Minggu, 02 Desember 2018

Pentingkah Defrag di Windows 10 ?

Pentingkah Defrag di Windows 10 ?

Mungkin sebagaian dari kalian penasaran tentang apa sih itu defrag, atau defragment dalam komputer, dan seberapa pentingkah melakukanya untuk kesehatan komputer kita, kali ini kita akan mencoba menguliknya satu-persatu, mulai dengan apasih itu defrag pada windows?

Pentingkah Defrag di Windows 10 ?

Apa itu defrag pada windows ?

Defrag atau Defragment adalah penyusunan kembali pecahan-pecahan file kembali ke tempatnya semula, dalam hubunganya dengan windows, dimana file yang pecah akibat  proses installasi, pelepasan, penghapusan, penambahan suatu file akan dikembalikan ketempatnya semula.

Masih bingung? baiklah begini, anggap saja penyimpanan kalian (hardisk) adalah sebuahember berisi pasir yang padat, nah pada proses penambahan data (seperti installasi, penyimpanan dsb) adalah objeck yang di masukan ke pasir tadi, tentu pasir akan berceceran bukan? nah defragmen ini adalah proses pengembalian butiran tersebut.

Nah apakah operationing system lain juga memerlukan defragmen? 

Tidak semua, karena proses penyimpanan suatu file tiap operationing system berbeda, misalkan saja pada linux, pada linux kita tidak pelu melakukan defragment.

Pentingkah defragment ini pada windows khususnya windows 10?

Jika dinilai penting atau tidak defrag penting dilakukan di windows, namun buat kalian yang sudah memakai Windows 7 keatas (windows 8, 10) defrag ini sudah berjalan otomatis, jadi kalian tidak perlu khawatir untuk melakukan defrag secara manual, windows sudah melakukanya untuk kalian, dalam beberapa hari sekali.

Kalian bia melihatnya dengan membuka "Defragment and Optimize Drives" lalu pada "Change setting" disana kalian bisa menentukan kapan defrag dilakukan secara otomatis. caranya cukup cari di pencarian windows 10, kalian akan langsung menemukanya.

Gunanya apa sih defrag ini ?

Dengan mengembalikan pecahan pecahan file ini ketempatnya pengaksesan kembali file tersebut atau ruang tersebut akan lebih cepat kedepanya, ini juga menjadi alasan kenapa komputer yang jarang digunakan bisa menjadi lambat karena defragment tidak berjalan semestinya.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bisa membantu kalian.

BUKA UNTUK KOMENTAR