Jumat, 16 November 2018

Cara Menyimpan dan Print pada Word 2019

Cara Menyimpan dan Print pada Word 2019

Akhirnya kita sampai pada bagian terakhir dari Panduan Singkat Menggunakan Microsoft Word 2019, yakni Cara Menyimpan dan Print pada Word 2019. Ketika kalian selesai membuat atau mengedit sebuah dokumen teks yang akan kalian lakukan selanjutnya adalah menyimpanya atau langsung mencetaknya (Print).

Cara Menyimpan dan Print pada Word 2019
Sekarang bagaimana caranya? pada Microsoft Word kalian bisa melakukan penyimpanan dengan beberapa macam jenis format Word apa keunggulanya serta apa kekuranganya? kita akan membahasnya juga agar kita tahu mana yang paling baik untuk keperluan kalian.

Mana Format Terbaik untuk Dokumen Word?

Sekarang pertanyaanya adalah mana format paling bagus untuk dokumen yang baru saja kalian buat, apakah format 2003, atau format Word biasa? semuanya tergantung dokumen kalian akan dibuat untuk apa dan siapa berikut adalah rekomendasi dari saya

Format 97-2003 : Format ini sangat cocok untk kalian jika dokumen kalian diperuntukan untuk instansi sekolah, kenapa? karena pada instansi ini penggunaan data akan multi pengguna, bukan hanya guru yang sudah kekinian, yang menggunakan Word 2010 keatas, ada pula komputer yang masih menggunakan Word lama. Format 2003 adalah pilihan terbaik untuk kasus seperti ini, faktanya format 203 kita jiga bisa memastikan dokumen kita dapat di cetak dan dibuka secara baik di semua versi Word bahkan versi lama sekalipun

Format Word (docx) : Format ini cocok untuk dibuat pada dokumen yang diperuntukan untuk khalayak umum, yang menuntut dokumen yang lebih baik dan kompleks,

Cara Menyimpan Dokumen Word 2019

Selanjutnya bagaimana cara menyimpan dokumen yang sudah selesai kalian buat, caranya sangatlah mudah cukup tekan Shortcut Keyboard CTRL+S, pilih Browse dimana dokumen kalian akan disimpan, ketikan nama dokumen kalian, lalu pada kolom dropdown Save as type pilih jenis Dokumen yang akan kalian gunakan. kemudian Save.

Perhatikan setelah kalian melakukan penyimpanan, pastikan juga kembali ke dokumen dan melihat lagi apakah ada perubahan struktur pada dokumen kalian, kadang kala jika kalian membuat sebuah dokumen yang menggunakan atribut baru kemudian kalian menyimpanya pada format dokumen dibawahnya (downgrade) kadang membuat dokumen menjadi berantakan.

Menyimpan Dokumen Word ke PDF 2019

Selanjutnya adalah menyimpan dokumen ke format pdf, kenapa harus pdf, yang pada dasarnya tidak akan bisa diedit lagi ke Microsoft Word?

Kadang kala kalian juga memerlukan dokumen kalian cuma bisa dibaca dan tidak diotak-atik untuk menjaga konten dan formatnya, inilah sebabnya menyimpan dokumen kalian pada format PDF. Berikut ini adalah cara menyimpan dokumen ke PDF tanpa bantuan aplikasi atau Extention apapun di WORD 2019
  1. File > Save As
  2. Klik Browse dan pilih dimana kalian akan menyimpanya
  3. Ketikan nama dokumen kalian.
  4. Pada pilihan Save as type pilih PDF

Print Dokumen pada Word 2019

Cara mencetak pada Microsoft Word 2019 juga sangat mudah, cukup memakai Shortcut Keyboard CTRL + P, selanjutnya kalian akan dibawa ke Print Preview, disini kalian harus mengatur dulu pengaturanya, pastikan settingan kertas sama dengan kertas yang kalian siapkan, sebelum akhirnya klik tombol Print untuk mencetaknya.

Terimakasih telah membaca, ini adalah akhir dari Cara Menyimpan dan Print pada Word 2019 yang merupakan bagian dari artikel Panduan Menggunakan Microsoft Word 2019.

BUKA UNTUK KOMENTAR