Sabtu, 24 November 2018

Pentingnya Mind Mapping dalam Menulis Kreatif

Pentingnya Mind Mapping dalam Menulis Kreatif

Apa sih mind mapping itu? Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah sebuah metode dimana kita mem-visualkan pikiran atau gagasan-gagasan kita kedalam suatu keyword yang terhubung dengan keyword lainya berupa gambar atau grafik, dengan tujuan untuk memperjelas ide atau gagasan kita tersebut.

Pentingnya Mind Mapping dalam Menulis Kreatif
Sejarah mencatat, pemetaan pikiran (Mind Mapping) sudah dilakukan sejak sangat lama, bahkan tercatat sudah digunakan pada abad ke 3 yang dilakukan oleh filsuf Ramon Llull yang pada saat itu mencoba menguraikan gagasan dari Aristoteles, walaupun hal tersebut belum di deklarasikan sebagai sebuah konsep atau metode yang resmi.

Hingga pada akhirnya ahli psikologi penulis populer Tony Buzan mengklaim bahwa dia berhasil menemukan metode Mind mapping modern, menurutnya dia terinspirasi dari sebuah novel ilmiah karya Alfred Korzybski. Buzan berpendapat bahwa sementara "tradisional" menguraikan pembaca memaksa untuk memindai kiri ke kanan dan atas ke bawah, pembaca sebenarnya cenderung untuk memindai seluruh halaman dengan cara yang non-linear. Buzan juga menggunakan asumsi populer tentang belahan otak untuk mempromosikan penggunaan eksklusif pemetaan pikiran atas bentuk-bentuk lain dari pembuatan catatan.

Kemudian Mind Mapping atau pemetaan pikiran terus digunakan sebagai media pembelajaran dan brainstorming hingga kini, bahkan untuk sekolah-sekolah dasar internasioal juga melakukan pembelajaran dan penerapan Mind Mapping ini kepada siswanya agar para siswa bisa berfikir kreatif.

Apa sih Manfaat Mind Mapping ?

Manfaat mind mapping atau pemetaan pikiran ada sangat banyak sekali, namun saya akan mencoba memberikan beberapa diantaranya yang perlu kalian ketahui tentang mind mapping ini.
  1. Membantu Otak untuk berkosentrasi lebih baik pada suatu POKOK gagasan atau ide.
  2. Memperjelas Ide atau Gagasan tersebut
  3. Memunculkan Ide baru yang berkaitan tentang Pokok ide tersebut
  4. Memperlihatkan hubungan dari ide-ide atau gagasan tersebut.
  5. Membuat ide atau gagasan tersebut lebih terstruktur.
  6. Membuat ide gagasan tersebut bisa dimengeti bahkan oleh orang lain.
Dari 6 yang saya sebutkan saja diatas kita bisa sangat mengerti betapa Mind Mapping sangatlah penting untuk membantu kita dalam suatu proses pembelajaran. namun sayang yah di sekolah sekolah dasar kita, kita tidak pernah diajarkan untuk hal ini.

Apa Hubunganya Mind mapping dengan Menulis?

Yang perlu kalian tahu menulis adalah suatu aktifitas yang memicu dan menggunakan seluruh bagian otak untuk berfikir, baik bagian kanan ataupun kiri, bagian logika dan nalar, semuanya bekerja membaut sebuah ide atau gagasan pokok kemudian menemukan gagasan baru sebagai penjelasan lalu menerapkanya sebagai tulisan, tentu hal ini sangat melelahkan jika tidak memiliki "alat" bantu, yah alat bantu yang saya maksudkan ini adalah sebuah metode Mind Mapping.

