Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Emulator Android di Komputer dan Laptop Terbaik 2018

Sepanjang 2018 saya sudah mencoba banyak sekali emulator android, yang memang pada tahun ini adalah masa jaya-jayanya software emulator, khususnya emulator android, alasanya sih simple, karena banyak sekali orang yeng menginginkan menjalankan android yang lebih mumpuni (untuk game dan sebagainya) akhirnya mereka beralih ke penggunaan emulator.
7 Emulator Android di Komputer dan Laptop Terbaik 2018
Ini adalah list yang saya buat berdasarkan pengalaman pribadi, dan sudah saya coba install semua sepanjang tahun ini (2018), saya akan memulai dari urutan terakhir ke urutan yang pertama (7 ke 1). Semoga dapat menjadi referensi buat kalian.

7. Andy Emulator

Pada urutan nomor 7, saya berikan kepada Andy Emulator, sebuah emulator yang sebenarnya sudah keluar cukup lama, karena pada kenyataanya beberapa tahun yang lalu saya sudah pernah mencoba emulator ini pada versi betanya. kemudian saya cobaa lagi tahun ini, entah kenapa tidak banyak perubahan yang saya lihat dari versi betanya, padahal sudah berselang tahunan.

Emulator Andy memang cukup ringan, dan menawarkan pengalaman pengolahan android asli, hanya saja kurang begitu nyaman dipakai, serta kurangnya fitur tambahan. mungkin nilai plus dari android ini bisa di install di banyak komputer atau laptop low end. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 7/10
Compatibility : 8/10
Fitur : 6/10
Kenyamanan : 6/10

6. AMIDuOS Emulator

Urutan ke 6 ada AMIDuOs, sebuah emulator yang dikembangkan oleh pengembang amerika serikat, mirip dengan emulator Andy sebelumnya, AMIDuOS juga menawarkan pengalaman menggunakan android penuh, tersedia untuk 32 dan 64bit, jadi buat kalian yang menggunakan laptop atau komputer dengan arsitektur 32bit masih bisa menginstallnya, selalu biasakan mengunduh dari situs resmi yah, soalnya banyak diluar sana yang memberikan link yang salah (32 sama 64bit ini), selain dari pilihan arsitektur komputer yang kaian gunakan, AMIDuOs juga memberikan pilihan versi kepada kalian, apakah jellybean atau lollipop.

AMIDuOs memiliki peforma yang hampir sama dengan Andy, mungkin sedikit lebih cepat, namun pada kasus saya koneksi sangat lambat disini, saya tidak tahu apakah ini memang bug, atau ada pengaturanya sendiri, saya saat itu tidak berusaha keras untuk mencoba memperbaikinya, karena niatnya cuma ingin mencoba. masalah kenyamanan, sama sih dengan andy, kurang bagi saya. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 8/10
Compatibility : 7/10
Fitur : 7/10
Kenyamanan : 6/10

5. Remix OS Player

Kalian mungkin sudah tahu  Remix OS sebuah OS android yang bisa di install di Komputer atau Laptop kalian, dengan segudang fitur dan UI yang belum bisa terkalahkan sampai sekarang, sayang pengembangnya memutuskan untuk berhenti mengembangkanya, mengakibatkan OS ini mati, dan tidak relate lagi dengan aplikasi dan game-game baru kekinian. Namun bukan versi OS-nya yang saya bahas disini, melainkan emulatornya, jadi kalian bisa menjalankan Remix di Windows kalian.

Menggunakan Remix OS emulator sangat nyaman, seperti menggunakan sebuah OS baru didalam OS windows, dari peforma juga mulus, walau banyak tidak kompitable lagi dengan beberapa aplikai yang saya install, kemudian dari fitur, versi emulator memberikan semua fitur yang ada pada versi OS-nya, sayangnya adalah emulator ini hanya untuk arsitektur 64bit saja, jadi jika kalian menggunakan 32bit kalian tidak bisa menginstallnya. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 7/10
Compatibility : 7/10
Fitur : 8/10
Kenyamanan : 8/10

4. KO Player

Selanjutnya ada KO Player, sebuah emulator yang terbilang pendatang baru, yang dikembangkan oleh pengembang dari china, walaupun masih baru namun menurut saya KO Player mempunyai potensi yang sangat besar untuk berkembang kedepanya jika Developernya tidak berhenti ditengah jalan seperti yang lainya.

