Senin, 26 November 2018

Tubuh Memiliki Jam Biologisnya Sendiri

Tubuh Memiliki Jam Biologisnya Sendiri

Jika kalian adalah seorang karyawan maka, jam masuk kerja adalah 7:30 kemudian jam istirahat adalah jam 12:00-13:00 lalu pulang jam 16:30-17:00, jika kalian adalah seorang pelajar, jam 7:30 kalian masuk sekolah, istirahat jam 10:00 kemudian pulang jam 13:00-14:00 dan seterusnya, tapi apakah kalian tahu bahwa tubuh kita juga memiliki Jamnya sendiri ?

Apa yang dimaksud dengan Jam pada Tubuh?

Jam pada tubuh manusia, atau jam biologis atau dalam bahasa kedokteranya adalah Ritme Sirkadian. Jam biologis adalah sebuah siklus kebiasaan tubuh melakukan sesuatu yang dipengaruhi oleh lingkungan dalam 24 jam. walaupun dipengaruhi oleh keadaan sekitar tubuh akan mencatatnya dan melakukan aktifitas yang sama kedepanya walaupun lingkungan berubah, namun akan kembali menyesuaikan jika lingkungan baru memiliki siklus berulang yang konsisten.
Tubuh Memiliki Jam Biologisnya Sendiri
Secara gampangnya Jam biologis atau jam tubuh adalah proses ngantuk, lapar, lelah, **** 🤞, dan sebagainya pada jam-jam tertentu secara konsisten.

Siklus Harian Jam Biologis Tubuh

Sekarang mari kita pahami siklus normal jam tubuh manusia secara normal dalam 24 jam, seperti yang dapat dikutip dari hallosehat, siklus tubuh manusia 8 tahap dalam sehari berikut adalah penjelasanya.

00.00-03.00
Pada waktu ini Hormon melatonin akan memproduksi lebih banyak daripada sebelumnya sehingga tubuh kalian akan lebih merasa lelah, yang kemudian mengirimkan sinyal kepada otak kalian, ini akan mengakibatkan kalian akan merasa mengantuk pada jam ini. pada jam ini juga saatnya otak melakukan penyimpanan informasi jangka panjang fan jangka pendek yang kalian dapatkan dalm seharian tadi.

03.00-06.00
Pada waktu ini adalah titik terendah dari tubuh kalian, karena energi tersebut dialihkan oleh otak untuk melakukan perbaikan-perbaikan sel tubuh kalian.

06.00-09.00
Pada jam ini otak akan mendistribusikan kembali tenaga kalian, seshingga bisa dalam konsisi optimal,namun otot dan peredaran darah kalian masih kaku, ini diakibatkan proses sebelumnya, sehingga akan baik jika dilakukan olahraga ringan untuk membantu otot, namunn tidak disarankan melakukan olahraga berat karena pembulu darah yang masih kental, ini bisa berakibat tidak baik buat penderita penyakit jantung, karena jantung akan mengalami tekanan yang berlebihan.

09.00-12.00
Pada jam ini tubuh mendapatkan konsisi terbaiknya, otak juga dalam kondisi sepenuhnya, inilah jam produktif manusia, diamana tubuh mulai memproduksi zat stress yang membuat tubuh dan pikiran anda waspaa.

12.00-15.00
Pada waktu ini tubuh akan mulai mengolah makanan yang kalian makan sebelumnya, ini mengakibatkan distribusi ke tenanga akan berkurang dan membuat kalian merasa mengantuk dan lelah.

15.00-18.00
Pada jam ini biasanya tubuh akan selesai mengolah makanan yang kalian makan, sehingga energi akan bertambah dan kemudian di distibrusikan kembali oleh otak ke tenaga, inilah sebabnya pada waktu sore hari kalian akan lebih segar dibanding beberapa jam sebelumnya.

18.00-21.00
Pada jam ini tubuh akan mulai memproduksi protein dan zat pendukung lainya.

21.00-00.00
Pada jam ini tubuh akan mulai memproduksi zat melatonin, sehingga tubuh kalian akan mulai mengantuk, namun tergantung tingkat energi yang tersisa hari ini, jika energi yang kalian punya makin sedikir produksi zat ini akan jauh lebih cepat pula, sedang kalo masih banyak zat akan memproduksinya lebih lambat.

Akibat Terganggunya Jam Tubuh Manusia

Ada banyak hal yang menggangu jam tubuh biologis manusia dari kepadatan aktifitas pada siang harinya sehingga jumlah energi yang dihabiskan lebih banyak daripada biasanya juga karena begadang berlebihan sehingga merusak siklus jam tubuh ini.

Dari Penjelasan jam tubuh manusia diatas mungkin kalian sudah mempunyai banyangan seperti apa dampak dari terganggunya, dan berikut ini adalah dampak terganggunaya jam tubuh biologis manusia yang perlu kalian ketahui
  1. Insomnia. jika jam biologis tubuh terganggu kalian besar sekali akan mengalami insomnia (gangguan tidur) jadi kalian akan sulit sekalit tidur walau sudah dimalam hari, karena tubuh kalian yang mulai membuat jam baru dari kebiasaan baru yang kalian lakukan. sebenarnya jika sudah tidak melakukan kegiatan (merusak siklus jam biologis) insomnia bisa hilang dengan sendririnya, namun akan berbeda jika kalian tetap meneruskan kegiatan yang merusak jam tubuh tersbut.
  2. Obesitas (Kegemukan) ada beberapa kasus dengan memakan makanan pada saat tubuh sedang tidak bekerja mengolah makanan tersbut menjadi energi akan mengakibatkan tertumpulnya makanan tersebut hingga ke-esok harinya sehingga akan memiliki kelebihan saat tubuh bekerja mengolah makanan tersebut, dan pada akhirnya kelebihan tersebut dijadikan lemak oleh tubuh.
  3. Selalu mengantuk padahal tidur banyak disiang hari. Kebalikan dari insomnia diatas, kalian akan merasa terus mengantuk bahkan di siang hari, karena tubuh memproduksi zat melatonon terus menerus bahkan pada siang hari.
  4. Depresi.dengan datangnya insomnia, otak kalian akan bekerja berlebihan, tubuh juga kan menumpuk stress sehingga bisa memicu gangguan mental ringan (depresi).
Sebenarnya masih ada banyak lagi dampak dari terganggunay jam biologis tubuh manusia ini, namun dari 4 yang saya coba jelaskan diatas kita tahu bahwa mengikuti jam tubuh sangatlah penting.

Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

BUKA UNTUK KOMENTAR