Kamis, 06 Desember 2018

Apa itu Hoax Sejarah Bahaya dan Cara Mengatasinya

Apa itu Hoax Sejarah Bahaya dan Cara Mengatasinya

Belakangan ini kalian pasti sangat sering mendapati orang-orang membahas tentang hoax, kemungkinan besar kalian sudah paham apa sebenarnya yang dimaksud dengan hoax, namun tidak tahu definisi hoax secara tertulis. sekarang mari kita bahas tentang hoax, definisi, contoh dan bahanya satu persatu.

Apa itu Hoax Sejarah Bahaya dan Cara Mengatasinya

Definisi hoax

Hoax adalah suatu berita bohong dan tidak bersumber kebenaranya yang sengaja dibuat untuk tujuan dan kepentingan tertentu, biasanya berita ini tidak memiliki landasan faktual, namun disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta.

Sebagai contoh hoax - "bumi ternyata bentuknya datar, sebagai buktinya ketika kita melihat cakrawala, ktia tidak melihat lengkungan melainkan lurus horisontal". dengan pernyataan ini seseorang menyampaikan sebuah berita atau informasi palsu namun landasan yang disampaikan tidak berdasar dan punya bukti faktual, namun disampaikan seolah ini adalah fakta. 

Pengaplikasian hoax juga bisa sangat kompleks, dengan data-data spesifik dan tidak jarang memberikan data yang sengaja diambil tidak lengkap (mengambil sebagian) sebagai landasan berita tersebut.

Sejarah hoax

Walaupun hoax baru beberapa tahun belakangan ini berlalu lalang di indonesia, seiring dengan datangnya masa pemilu yang membuat hoax semakin merajalela karena kepentingan-kepentingan politik, Hoax sendiri sudah terjadi sejak sangat lama, bahakan tercatat sejak abad ke 17.

Pada tahun 1661, John Mompesson seorang tuan tanah yang dihantui oleh suara-suara drum setiap malam di rumahnya. Ia mendapat nasib tersebut setelah ia menuntut William Drury (seorang drummer band gipsy) dan berhasil memenangkan perkara tersebut. John Mompesson ini menuduh Drury-lah yang mengirim guna-guna ini dirumahnya.

Suatau ketika seorang penulis bernama Glanvill mendengar kisah tersebut dan datang kesana untuk mendengar kisahnya dari Mompesson, kemudan dia mengaku dan menulisnya kedalam 2 novel yang dia tulis bahwa dia juga mendengar suara drum terserbut saat berada dirumah Mompesson. tapi pada saat novel ketiga, dia mengakui bahwa semua perkataanya adalah bohong di dua novel awal karena hanya untuk membuat novel tersebut laris dipasaran.

Setelah kisah tersebut hoax-hoax besar lain banyak juga yang terungkap. jadi sebenarnya hoax sendiri memang bukanlah hal baru, dan tidak jarang hoax bisa sangat merugikan walau tidak merembet keranah hukum sekalipun.

Bahaya hoax

Bahaya hoax sendiri ada banyak sekali, dan mungkin tidak akan habis jika disbutkan semua, namun ada beberapa diantanya yang wajib kalian tahu.

1. Hoax bisa mengikis fakta sebenarnya

Yang pertama adalah hoax bisa mengikis fakta sebenarnya, artinya fakta yang benar-benar terjadi akan hilang dan hoax akan menjadi fakta. jika hoax tersebut lebih dipercayai oleh banyak orang dibanding fakta sebenarnya yang hanya diketahui satu orang saja, maka otomatis hoax tersebut bisa menjadi fakta, walaupun sebenarnya tidak seperti itu.

2. Hoax melanggar hukum

Seseorang menyebarkan hoax juga melanggar hukum di indonesia, Pembuat dan Penyebar hoax akan terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE dimana pada pasal itu menyebutkan "Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar."

3. Merugikan diri sendiri dan orang lain

Dengan membuat sebuah berita dan informasi hoax kalian sendiri akan dirugikan, selain poin diatas (masuk penjara 6 tahun dan denda 1 miliar) kalian juga akan sulit dipercaya lagi kedepanya (kalaupun tidak ada tuntutaan hukum sekalipun), dan jika kalian ber-agama hoax sendiri sama dengan fitnah, jadi jelas sekali itu merupakan suatu dosa (dari segi agama maupun norma).

