Wednesday, April 26, 2017

Pentingnya Rich Snippet untuk SEO

Pentingnya Rich Snippet untuk SEO

Apakah kalian tahu apa itu Rich Snippet? mungkin jika kalian adalah blogger, yang sudah masuk dalam tahap mempelajari SEO maka saya cukup yakin sudah tahu, namun mungkin juga sebagian dari kalian belum mengetahui Rich Snippet itu apa.

Pentingnya Rich Snippet untuk SEO
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas apa itu Rich Snippet dan apa sih pentingnya bagi SEO dan kenapa kok banyak blogger yang bilang bahwa memasang Rich Snippet bisa berbahaya, padahal sejatinya tidak, malah sangat penting dan baik loh dalam seo jika diterapkan dengan benar.

Pengertian Rich Snippet

Rich Snippet adalah istilah yang diberikan kepada tampilan (visual) dari hasil pencarian mesin pencari, yang diperoleh dari perayapan markup halaman yang ditampilkan. namun tidak mempengaruhi sama sekali dengan peringkat SERP pencarian sendiri, hanya membuat tampilan (visual) dari hasil pencarian lebih baik.

Untuk membarikan tampilan Rich Snippet yang baik pada mesin pencari, kalian harus tau dulu kode markup itu sendiri. kalin bisa mempelajarinya di halaman Bantuan Struktur Data dari Google, sehingga dapat diterapkan atau dipasang pada halaman, postingan atau template website (atau blog).

Apa sih pentingnya Rich Snippet?

Ada banyak blogger yang membahas dan menjelaskan bahwa memasang Rich Snippet itu berbahaya dan bahkan sampai ada yang mengeluh karena blognya dihapus oleh google karena memasang Rich Snippet. padahal yah tentu saja mereka blognya dihapus karena melanggar tos blogger sendiri dengan memanipulasi Rich Snippet yang tidak sesuai dengan isi konten.

Maksudnya adalah mereka yang mengeluh blognya dihapus, mereka memasang Rich Snippet secara masal dan tidak sesuai, yang bisa saya amati banyak sekali yang memasang Rich Snippet Rechipe (Resep Makanan) demi mendapatkan gambar bintang pada pencarian, tapi konten yang disajikan sama sekali bukan resep. tentu ini akan "menyesatkan pengunjung" bukan, dan tentu akan melanggar tos dari google sendiri. jadi jangan heran blog kalian dihapus, terlebih lagi penggunaanya bersifat masal dan generate alias dipasang sama pada setiap postingan. 😏

Nah jika seperi itu lantas kenapa kok Rich Snippet ini penting dalam SEO?

Sekarang mari kita lihat gambar dibawah ini. gambar dibawah adalah hasil pencarian dengan keyword "review film the guys". dari gambar tersebut, manakah yang menarik perhatian kalian? 1, 2, 3, atau 4? saya yakin kalian akan lebih tertarik untuk memilih no 4, padahal hasil SERP lebih lemah dari pada 3 lainya tapi akan mendapatkan hasil yang lebih baik, ini dikarnakan Rich Snippet no 4 lebih baik dari 3 diatasnya. inilah alasan kenapa Rich Snippet Sangat penting untuk SEO.

Pentingnya Rich Snippet untuk SEO
Pentingnya Rich Snippet untuk SEO

Tapi seperti yang saya jelaskan diatas, memasang Rich Snippet jika digunakan dengan salah maka akan cukup berbahaya, karena mesin pencari bisa saja menganggapnya adalah penyesatan pembaca, jadi kalian juga penting untuk memasang Rich Snippet sesuai dengan fungsinya, jangan seperti blog-blog yang saya uraikan diatas, memasang Rich Snippet Resep makanan tapi artikelnya lain. tentu akan sangat berbahaya.

Terimakasih semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian, dan seperti biasa, jika ada pertanyaan silahkan tinggakan komentar pada kolom komentar dibawah.

BUKA UNTUK KOMENTAR