Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Auto Posting dengan Penjadwalan di Blogger

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana sih agar bisa membuat auto posting, agar blog bisa secara otomatis setiap hari update? sebuah fitur yang sudah sejak awal ada pada blogger, namun jarang sekali dimanfaatkan, yaitu penjadwalan post.
Auto Posting dengan Penjadwalan di Blogger
Dengan penjadwalan post, kalian dapat melakukan posting blog kalian setiap hari, pada jam tertentu secara tepat. Misalkan saja kalian libur kerja adalah hari minggu, dan hanya hari itu kalian bebas dengan waktu kalian untuk membuat artikel maka buatlah artikel pada hari itu, kemudian jadwalkan untuk post pada hari berikutinya, atau buat beberapa artikel sekaligus dan satu-satu kalian posting di hari-hari berikutnya secara berurutan, sehingga kalian bisa update setiap hari walau pada kenyataanya artikel tersebut kalian buat pada hari yang sama (minggu).

Apakah penjadwalan aman untuk SEO?

Ini juga awalnya menjadi pertanyaan saya juga sehingga saya pada awalnya cukup ragu menggunakan fitur ini, namun setelah riset dan mencari tahu ke para mastah-mastah yang lebih ahli ternyata penjadwalan tidak berpengaruh apapun (khususnya blogger) bahkan ada yang berujar pada thread forum yang sama bahwa malah bagus untuk SEO karena mesin perayap akan menganggap blog tersebut aktif setiap hari, sehingga memberikan nilai plus utuk push rank SERP.

Setelah menadapatkan pelajaran tersebut saya pun melakukan riset sendiri dengan mencoba dalam satu minggu, dan yah ternyata sama saja, artinya bukan sebuah pelanggaran, malah cenderung bagus karena kita tidak perlu harus login dan buat setiap harinnya.

Kalo dipikir secara logikanya saja, ini adalah fitur yang sudah ditanamkan sejak sangat lama dari blogger awal hingga versi terbaru, artinya fitur ini tidak menyalahi aturan apapun dari Google (sang pemilik dan pembuat blogger), jadi kenapa ragu untuk menggunakanya ?

Cara menggunakan jadwal untuk posting Blogger

Caranya sangat mudah, setelah kalian membuat artikel kalian pada halaman Compose artikel Blogger pada panel kanan "Jadwal" atau "Schedule" > pilih "Setel tanggal dan waktu" silahkan pilih tanggal kapan kalian akan posting artikel kalian, kalian juga bisa mengatur jamnya.

Auto Posting dengan Penjadwalan di Blogger

Pada pilihan tanggal, kalian bisa membuat postingan di posting di tanggal sebelum kalian membuat artikel tersebut loh, namun tidak saya sarankan, walaupun banyak yang beranggapan aman-aman saja namun saya kurang begitu yakin, jadi sebaiknya setidaknya otomatis post hari itu atau dijadwal untuk masa kedepanya.

Jika sudah di setel tanggal dan waktu, klik tombol "Selesai"

Penutup & Kesimpulan 

Jdai apakah Aiuto posting pada blogger memungkinkan? IYA dengan memanfaatkan fitur jadwal yang sudah ada pada blogger sejak lama, dengan cara ini kalian bisa kontrol mau posting artikel kapan, jam berapa secara otomatis, dan ini TIDAK berpengaruh buruk dalam SEO, malah banyak pakar mengklaim bahwa cara ini lebih bagus SEO-nya karena crawl robot akan mengira blog kalian aktif setiap hari.

Mungkin itu saja Auto Posting dengan Penjadwalan di Blogger yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian.
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "Auto Posting dengan Penjadwalan di Blogger"