Friday, November 16, 2018

16 November Hari Toleransi Internasional

16 November Hari Toleransi Internasional

Saya sampai hari ini tidak tahu bahwa emang ada hari toleransi internasional. semua heboh dan menjadi tranding di twitter, tapi apakah benar kita sudah toleran? apalagi di waktu belakangan banyak peristiwa yang memberikan sebuah pertanyaan sama.

16 November Hari Toleransi Internasional

Sebelum membahasnya lebih dalam, sebenarnya apasih definisi toleransi itu ?

Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antar-individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyaraka (wikipedia indonesia)

Saya akan hanya membahas indonesia disini, Toleransi yang ada di Negara tercinta kita. Belakangan memang banyak orang mempertanyakan kualitas toleran kita, banyak peristiwa-peristiwa heboh yang berkaitan dengan hal ini, dari yang paling menyita perhatian adalah kasus Basuki Cahya Purnama (Ahok) yang sampai menghebohkan negri ini, kemudian kasus Jhosua, dan seterusnya hingga ke Choki dan Muslim.

Semua terasa suram, bagaimana rakyat indonesia sendiri sudah lupa arti dari indonesia sendiri, Indonesia ya Toleransi, Indonesia bukan tentang agamanya apa, atau golonganya apa. Indonesia dibangun dari keberbedaan, dibangun dari kepala orang-rang yang berbeda, keringat dan darah orang yang berbeda, suku agama ras dan semuanya.

Jadi akan sangat sombong dan tidak tahu diri jika kita tidak menghargainya, dengan membuat wacana akan membuat negara islam di indonesia. memangnya pahlawan kita seperti Bapak Urip Sumiharjo, T.B Simatupang,D.I Panjaitan dan lain-lain apa? sekarang banyak berkoar ingin merubah tatanan negara seolah dulu ikut berjuang membantu berdirinya negara.

Hey Broo.. Indonesia itu seharusnya enak banget buat idup dalam perbedaan, bercanda yang asyik dengan semua, gak perlu sensitif dengan semua hal.

Heh? saya tidak memihak manapun kok, untuk kasus Ahok memang beliau salah dengan mengucapkan hal begitu, tapi bukan berarti harus dipenjara dan mengakhiri karirnya, toh beliau adalah orang yang bener-bener "Terbukti" kualitasnya memimpin bukan? bukanya tuhan kita pemaaf, orang kalian lupa sholat aja dimaafin, kenapa harus segitunya.

Intinya Indonesia harus menjadi lebih dewasa mulai sekarang, bukan hanya bercuit "ini adalah hari toleransi internasional" dan saya adalah toleran, tapi kenyataanya tidak.

Notes : Ini adalah sebuah opini, kalian bebas membuat penilaian berbeda.

BUKA UNTUK KOMENTAR