Tuesday, November 20, 2018

Apa itu CDN dan Bagaimana Pengaplikasianya pada Blogger

Apa itu CDN dan Bagaimana Pengaplikasianya pada Blogger

JIka kalian sudah memasuki tahap otak-atik template blogger, maka seharusnya kalian sudah sangat familiar dengan CDN, namun apakah kalian sudah tahu, apa sih CDN itu, dan gunanya apa, lantas bagaimana cara menggunakanya di blogger?

CDN ( Content Delivery Network ) sendiri adalah sebuah mirroring data atau files yang dipelukan untuk keperluan umum sehingga bisa diakses semua orang, artinya dengan menggunakan Teknologi CDN kalian tidak perlu untuk menginstallnya di website kalian, namun cukup dengan memanggilnya saja.

Apa itu CDN dan Bagaimana Pengaplikasianya pada Blogger

Sebagai contoh, jika kalian sudah memasang template custom pada blog kalian, pasti akan menjumpai CDN didalamnya, baik itu plugin facebook, atau yang paling sering dijumpai adalah CDN dari Jquery.

<script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.2.4/jquery.min.js">


Diatas adalah sebuah CDN dari Google untuk script Jquey versi 2.2.4 ketika kalian memasang ini di template kalian, artinya semua script dari Jquey tersebut akan dicaptur dan dipanggil ke blog kalian tanpa perlu meletakan (install) semua (isi script yang banyak dan panjang sekali jika kalian membukanya) didalam blog kalian.

CDN juga tidak melulu Javascript, bisa juga Font, CSS, dan banyak lagi data yang diperlukan oleh sebuah halaman web lain.

Selanjtunya, apakah kita bisa membuat file dengan metode CDN ini? iya bisa, jika kalin memiliki suatu hosting kalian bisa melakukanya cukup upload pada directory yang kalian pilih, kemudian rubah aksesnya menjadi bisa dibaca semua orang. sekarang kalian bisa memanggilnya di website dengan halaman domain root yang berbeda sekalipun. hanya saja.. akan sulit untuk bisa se setabil milik website-website besar lain, dan juga tidak jarang akan ditolak oleh browser, karena "sumber akses tidak terpercaya", itulah sebabnya sangat jarang orang melakukanya dengan hosting mereka.

Jika kondisinya seperti itu, lantas jika saya seorang blogger bagaimana cara saya menggunakan metode ini dengan lebih aman dan gratis..?

Caranya dengan memanfaatkan layanan Raw (githack, JsDelivr dll) dari penyimpanan Git gratis (seperti Github, Bitbucket dll) layanan raw sendiri adalah membuat file kalian yang ada di penyimpanan Git gratis ini menjadi diakses secara bersih (hanya code file tersebut).

Yang harus kalian lakukan adalah upload file kalian di penyimpanan Git gratis kalian lalu akses menggunakan layanan Raw, nah url yang kalian dapatkan dari layanan Raw inilah yng bisa kalian gunakan untuk melakukan pemanggilan.

Semoga bisa dipahami, dan berguna bagi kalian. terimakasih telah membaca

BUKA UNTUK KOMENTAR