Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Film KARTINI (2017)

Kembali lagi akan mengulas film indonesia, kali ini tentang Film Kartini Salah satu film yang mungkin masuk dalam kategori Biografi pahlawan, yang sepertinya menjadi fokus para sineas film indonesia belakangan ini, yang diawali oleh kesuksesan Habibi.

Film Kartini 2017 sendiri adalah film yang seperti pada judulnya, mengangkat kisah dari pahlawan emansipasi wanita Indonesia Kartini. dan tayang 2 hari sebelum hari kartini. pada tanggal 19 April 2017.
Review Film KARTINI (2017)

Kartini 2017 sendiri ditulis naskahnya oleh Bagus Bramanti, dan disutradarai oleh sutradara kawakan dengan segudang dilmnya yang hit, Hanung Bramantyo, film ini dibuat layaknya film biografi lainya, dengan set zaman lampau dengan visual dan pernak pernik sejarah abad 19 tentunya.
[post_ads]
Berfokus pada cerita bagaimana perjalan kartini untuk keluar dari sistem kasta gender pada masa itu, dimana perempuan tidak memiliki hak yang sama dengan laki-laki, apalagi jika itu adalah wanita pribumi maka tidaklah penting bagaimana wanita itu mendapat pendidikan, tidaklah layak wanita itu memimpin dan mengemban sesuatu yang sudah dikerjakan laki-laki sebelumnya.

Bukanlah hal mudah membuat sebuah film biografi menjadi menyenangkan ditonton dan bukaan hanya menyuguhkan gambaran visual dari buku sejarah tanpa melebihkan sesuatu hal. namun Hanum bramantyo ternyata sukses membuat Kartinti film yang menyenangkan untuk ditonton walaupun dengan plot yang terus berjalan cepat, layaknya orang maraton, perpindahan ke phase 1, 2, 3, dan seterusnya sangatlah mulus, tidak ada sesuatu yang terkesan dipaksakan, sehingga membuat penonton tidak menikmati film.

Naskah kartini juga ditulis cukup baik, jika kalian adalah penikmat sejarah, mungkin kalian akan menemukan beberapa detail yang tidak tersampaikan di film, walaupun durasi film ini terbilang sudah cukup lama (untuk film) tapi tentu saja jika dibandingkan dengan penjabaran sejarah akan masih kurang, tapi berbeda jika dilihat dari kacamata orang awam (seperti saya) yang cuma familiar tentang siapa sih kartini dan bagaimana dia dikenal dan bukan bagaimana perjalanya. Kartini 2017 ini berhasil memberikan siraman pembelajaran sejarah dan sekaligus hiburan kepada saya.

Hanya saja, walaupun naskah ditulis dengan cukup baik, pentokohan pada Kartini 2017 serasa terlalu mainstream entah kenapa saya melihat kartini disini terlalu plek (istilah bahasa jawa sangat cocok) dengan apa yang menjadi bayangan dan gambaran dalam otak saya ketika mempelajarinya dari buku sekolah dulu, kenapa tidak mengulik sisi lain atau sisi baru dalam diri kartini yang belum ditulis dalam buku pelajaran, atau setidaknya banyak orang tidak tahu. Selanjutnya adalah pemeran pendukung, ada beberpa yang (maaf) aktingnya kurang begitu cocok pada beberapa scene.

Ohya mungkin satu lagi, kalian mungkin sudah tahu bahwa Kartini adalah sosok pahlawan wanita berasal dari jawa tapi kenapa yah saya merasa kartini disini (dian sastro) seperti orang yang hanya pura-pura jadi orang jawa? dengan pakean dan set lingkungan kejawen, apakah karena minimnya penggunaan bahasa jawa? walaupun tidak bisa disalahkan juga sih, jika menilik dari segi Per-Film-an tentu jika mengunakan bahasa jawa yang dominan bukanlah keputusan yang bijak, walaupun akan menambah nilai totalitas film tersebut.
[post_ads_2]
Kemudian pada cinematografi kartini, walaupun tidak bisa dikatan luar biasa, namun masih tetap minim celah, dan masih sangat bisa menggambarkan secara visual apa yang kalian bayangkan ketika era abad ke 19 di indonesia dulu, permainan kamera pada engle-engle yang pas, serta menambah efek dramatis dalam film (ini juga yang menambah nilai menyenangkan ditonton).

Overall sih, film Kartini 2017 ini berhasil mencapai misinya untuk menyampaikan kisah sang pahlawan emansipasi wanita indonesia ini dalam bentuk film, dan tetap masih bisa memberikan unsur utama dalam film yakni hiburan. sekarng apakah kartini adalah film yang masuk dalam kategori rekomendasi untuk ditonton? jawabanya YA. kalian harus menontonya.
  • [message]
    • Penilaian Akhir Saya
      • Film KARTINI (2017) Judul : Film KARTINI (2017)
        Rilis : 2017-04-19
        Suttradara : Hanung Bramantyo
        IMDB : http://www.imdb.com/title/tt5882416/
        Diulas oleh : Ichiro Fahmi
        Lainya : http://bit.ly/2mnlCtp
        Rating : 8.3 dari 10
        Tanggal diulas : 2017-04-19
        Deskripsi : Satu lagi film biografi pahlawan garapan Hanung Bramantyo, Kartini (2017) Sebuah Film yang mengisahkan kepahlawanan wanita kuat namun tetap feminim dalam arti sesungguhnya.
Image source: 
http://www.imdb.com/title/tt5882416/mediaviewer/rm5848832, http://www.imdb.com/title/tt5882416/mediaviewer/rm374947584
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

Posting Komentar untuk "Review Film KARTINI (2017)"