Senin, 12 November 2018

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Komputer

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Komputer

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Komputer

Tidak jarang saya harus menghadap komputer sampai berjam-jam, bahkan sampai 12 jam lebih kalau memang ada kerjaan. tentu hal ini sangat membuat mata lelah, namun mau gimana lagi, mungkin dari kalian juga ada yang sama dengan saya (?)

Gejala mata Lelah Akibat Terlalu Lama didepan Komputer

Gejala yang dialami Ketika terlalu sering dan lama melihat layar monitor adalah sebagai berikut

1. Mata Pedih serta Berair
Yang pertama kalian rasakan ketika mata kalian sudah mencapai batasnya ketika mata terasa perih dan selalu berair, akibatnya mata akan mengalami penurunan ketajaman jika melihat objek jarak jauh.

2. Sakit Kepala dan Mengantuk
Gejala selanjutnya akibat mata lelah karena kelamaan lihat komputer adalah Serangan sakit kepala disertai rasa ngantuk yang kuat, namun berbeda dengan rasa ngantuk biasa, rasa ngantuk ini akan terasa tidak nyaman.

3. Penurunan Kosentrasi
Selanjutnya adalah penurunan kosentrasi, jika kalian sudah sering salah lihat, mata tiba-tiba tidak fokus ke layar atau teks yang ada didepan kalian ini artinya mata kalian sudah sangat lelah.

4. Peka Terhadap Cahaya
Mata yang lelah karena kebanyakan melihat layar komputer juga bisa ditandai jika mata tiba-tiba menjadi sangat peka terhadap cahaya, misalkan saja ketika kalian terpaksa melihat keluar ruangan dan kebetulan ada cahaya cukup terang disana tapi kalian justru kesulitan melihat dengan jelas disana.

Cara Mengobati Mata Lelah Karena Komputer

Sekarang bagaimana cara kita untuk mengatasi ini, apa obat untuk mata lelah karena terlalu lama melihat layar komputer? berikut ini adalah hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya

1. Lakukan Olaraga Mata
Cobala untuk melakukan olaraga mata dalam beberapa waktu sekali, caranya adalah dengan mengedipkan mata secara cepat kemudian lihatlah objek bendah pada jarak jauh setelah itu dengan cepat melihat objek benda dekat, kemudian jauh lagi brkedip lagi dan seterusnya, lakukan hal ini berkala disela-sela waktu kalian menggunakan komputer.

2. Atur Kontras Cahaya Layar Komputer
Selanjutnya kalian bisa mengatur cahaya layar komputer kalian, jangan terlalu terang juga jangan terlalu redup jika di siang hari dalam ruangan. namun jika malam hari akan lebih baik diredupkan.

Atau jika komputer kalian sudah memakai Windows 10 kalian bisa mengaktifkan cahaya malam "Night Light". caranya cukup klik tombol action di ujung kanan windows bar, lalu klik "Night Light" sampai layar berubah pencahayaanya.

3. Pejamkan mata selama 5 menit
Ketiga, kalian bisa coba untuk memejamkan mata kalian selama 5 menit atau lebih, banyak orang menyarankan hal ini dan banyak juga yang menyatakan hal ini dapa mengurangi mata lelah akibat komputer.

4. Istirahat dan Tidur
Mungkin dari semua Tips dan cara mengatasi mata lelah karena terlalu lama melihat layar adalah dengan istirahat dan Tidur. tidak perlu lagi memaksakan untuk terus terjaga, walau memang ada tuntutan untuk itu. toh jika dilanjutkan dan dipaksakan akan berakibat kurangnya kualitas kerja kita juga kan ?

BUKA UNTUK KOMENTAR