Selain merugikan diri sendiri, kalian juga akan merugikan orang lain, orang yang kalian jadikan subject dalam berita hoax akan kehilangan kredibilitasnya karena sesuatu yang bukan merupakan fakta sebenarnya. kalaupun hoaxnya bukan ke orang tertentu, masyarakat sebagai khalayak yang menerima hoax tersebut juga akan terbohongi.

4. Menimbulkan rentetan masalah tak berujung

Dan yang paling mengerikan dari hoax adalah hoax bisa membuat masalah baru muncul terus menerus bahkan kalaupun hoax tersebut bisa terungkap dan kebenaran bisa terselamatkan, pihak yang merasa dirugikan pasti akan tidak terima dan masalah baru akan tercipta, kemudian akan ada masalah baru lagi akbibat masalah yang timbul tadi dan seterusnya,

Dari bahaya-bahaya ini seharusnya kalian tahu seberapa berbahaya hoax itu, dan kita harus bisa lebih cerdas agar tidak mudah terpengaruh hoax. Sekarang bagaimana sih caranya agar bisa mengatasi hoax?

Cara mengatasi hoax

Kita sekarang sudah tahu apa sih definisi hoax, contoh, sejarah dan bahayanya, sekarang bagaimana cara mengatasinya agar kita tidak mudah terpengaruh dengan hoax.

Walaupun saya bilang mengatasi bukan berarti kita dapat 100% terbebas dan tidak akan termakan hoax, karena hoax sendiri seperti yang saya katakan diawal-awal tadi, bisa dibuat sangat kompleks dengan memberikan data-data relefan yang orang pintarpun tidak jarang akan tertipu. Namun setidaknya kita dapat menguranginya, bagaimana?

1. Jangan langsung percaya

Yang pertama harus kalian lakukan ketika mendapatkan suatu informasi agar tidak mudah terkena hoax adalah jangan langsung percaya kepada suatu informasi baru, apalagi itu bersifat agresif dan provokatif, walaupun informasi tersebut berasal dari orang terdekat kalian sekalipun. karena kebanyakan orang yang termakan hoax adalah orang yang terlalu mempercayai informasi yang disampaikan oleh kenalanya.

2. Penting tidak informasi tersebut buat kalian

Kedua, filter informasi tersebut dan tanya kepada diri kalian sendiri penting gak sih informasi tersebut buat kalian, ini sangat berhubungan dengan yang pertama dan selanjutnya nanti, jika kalian rasa informasi tersebut tidak penting maka kalian tidak perlu ke tahap selanjutnya, cukup biarkan saja info tersebut.

3. Verifikasi informasi

Namun jika kalian merasa informasi tersebut penting buat kalian maka yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah memverifikasi informasi itu, coba cari sumbernya, apakah valid, kemudian coba cari referensi lain, dari sudut pandang lain, baru kalian simpulkan apakah berita tersbut hoax atau asli.

4. Penting tidak informasi tersebut kalian bagikan ulang

Dan terakhir adalah yang paling krusial dari semuanya menurut saya, ok jika kalian pada tahap verifikasi informasi bisa membuktikan bahwa informasi tersebut bukanlah hoax, selanjutnya kalian harus berfikir lagi "Pentingkah informasi ini sampai harus kalian bagikan ulang?" jika informasi itu bersifat profokatif dan menimbulkan masalah baru, akan sangat baik jika berhenti disana (artinya cukup menjadi informasi buat kalian saja).

Dan juga tidak terlepas dari kemungkinan juga pada tahap verifikasi informasi kalian tidak menemukan fakta yang sebenarnya, tapi hanya sebuah asumsi karena subjectifitas yang sudah ada sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi Hoax adalah sebuah berita palsu yang dibuat sengaja dengan tujuan tertentu, hoax juga bukan sesuatu yang baru bahkan sudah tercatat dilakukan sejak awal abad 17, bahaya dai hoax juga tidak main-main dalam sekala besar hoax bisa menghancurkan suatu negara, sangat sulit untuk menanggulangi hoax, karena hoax bisa sangat kompleks karena tidak jarang menyertakan data-data yang terlihat seperti fakta, cara mengatasinya adalah jika kita lebih bisa menyeleksi informasi.

dari uraian diatas semoga bisa menjadi pencarahan atau setidaknya bisa membantu kalian memahami apa sih itu hoax contoh, sejarah, bahaya dan cara mengatasinya. terimakasih sudah membaca, dan mari cerdas untuk negara ini.

BUKA UNTUK KOMENTAR