Friday, April 7, 2017

Tips Agar Bisa Konsisten dalam Ngeblog

Tips Agar Bisa Konsisten dalam Ngeblog

Seperti yang sering saya katakan kunci dari seorang blogger yang sukses salah satunya adalah harus konsisten, karena sukses itu butuh waktu, sangat tidak mungkin seorang blogger bisa langsung sukses, kecuali kalau kalian memang sebelumnya sudah jadi artis atau publik figur.

Tips Agar Bisa Konsisten dalam Ngeblog

Nah masalahnya adalah untuk menjadi konsisten itu sangat sulit, kebanyakan dari kita akan kehilangan semangat setelah waktu 3 sampai 4 bulan dari mulai ngeblog, apa lagi kalau pengunjung atau visitor tidak kunjung ada peningkatan (baca ini juga - Berapa Lama Artikel Bisa Stabil di SERP ?).

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan tips kepada kalian tentang bagaimana cara agar bisa konsisten dalam ngeblog yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk kalian yang sekarang sudah mulai terserang sindrom kebosanan dalam menulis artikel.

1. Motivasi diri

yang pertama dan yang paling kalian butuhkan agar bisa konsisten ngeblog adalah motivasi, dalam hal ini motivasi dari orang bisa berbeda-beda, namun kadang kala motivasi tersebut tidak berhasil dan masih kalah dengan kebosanan kalian. walaupun begitu ada motivasi yang saya pastikan akan bisa membuat kalian menang melawan kebosanan kalian itu, motivasi apa itu?

Tanamkan pada diri kalian, bahwa jika kalian bersabar, dan konsisten membuat artikel, akan ada masanya kalian akan mendapatkan penghasilan puluhan juta dari blog yang kalian tulis.

Jika kalian sudah menanamkan pemikiran tersebut, saya yakin kalian akan mampu setidaknya terus termotivasi membuat artikel dan konsisten dalam ngeblog. (baca juga - Tips Mengajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog).

2. Menulis tentang kegemaran / yang buat kalian tertarik

Kemudain yang kedua, tulislah artikel yang menjadi kegemaran kalian, minat kalian atau hal yang membuat kalian tertarik membahasnya, jika kalian membuat artikel yang kalian minati, membahas sesuatu yang kalian minati, saya yakin kalian tidak akan pernah merasakan kebosanan, maalah menulis akaan terasa menyenangkan.

"Kegemaran saya adalah hal yang diluar hal yang disarankan google adsense"

Misalkan pernyataan diatas mewakili beberapa dari kalian, mungkin akan menjadi masalah dan tidak bisa singkron dengan poin motivasi yang pertama, untuk mengatasi hal ini, saran dari saya sih, kenapa tidak membuat 2 blog berbeda? 

Toh saya yakin kalian tidak mungkin hanya memiliki kegemaran hanya satu hal saja, buat saja 2 blog berbeda, 1 untuk pembahasan hal yang sangat jalian suka namun yang tidak disarankan google adsense dan satu lagi kegemaran kalian yang lain, walaupun misalkan kalian lebih senang dengan blog pertama kalian tetap akan dipakasa menulis juga pada blog yang kedua, karena kalian setidaknya masih tetap konsisten bergelut dalam ngeblog.

3. Buat jadwal membuat artikel

Selanjutnya yang ketiga buatlah jadwal kapan kalian membuat artikel untuk blog kalian, terdengar sepele, namun cukup signifikan loh dalam membuat kalian tetap konsisten ngeblog, jika kalian membuat jadwal membuat artikel, secara otomais kalian akan membuat rutinitas yang jelas, dan secara tidak langsung juga akan mensugesti diri kalian sendiri untuk melakukan hal teersebut setiap harinya.

Dengan membuat jadwal posting dan ngeblog juga ternyata berdampak baik loh bagi SEO, karena dengan posting yang terjadwal, perayap dari mesin pencari juga akan lebih mudah merayapi blog kalian, dan hal ini akan berimbas kepada pengindeks-an yang juga lebih cepat (baca juga - Agar Artikel Langsung Terindeks 100% Berhasil).

4. Sering sering interaksi dengan blogger lain

Selanjutnya cara agar bisa konsisten ngeblog adalah dengan interaksi, sering-seringlah berinteraksi dengan blogger lain, dengan cara melakukan blog walking, tapi bukan hanya sekedan meninggalkan jejak saja, tapi benar-benar mencari teman dan berinteraksi dengan admin blog tersebut, selalu melakukan centang beritahu saya agar jika sang admin membalas komentar kalian, bisa langsung tahu dan bisa kembali kemudian membahasnya lagi.

hal ini juga signifikan loh, mungkin bisa dianalogikan seperti ini, jika kalian tanpa interaksi maka kalian itu sendirian, jika sendirian sudah pasti akan cepat bosan, berbeda jika kalian setidaknya mengobrol dengan orang lain, apalagi dengan pembahasan dan ketertarikan yang sama, maka bosan tersebut akan hilang, dan kalian bisa secara otomatis konsisten dalam ngeblog.

5. Tampilan blog bagus

Selanjutnya dan terakhir dari saya untuk Tips Agar Bisa Konsisten dalam Ngeblog, yaitu tampilan blog kalian bagus, percara atau tidak kalau tampilan blog kalian amburadul, akan membuat kalian tidak nyaman, sehingga membuat kalian tanpa sadar menurunkan semangat kalian untuk terus mengisi konten dari blog tersebut, dan cenderung akan membuat blog baru, padahal yang dibahas dalam blog sama saja dengan blog lama.

Tentu hal ini akan menjadi tidak konsistenan, selain kalian tidak menaati salah satu rumus pasti ngeblog (banyak artikel = banyak pengunjung) karena membaginya menjadi 2 blog, kalian juga cenderung akan malas, karena harus memulainya dari titik awal lagi, dan sudah barang tentu waktu yang dibutuhkan (mendapatkan trafik) semakin lama.

terimakasih, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian, dan seperti biasa jika ada pertanyaan atau ayang lain silahkan tinggalkan komentar kalian di kolom komentar dibawah.