Dengan Mind Mapping ada banyak sekali hal yang dapat membantu kita dalam menulis, terserah kalian menulis apa, dengan Mind Mapping kalian bisa lebih mudah dalam prosesnya, dan berikut ini adalah manfaat Mind Mapping dalam menulis yang perlu kalian ketahui
  1. Memperluas pembahasan. Dengan pemetaan pikiran atau Mind Mapping, kalian bisa memperluas pembahasan kalian dalam menulis, terutama jika kalian menulis sebuah artikel, kalian akan dengan mudah mengembangkan gagasan-gagasan yang sudah ada.
  2. Mempermudah dalam menulis. dengan mind mapping kalian bisa lebih mudah dalam menulis, karena sudah ada yang menjadi to-do list.
  3. Membuat Lebih terstruktur dan jelas. Dengan Mind Mapping tulisan kalian akan lebih terstruktur dan lebih jelas.
  4. Mudah mengingat dan tidak menumpuk pembahasan. Adakalanya seseorang akan menulis dan mengulang suatu pembahasan, karena lupa bahwa gagasan tersebut sudah dibahas sebelumnya, dengan mind mapping, kalian bisa menghilnagkan kemungkinan itu.
  5. Mempermudah orang lain mengerti. dan terakhir dengan mind mapping kalian bisa mempermudah orang lain tentang ide atau gagsan pokok kalian

Sebagai contoh saja, saya akan memberikan gambar Mind Mapping yang saya buat untuk membantu saya dalam menyusun artikel ini.
klik kanan gambar > open new tab | android : tahan, open new tab

Cara Melakukan Mind Mapping

Cara melakukan Mind Mapping atau pemetaan pikiran ada dua, dengan bantuan aplikasi atau software dan secara manual atau dengan membuat coret-coretan di kertas dan papan tulis. mari kita membahasnya satu-persatu, mulai dengan Mind Mapping manual.

Cara manual maksudnya adalah membuatnya pada sebuah media nyata, seperti kertas atau pada papan tulis, cara ini adalah cara mind mapping konfesional dan sudah dilakukan sejak dulu, caranya cukup dengan menggambar polah dari gagasan kalian dimulai dengan Pokok bahasan sebagai intinya kemudian kalian membuat gagasan lain dari pokok gagasan tersebut, hubungkan dengan garis sehingga kalian bisa mengerti korelasinya, buat juga sub gagasan yang terhubung dengan gagasan-gagasan yang dibuat tadi dan seterusnya.

Cara manual ini bisa digunakan karena bisa dilakukan kapan saja, tanpa terbatas media, cara manual ini sering digunakan dalam sautu kegiatan pendidikan atau pembelajaran yang melibatkan orang lain.

Sengakan dengan bantuan aplikasi atau software bisa dilakukan dengan bantuan sebuah software yang sudah berisi chart dan template yang bisa kita gunakan untuk proses pembuatan gambar mind map itu sendiri, dengan menggunakan bantuan software kita kan lebih mudah dalam membuatnya, selain itu hasil dari mind mapping ini juga kalian bisa olah sebagai bahan pembelajaran lagi atau bisa sebagai media presentasi ide kalian. sayangnya cara ini tidak cocok jika digunakan untuk kegiatan mind mapping yang melibatkan banyak orang.

Aplikasi Mind Mapping terbaik untuk Dekstop

Sekarnag mari kita ke aplikasi apa yang paling bagus untuk kalian gunakan dalam membuat Mind Mapping, ini adalah pendapat saya pribadi setelah mencoba memakai beberapa aplikasi sejenis. dan pilihan saya jatuh kepada Xmind.

Sebuah aplikasi pembuat Mind Mapping yang menurut saya sangat powerfull dan mudah sekali dalam penggunaan, selain itu juga support dengan berbagai OS, termasuk Linux, yang kadang saya gunakan untuk keperluan tertentu seperti pemrograman. Xmind ada yang versi pro dan versi gratis, saya sarankan jika kalian menggunakan aplikasi ini pada keperluan pribadi untuk menginstall versi gratis saja sudah sangat cukup kok, apa lagi jika kalian cuma buat membantu kalian dalam membuat artikel.

Aplikasi Mind mapping Android

Selanjutnya jika kalian adalah pengguna android mobile,dan kalian ingin menggunakan aplikasi Mind Mapping pda android kalian maka yang paling pas menurut saya adalah miMind

Aplikasi ini sanagat ringat, dan mudah sekali digunakan, sebenarnya Xmind juga ada di android sayangnya tidak semudah jika menggunakan mi Mind yang menyertakan template simple, sehingga kalian mudah memahami dan mengeditnya.

Baiklah saya rasa coretan saya mengenai Pentingnya Mind Mapping daalam Menulis Kreatif ini, semoga bisa membantu dan memberikan informasi bermanfaat bagi kalian.

BUKA UNTUK KOMENTAR