Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatur dan Mengolah Teks pada Word 2019

Mengatur dan Mengolah Teks pada Word 2019
Setelah sebelumnya kita sudah membahas Bagaimana Mengatur Halaman dan Margin pada Word 2019 pembahasan selanjutnya dari Panduan Menggunakan Microsoft Word 2019 adalah Mengatur dan Mengolah Teks pada Word 2019.

Mengatur dan Mengolah Teks pada Word adalah Task utama yang kalian kerjakan untuk membuat suatu dokumen pada Mc Word versi berapapun itu, ada banyak hal yang bisa kalian kerjakan untuk meengatur dan mengolah teks kalian, berikut ini adalah diantaranya yang menjadi paling wajib kalian bisa.

1. Aktifkan Ruler Pada Microsoft Word 2019

Yang pertama dari semuanya adalah aktifkan dahulu Ruler pada Word kalian, Ruler adalah bagian yang sangat penting untuk membantu merapikan konten dokumen yang akan kita buat, baik itu tata letak dan konsistensinya.

Cara Mengaktifkan Ruler Pada Word 2019

Adapun caranya sangatlah mudah, pertama klik View pada Menu Bar Word 2019 kalian, selanjutnya Beri Centang (Check List) pada Ruler pada panel Show. maka Reler akan otomatis muncul di laman kerja dokumen kalian, perhatikan gambar berikut ini untuk lebih jelas

Cara Mengaktifkan Ruler Pada Word 2019

2. Mengatur Font Teks pada Word 2019

Selanjutnya adalah mengatur Font pada dokumen yang kalian buat, sebenarnya ini adalah sebuah fitur paling dasar dari aplikasi pengolahan kata apapun, namun Microsoft word lah yang pertamakali mempeloporinya, 

Mengganti Style Huruf  Dokumen

Menyesuaikan style huruf atau font sangatlah penting untuk menunjang dokumen kita agar lebih baik, bahkan untuk sebuah dokumen resmi ada style huruf yang sudah paten dan wajib digunakan, misalnya saj gaya huruf pada pembuatan dokumen laporan skripsi, yang mewajibkan menggunakan Times New Roman, dan sebagainya. - kalian bisa baca ini juga (Memilih Font yang Tepat dan Benar Microsoft Word)

Caranya sangatlah mudah tinggal klik pada dropdown Font dan pilih sesuai kebutuhan, atau dengan cara shortcut CTRL + SHIF + F yang akan membuka pengaturan lebih dalam lagi.

Mengganti Style Huruf  Dokumen

Mengatur Tebal, Miring dan Garis bawah huruf

Mengatur Tebal, Miring dan Garis bawah pada huruf dokumen, kalian bisa menggunakan 2 cara, yang pertama adalah dengan Blok Huruf, kalimat atau paragraf yang akan dirubah kemudian klik icon ini untuk merubahnya dan yang kedua adalah dengan menggunakan shortcut keyboard:
B = Cetak Tebal (CTRL + B)
I = Huruf miring (CTRL + I)
U = Garis baawah (CTRL + U)

Mengatur Tebal, Miring dan Garis bawah huruf

Mengatur Ukuran Huruf Teks pada Word 2019

Mengatur ukuran huruf atau font pada teks, juga memiliki 2 metode, yang pertama dengan klik pilihan dropdown size teks, serta menggunakan Shortcut keyboard.

Jika menggunakan menu bar dopdown, blok dulu mana kata paragraf yag akan dirubah ukutanya, kemudian klik size font dropdown, pilih berapa ukuran yang diinginkan.

Atau gunakan saj cara yang lebih mudah dengan sortcut keyboard
CRTL + > (untuk membesarkan ukuran teks)
CRTL + < (untuk mengecilkan ukuran teks)

Mengatur Ukuran Huruf Teks pada Word 2019

3. Mengatur Paragraf Teks pada Word 2019

Yang terakhir dalam mengatur dan mengolah teks pada word 2019 adalah mengatur paragraf dokumen kalian, pengatura paragraf ini juga setiap jenis dokumen biasanya berbeda beda, tergantung dokumen tersebut dengan tujuan apa.

Rata Kanan, Kiri, Tengah dan Rata Kanan-Kiri pada Word 2019

Pengaturan perataan paragraf dapat dilakukan dengan dua cara juga, klik tombol pada menu bar, atau dengan menggunakan shortkey (Shortcut Keyboard), yang pertama adalah blok dulu atau letakan cursor pada paragraf yang mau dirubah perataanya, kemudian eksekusi dengan
Rata Kanan (CTRL + R)
Rata Kiri (CTRL + L)
Rata Tengah (CTRL + E)
Rata Kanan dan Kiri (CTRL + J)

Bullet and Numbering pada Word 2019

Apa itu bullet dan numbering? Bullet dan numbering adalah tanda yang dipakai untuk memberikan gambar atau lambing tertentu pada daftar tulisan yang terdapat dalam satu paragraf.

Caranya juga sama dengan perataan diatas, yang perlu kalian lakukan adalah blok atau taruh kursor kalian ke kalimat atau paragraf yang akan diberikan tanda dan nomor, kemudian eksekusi dengan klik tombol bullet dan numbering pada menu, silahkan lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya
1. Bullet
2. Numbering

Bullet and Numbering pada Word 2019

Line and Paragraph Spacing

Line and Paragraph Spacing atau lebih kita sebutkan Spasi Paragraf, adalah bagian penting juga yang perlu kalian atur, gunanya adalah untuk memberikan jarak antara satu garis kalimat pada dokumen dengan garis dibawahnya, juga jarak paragraf satu dengan lainya.

Untuk lebih jelasnya cara penggunaanya silahkan lihat gambar Gif berikut ini

Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. atau bisa kembali ke artikel indeks Penduan Menggunakan Microsoft Word 2019
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "Mengatur dan Mengolah Teks pada Word 2019"