Sunday, September 10, 2017

Mengatasi Stuck Pixel Titik Aneh Pada Layar Komputer

Mengatasi Stuck Pixel Titik Aneh Pada Layar Komputer

Selamat Siang, Sore, Malam dan Pagi, setelah sekian lama hilang saya kembali lagi untuk mengisi blog ini, saya sebenarnya bukan fakum, masih nulis juga, namun di media dan blog lain. dan kali ini entah kenapa hasrat untuk mengisi kembali sengedan blog kembali. mungkin sekian basa basinya,

Mengatasi Stuck Pixel Titik Aneh Pada Layar Komputer

Apakah kalian sekarang sedang kesal karena layar laptop atau komputer kalian kok ada titik titik aneh, titik-titik ini biasanya berwarna primer atau gabungan dari warna primer, untuk kasus yang saya alami baru-baru ini adalah titik hijau, (ini cukup sering saya temui, selain kasus saya ini juga).

Lah apasih titik-titik itu sebenarnya, kenapa tiba-tiba muncul, dan bagaimana cara menghilangkanya?

Untuk pertama kita harus tahu dulu "penyakit apa ini" sebenarnya, untuk error titik warna, baik itu biru, merah, kuning, atau warna gabungan seperti hijau orange dll yang muncul pada layar namun tidak semestinya, ini dinamakan "Stuck Pixel" seperti namanya, ini artinya Pixel layar atau monitor kalian mengalami stuck (berhenti beroprasi /tidak berubah).

Kenapa stuck pixel ini muncul?

Alasanya beragam, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan error stuck pada layar, berikut adalah beberapa diantaranya yang paling sering terjadi.[post_ads_2]
  1. Driver VGA Tidak Sepenuhnya Compitable. ini artinya driver kalian perlu untuk dilakukan update, agar bisa benar-benar cocok dengan hardware dan perangkat kalian. padaa banyak kasus masalah stuck pixel bisa teratasi ketika driver sudah diupdate.
  2. VGA Card Sudah melemah. selanjutnya adalah kartu VGA kalian baik itu yang tertanam pada motherboard PC atau laptop kalian memang sudah melemah (oleh fungsinya) karena memang sudah lama dan tua . untuk masalah stuck pixel biasanya kalo belum terlalu parah bisa diperbaiki dengan menggunakan Pixel Healer atau aplikasi semacamnya, namun biasanya kalo sudah death pixel (hitam titiknya) mungkin kalian harus siap-siap untuk mengeluarkan uang dari domet kalian untuk membeli VGA baru.
  3. Kabel Fleksible Monitor Tidak Pas atau Terhimpit. Nah ini adalah pengalaman saya pribadi ketika stuck pixel muncul di laptop saya, saya coba update driver masih tidak bisa, jadi saya bongkar, dan yah benar saja kabel fleksible yang menghubungkan monitor dan motherboard terhimpit, (mungkin karena terakhir kali saya buka sebelumnya) jadi setelah saya perbaiki posisinya, dan pastikan konektornya jugaa kencang, yah, masalah stuck pixel saya teratasi.
Itulah 3 poin yang paling sering terjadi, penyebab dari stuck pixel atau titik titik warna pada layar komputer, beserta cara mengatasinya.

Terimakasih sudah membaca, dan saya yakin beberapa dari kalian pasti ada yang masih bingung, silahkan tinggalkan pertanyaan dan masalah struck pixel kalian di bawah, pada kolom komentar, saya akan dengan senang hati membantu kalian.

BUKA UNTUK KOMENTAR