Sunday, December 16, 2018

5 Pertanyaan Netizen #2 Tentang Subtitle

5 Pertanyaan Netizen #2 Tentang Subtitle

Ini adalah edisi ke dua dari pertanyaan netizen, kali ini akan mengulas soal Subtitle atau Takarir, 5 pertanyaan yang saya rasa cukup sering terlintas di dalam pikiran kalian walau kadang kalian tidak peduli dengan jawaban sebenarnya, disini saya akan mencoba menjawabnya dan semoga bisa menjadi pencerahan buat kalian.

5 Pertanyaan Netizen #2 Tentang Subtitle

1. Apakah subtitle atau takarir itu legal?

Pertanyaan pertama, apakah subtitle itu legal atau diperbolehkan? subtitle bisa menjadi boleh dan tidak boleh tergantung dengan konten video apa kita buat subtitle ini, jika video ini bersifat komersil atau di edarkan dan mempunyai hak cipta maka subtitle hampir dipastikan ilegal kecuali memang sudah bekerjasama (berafliasi) atau setidaknya sudah mendapat ijin resmi dari pemilik hak video tersebut.

Sebagai contoh, ketika sebuah film, short video atau music yang di distibusikan secara komersil (bentuk dvd, bioskop, itunes, dll). misal kemudian ada seseorang yang membuat subtitlenya maka subtitle ini tidak legal (ilegal), karena hal ini ternyata masuk ke tindakan copyright. namun tidak menjadi tindakan melanggar hukum jika subtitle ini hanya digunkan secara pribadi (tidak dibagikan secara luas apalagi di komersilkan).

2. Apakah membagikan subtitle aman buat adsense?

Jika kalian sudah paham dari pertanyaan pertama diatas kalian sudah pasti akan tahu juga bahwa membagikan subtitle terutama video atau film komersil akan melanggar copyright dan ini dilarang oleh kebijakan Google Adsense.

Walaupun ada beberpa pengecualian, misalkan subtitle pada video yang bersifat lisensinya terbuka, misal video pembelajaran dan lain-lain, namun masih saja di ranah abu-abu jadi saya pribadi sangat tidak menyarankanya karena kita tidak tahu saat rview pihak Adsense juga bisa saja salah.

3. Subtitle yang aman (legal) bagaimana?

Subtitle yang aman kalian bagikan adalah subtitle untuk video-video sumber terbuka, jadi pemilik hak video tersebut memberikan kuasa untuk video tersebut bisa digunakan secara bebas dan luas, jadi kalian bisa membuat terjemahan berupa substitle atau bahkan bisa mengubah konten tersebut menjadi lebih baik dan bisa tersampaikan ke target audiens kalian.

Membuat substitle juga diperbolehkan kok adal penggunaanya bersifat pribadi dan bukan untuk di bagikan lagi secara luas.

4. Cara membuat subtitle bagaimana?

Cara membuat subtitles ada 2 tipe dasar yang bisa kalian pilih, yaitu Hardsubs atau Softsubs, pada hardsubs disini kalian membuat subtitle secara terpisah dari video sumbernya, artinya kalian membuat subs berbentuk file yang bisa digunakan ulang lagi di copyan video lainya walau pada resource video yang berbeda. contoh softsubs ya seperti pada situs subscene dsb.

yang kedua adalah Hardsubs untuk tipe ini kalian bisa membuatnya dengan langsung mengeditnya pada video sumber, baik menggunakan video editor atau mungkin langsung menambahkanya dari file softsubs yang sudah dibuat sebelumnya.

Langkah membuatnya secara detail kalian bisa cari sendiri, karena ada banyak sekali cara yang bisa kalian pakai beda software beda juga caranya, namun intinya ada 2 cara mendasar yang saya sebutkan tadi.

5. Cara edit subtitle bagaimana?

Untuk mengedit sebuah subtitle kalian perlu tau dulu tipe subtitle mana yang akan kalian edit, karena yang bisa diedit hanya softsubs, karena masih berupa files sedang hardsubs tidak memungkinkan untuk mengeditnya, karena sudah menyatu dengan video sumbernya.

Caranya kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi edit subtitle disini saya sering menggunakan software subtitle edit dari niske, kalian tinggal mengganti teks yang sudah ada atau menyesuaikan time munculnya subs pada video.

Penutup dan Kesimpulan

Pada dasarnya subtitle bisa legal dan ilegal tergantung sumber video atau audio yang dibuat, jika video tersebut bersifat komersil maka membuat subtitle dari video tersebut akan melanggar copyright, dengan demikian tentu tidak diperbolehkan untuk publisher adsense karena melanggar kebijakan. 

Adapaun yang diperbolehkan adalah video dengan lisensi terbuka, artinya video yang bebas kalian gunakan ulang secara luas.

Baiklah mungkin itulah 5 pertanyaan netizen edisi ke dua kali ini semoga bisa berguna bagi kalian. terimakasih dan silahkan tinggalkan komentar dibawah jika ada pertanyaan mengenai subtitle lain.

BUKA UNTUK KOMENTAR