Masalah peforma, KO Player lebih ringat ketimbang Remix OS Player setara lah dengan Andy dan AMIDuOs, namun yang menjadi keunggulandari KO Player adalah fitur-fitur yang diberikan untuk game game terbaru saat ini, jadi buat kalian gamer android yang ingin main game android di komputer maka KO Player adalah salah satu pilihan terbaik. soal kenyamanan, saya kira lebih nyaman dari Andy dan AMIDuOs namun tidak lebih baik dari Remix. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 8/10
Compatibility : 8/10
Fitur : 8/10
Kenyamanan : 8/10

3. Bluestack 4

Pada urutan nomor 3 ada Bluestack, ini dia emulator paling populer dari semua emulator android yang pernah ada,namun harus saya tempatkan pada urutan nomor 3 karena beberapa alasan, Bluestack sendiri sudah sangat lama dirilis, dan salah satu emulator android perintis, jadi tidak heran bahwa emulator yang satu ini paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Untuk kecepatan dan ringan harus saya bilang Bluestack masih kurang dengan Andy atau AMIDuOs (tergantung spesifikasi juga sih), namun masalah Compability dengan aplikasi, bluestack juaranya, hampir semua aplikasi atau game bisa kalian gunakan disini tanpa kendala, lalu dari segi fitur juga Bluestack menawarkan banyak fitur genuine yang asli dari Bluestack, terakhir dari kenyamanan, bluestack relaif nyaman digunkan. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 7/10
Compatibility : 9/10
Fitur : 9/10
Kenyamanan : 8/10

2. Nox Player (Bignox)

Selanjutnya nomor 2 ada Nox Player dari Bignox, yang menjadi salah satu emulator terbaik yang pernah saya gunakan, Nox sendiri sepertinya dikembangkan dengan sangat serius, bagaimana tidak, secara berkala nox melakukan update dan ini dilakukan terus menerus berbeda dengan pengembang sebelum-sebelumnya.

Untuk peforma, nox bisa berjalan di perangkat saya dengan sangat smooth dan cepat, pemakaian resource ram dan cpu sendiri bisa lebih rendah dibanding dengan Bluestack, masalah Compability juga luarbiasa, saya belum menemukan aplikasi yang tidak bisa berjalan di emulator ini, dan yang mungkin menjadi pertimbangan penting adalah dukungan kepada game-game android yang lebih dari lainya, sayangnya pada perangkat saya tekadang suara yang muncul di nox sedikit suttering (tersendat-sendat) saya tidak tahu apakah ini masalah komputer saya sendiri atau tidak, bahkan sampai versi terbaru dirilis. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 9/10
Compatibility : 9/10
Fitur : 9/10
Kenyamanan : 8/10

1. MEmu Play

Dan yang menempati uturan pertama adalah MEmu Play, lagi-lagi emulator buatan china, MEmu cukup identik dengan Nox, sama-sama dikembangkan dengan sangat serius, update juga cukup sering sehingga peforma terus ditingkatkan, sebenarnya cukup sulit untuk memilih anatara Nox dan Memu mana yang terbaik.

Peforma Memu tidak jauh berbeda dengan Nox, cepat dan ringan sekali, pemakaian resource juga sedikit, masalah compabilty juga semua aplikasi bisa kalian gunaakan di MEmu, di emulator ini juga mengedepankan penggunaan dalam game-game terbaru juga, terutama untuk kalian penggemar PUBG Mobile dan game-game shooting lainya, Memu memberikan perhatian khusus untuk ini, dan yang paling penting dan membuatnya berada di daftar nomor satu saya adalah sangat stabil tidak ada kendala sound bermasalah dan sebagainya. (kalian bisa download disini)

Kecepatan : 9/10
Compatibility : 9/10
Fitur : 9/10
Kenyamanan : 9/10

Kesimpulan dan Pertanyaan

Kseimpulanya diatas adalah 2 terbaik dari emulator tahun ini jatuh kepada Nox dan Memu, memiliki peforma dan Compability yang hampir setara, menjadikan mereka pilihan utama emulator buat kalian, terutama keperluan game, namun dari keduanya Memu setidaknya lebih baik sedikit.

Dari List yang saya berikan diatas, murni pendapat pribadi setelah saya mencobanya satu persatu, jadi tidak menutup kemungkinan kalian akan memiliki pendapat lain mengenai ini.

Sekarang jika kalian mempertanyakan, masih ada yang lain loh selain yang saya sebutkan diatas, seperti Xamarin, Android Studio, atau Genimotion ?

Saya tidak masukan karena xamarin dan android studio dikembangkan untuk developer saja, sedangkan genimotion saya jujur belum coba karena memang berbeyar.
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "7 Emulator Android di Komputer dan Laptop Terbaik 2018"