentu sejak pendaftaran akunya samapi scan id pengenal sebagai syarat kirim verifikasi kode nantinya).
Notes : Dari semua syarat dan ketentuan dari google adsense diatas, dan kalian masih merasa bingung kalian bisa komentar dibawah saya kalo ada waktu atau pas buka akan saya review blog kalian, dan memberikan saran dari pandangan saya mengenai blog kalian apakah sudah layak untuk didaftarkan adsense atau belum.

4. Siapakah yang mereview blog atau website kita ketika mendaftar adsense robot atau manusia?

Review biasanya dilakukan 2 kali, yang pertama adalah review pendaftaran akun adsense dan kelayakan situs atau blog untuk menampilkan iklan dari adsense, untuk review yang pertama biasanya dilakukan oleh sistem, jadi ketika kalian mendaftarkan sebuah akun adsense sistem Adsense akan melakukan review apakah kalian memenuhi syarat sebagai pendaftar, misal umur kalian, kepemilikan website/blog, apakah sudah pernah mendaftar sebelumnya dan lain-lain, jika lolos kalian akan mendapatkan akun Adsense kalian namun harus menunggu review kedua yakni kelayakan blog atau website kalian menampilakan iklan, nah ini akan dilakukan oleh manusia.

Sementara tatacara, tahapan, serta indikator diterima atau tidaknya hanya pihak mereka yang tau, yang penting sudah memenuhi syarat dan ketentuan saya rasa akan mudah diterima kok.

5. Kenapa google memperbolehkan google chrome pasang adblock, padahal mereka (google) dapat penghasilan dari adsense juga?

Jika kalain sudah berhasil diterima oleh Google Adsense, dan berhasil menayangkan iklan serta verifikasi code, kalian pasti akan berhadapan dengan masalah utama sebagai publisher yakni adsblock, yah memang sebagai pembaca akan sangat terbantu dengan hal ini namun sayangnya juga akan mengurangi pendapatan dari publisher.

Tdak hanya publihser, google juga "seharusnya" tidak mendapatkan penghasilan dari sini, nah jika seperti itu kenapa Chrome yang notabenya milik google, android yang juga milik google memperbolehkan adblock?

Menarik bukan, faktanya adalah ads adalah faktor pengganggu utama dari pengunjung (kita disini berbicara tentang iklan popup, under content dsb) tentu ini akan merusak pengalaman berselancar dari konsumen (disini kita kan bilang pengunjung).

Seperti yang saya kutip dari Pendiri dan Chief Executive Officer/CEO Google Larry Page mengenai adblock

“Yeah, we've been dealing with ad blocking for a long time. There's been a number of different products to do that.

Part of it is the industry needs to do better at producing ads that are less annoying and that are quicker to load, and all those things. And I think we need to do a better job of that as an industry.

We've been trying to pioneer that. I think search ads are very good in that sense, and, in fact, a lot of places where ads can [be] block[ed], search ads do not get blocked because they are really useful. So I think that's a really good example of what we're trying to do."

Yang intinya adalah google mencoba bersifat profesional sebagai industri yang sehat, dan menganggap adblock adalah tools yang sanagt berguna dan dibutuhkan untuk menghalangi iklan yang berlebihan mengganggu.

Penutup

Dari kelima pertanyaan tersebut semoga ada yang berguna dan bermanfaat buat kalian, dan mungkin itu saja edisi pertama dari 5 Pertanyaan Netizen kali ini, jika 5 pertanyaan mengenai adsense diatas masih kurang kalian bisa bertanya di kolom komentar dibawah (harus dibuka dulu kolom komentarnya), gratis dan gak bayar, berbagi pengetahuan itu menyenangkan.
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "5 Pertanyaan Netizen #1 Tentang Adsense"