Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Tipe Konten Hasil Pencarian Google

Untuk mengawali bulan ini saya akan membahas kembali tentang SEO, sebagaimana judul yang tertulis diatas, kalian harus tahu ternyata ada dua tipe konten yang ditampikan dalam pencarian google.
2 Tipe Konten Hasil Pencarian Google

Loh kenapa cuma dua? kan ada banyak?

2 tipe yang saya maksud disini adalah hasil yang ditampilkan google menurut relevansi waktu konten ini dicari. sekarang jika kalian blogger, pernahkah kalian membuat sebuah artikel mengenai sesuatu yang sedang buming baru-baru saja, dan dapat menempati page pertama dalam pencarian, hanya karena kalian adalah salah satu yang terdulu/tercepat membuat artikel tersebut. dan pernahakah kalian membuat sebuah artikel, yang dengan pembahasan umum dengan sangat lengkap, dan kalian sangat baik baik dalam seo maupun isi kontenya, tapi masih kalah dalam hasil pencarian dengan konten dengan pembahasan yang sama namun jauh lebih dulu dirilis?

Itulah dua tipe konten hasil pencarian yang akan kita bahas kali ini, saya tidak tahu apakah ini sudah ada yang pernah bahas atau tidak, tapi ini adalah hasil riset pribadi saya. baiklah mungkin langsung saja.

1. Tipe Konten dari Hasil Pencarian Waktu Terbaru

Yang pertama adalah tipe konten dari hasil pencarian terbaru, dimana konten yang akan ditampilkan oleh google adalah konten yang waktu terindex-nya yang lebih cepat dan baru dibuat sehingga akan muncul di paling depan halaman pencarian, walaupun sebelumnya misalkan tahun lalu atau tahun sebelumnya sudah ada artikel serupa, tapi karena untuk relevansi pencarian, google akan menampilkan konten yang baru tersebut. 

Tipe Konten dari hasil pencarian ini biasanya adalah hasil pencarian berita terkini, atau pembahasan terkini, semisal "Kecelakaan beruntun di pantura lamongan" jika kejadian ini memang terjadi baru-baru ini, biasanya konten dibuat yang paling barulah yang akan ditampilkan di halaman pertama, sedang konten dengan judul serupa, dan mungkin saja sama namun di rilis atau dibuat 3 bulan yang lalu misal, maka konten tersebut akan tidak di indahkan.

Sayangnya Tipe konten seperti ini biasanya bertahan di SERP akan singkat, setelah berita atau pembahasan tersebut tidak lagi banyak dicari, google akan kembali menerapkan "konten terbaik" lah yang berhak menempati halaman pertama.

Ynag memanfaatkan Tipe Konten "Hasil pencarian waktu terbaru" ini biasanya adalah situs berita, dengan beberapa paragraf saja, mereka akan berlomba membuat konten secepat yang bisa. mungkin bagi media-media besar adalah suatu yang wajar, karena visitor akan tetap konstan walaupun artikel tipe ini kembali berubah ke tipe kedua yang akan kita bahas setelah ini, tapi kalian adalah blogger personal, maka sangat TIDAK saya sarankan,

2. Tipe Konten dari Hasil Pencarian Konten Terbaik

Selanjutanya adalah tipe kedua, tipe kedua ini adalah konten dari hasil pencarian google menurut relevansi konten terbaik dari pencarian tersebut, misalkan disini kalian mencari "cara membuat blog yang benar" maka konten terbaik dan terlengkaplah yang akan ditampilkan di halaman pertama google, walau harus diakui kadang kala mesin pencari bisa saja salah karena efek black SEO dari pembuat konten tersebut.

Konten dari tipe ini biasanya akan bertahan lama, bisa sampai tahunan, selama artikel tersebut masih relevan dengan pencarian yang ada, namun jika ada artikel yang lebih baik maka tidak jarang akan menggantikan artikel atau konten sebelumnya yang menempati halaman pertama, tapi berbeda dengan Tipe yang pertama (dari Hasil Pencarian Waktu Terbaru) dimana konten akan ditampilkan lebih cepat dihalaman pertama, pada tipe kedua ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama, biasanya akan membutuhkan minimal 3 bulan untuk bisa menggeser artikel yang sebelumnya bertengger di halaman pertama. (ada baiknya kalian juga membaca ini - Berapa Lama Artikel Bisa Stabil di SERP ?)

Untuk Tipe yang kedua ini sangat cocok untuk diterapkan dalam konten kalian para blogger, trafik akan jauh lebih stabil daripada tipe konten yang pertama diatas, walaupun butuh kualitas serta waktu untuk mendapatkanya.

Kesimpulan dari uraian diatas

Kesimpulanya adalah, konten dari hasil pencarian di google terbagi menjadi 2 tipe jika dilihat dari relevansi waktunya, yang pertama adalah tipe konten dari hasil pencarian terbaru dan yang kedua adalah tipe konten dari hasil pencarian terbaik. dimana tipe pertama adalah konten yang ditampilkan berdasarkan kejadian atau isu terbaru/terhangat sedang yang kedua adalah konten yang ditampilkan karena kulatitas kontenya yang terbaik.

Bagi seorang blogger, sangat dianjurkan untuk membuat konten tipe kedua, walaupun butuh waktu dan konten yang dituntut lebih baik dari yang sebelumnya sudah ada, ini karena konten tidak perlu always uptodate sepejang jam seperti situs berita-berita besar, yang kontenya akan menghilang seiring dengan pudarnya juga isu yang dibahas.
-
Terimakasih mungkin itu saja yang bisa saya sapaikan, semoga bisa menangkap maksud dari artikel ini, dan semoga juga bisa bermanfaat bagi kalian teman-teman blogger semua. dan seperti biasa, jika kalian ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "2 Tipe Konten Hasil Pencarian Google"