Thursday, November 22, 2018

Perbedaan Niche Terfokus dan Tidak pada Blogger

Perbedaan Niche Terfokus dan Tidak pada Blogger

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang niche, seubuah istilah yang harus dipahami betul untuk blogger pemula yang bertujuan akhir mengejar trafik pengunjung. (saya tidak membicarakan blog yang menulis ya menulis saja).

Perbedaan Niche Terfokus dan Tidak pada Blogger
Apa sih itu Niche?

Niche sendiri dalam dunia blog adalah "Topik" atau bahasan apa yang akan kalian angkat dalam blog kalian, ini adalah salah satu teknik SEO yang bertujuan menjaring pengunjung yang jelas ke blog klaian. Dalam SEO juga Niche dibedakan dalam 2 kategori paling mendasar, yakni Niche terfokus dan Tidak terfokus,

Niche Terfokus

Niche terfokus adalah pembahasan topik yang jelas pada satu pokok topik bahasan saja, misalakan, blog dengan nama Review Movie Blog, maka pembahasanya juga akan berkutat pada soal mereview film saja, dan tidak akan membahas yang lain.

Dengan Niche terfokus, kalian bisa mengerucutkan pengunjung kalian, dan membuat branding kuat kepada mereka tentang blog kalian, jadi kemungkinan besar akan membuat pengunjung kalian akan kembali lagi nanti, bahkan akan melakukan bookmark, karena kesamaan "kesukaan" mereka dengan topik kalian.

Semakin dalam dan luas pembahasan dalam Niche terfokus kalian, akan semakin mudah buat blog kalian naik, dan menjadi pilihan utama dalam pencarian, tentu ini merupakan unsur dasar dari SEO juga bukan.

Sayangnya, dengan Niche terfokus, kalian akan terbelenggu dalam penulisan, kalian akan terbatas dalam bahasan kalian, walaupun jaring kalian rapat dan bisa menjaring ikan tertentu lebih banyak, namun tidak terlalu luas hingga menjaring ikan dengan jenis yang berbeda.

Niche Tidak Terfokus

Selanjutnya adalah blog dengan niche tidak terfokus, atau lebih sering disebut dengan blog gado-gado, blog yang akan membahas banyak hal, dan tidak terikat dalam satu pembahasan saja.

Keuntungan dari blog jenis ini adalah kalian bisa se-enak hatinya membahas dan mengulas apa pada blog kalian, yah contoh kongkritnya adalah sengedan blog ini, ini adalah blog gado-gado atau blog Niche Tidak Terfokus.

Dengan tidak terbatasnya topik dalam penulisan, penulis bisa lebih produktif dan menemukan banyak bahasan, sehingga artikel yang dibuat bisa lebih banyak, hanya saja, efeknya berkebalikan dengan blog dengan niche terfokus, akan sulit untuk menanamkan branding blog kalian kepada pengunjung yang datang, sangat jarang pengunjung datang hanya karena ingin melihat "apa yang baru dari blog kalian" namun lebih ke pengunjung baru.

Intinya adalah, blog niche terfokus akan lebih memilah pengunjung yang datang, walaupun dengan cakupan yang sempit/ lebih kecil pengunjung yang datang akan lebih berkualitas. sedangkan blog dengan Niche tidak terfokus atau gado-gado adalah blog yang bisa menjaring pengunjung lebih luas dan banyak namun pengunjung tersebut kurang berkualitas dalam artian bukan pengunjung yang akan datang lagi karena ingin lihat apa yang baru dari blog kalian.

Sekarang bagaimana? mana yang kalian pilih untuk blog kalian?

BUKA UNTUK KOMENTAR