Wednesday, November 28, 2018

Artikel Panjang vs Artikel Pendek dalam SEO

Artikel Panjang vs Artikel Pendek dalam SEO

Mari kembali membahas tenteng SEO, kali ini tentang artikel panjang dan artikel pendek, mungkin sudha banyak diketahui bahwah semakin panjang artikel, semakin baik bagi artikel tersebut untuk bersaing di SEP pencarian, namun sepertinya fakta ini kian tidak relevan lagi dengan kenyataan dilapangan (pencarian google).

Artikel Panjang vs Artikel Pendek dalam SEO
Jika kalian benar-benar memperhatikan bahwa hasil pencarian kita tidak terfokus seberapa banyak keyword kalian ada dalam satu artikel, atau seberapa panjang penjelasan kalian dalam artikel tersebut, tapi lebih mengarah ke seberapa jelas dan seberapa kuat isi dari artikel yang disampaikan.

Saya tidak terlalu yakin bagaimana algoritma google memilah hal ini, namun  nyatanya demikian, artikel dengan penjelasan yang sangat panjang bisa dikalahkan oleh artikel dengan panjang kurang dari setengahnya,

Sebagai contoh dan pembuktian mari kita lihat hasil pencarian "cara mengatasi flue"

Artikel Panjang vs Artikel Pendek dalam SEO

Bisa dilihat diatas, bahwa 3 Cara untuk mengobati flue lebih tinggi daripada 5 atau 10 cara dibawahnya, ini artinya panjang artikel tidak membuktikan akan lebih baik dalam SEO lagi, dan ketika saya cek isinya juga urutan teratas lebih jelas dan mudah "dibaca" dalam artian penjelasanya dapat saya pahami dengan cepat.

Mesin pencarian sekarang bisa sangat cerdas dan bisa berperilaku layaknya manusia, terutama mesin pencari google, yah karena memang dikembangkan untuk kepentingan manusia juga, ini artinya kedepanya kita tidak perlu terlalu khawatir tentang "bagaimana menyesuaikan dengan algoritma google" toh kita tinggal buat artikel dengan tujuan yang sama saja dengan google, "kepentingan manusia"

Apa itu? yah bagaimana artikel kita mudah dibaca, dapat mudah dimengerti, tidak membosankan, menarik, relevan, dan seterusnya.

Mungkin itu saja soal Artikel Panjang vs Artikel Pendek dalam SEO, kalian bisa menyimpulkan sendiri mana yang lbih baik apakah artikel panjang atau artikel pendek pada ulasan saya diatas. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

BUKA UNTUK KOMENTAR