Friday, April 7, 2017

Deskripsi Dinamis Pencarian Sangat Penting dalam SEO

Deskripsi Dinamis Pencarian Sangat Penting dalam SEO

Apa sih deskripsi pencarian itu? Deskripsi yang saya maksud adalah deskripsi yang akan tampil pada hasil pencarian mesin pencari, tepat dibawah judul, apakah deskripsi blog ini penting dalam SEO? deskripsi blog seperti apa yang benar? dan bagaimana cara menerapkanya dalam blogger? sekarang mari kita membahasnya satu persatu.

Deskripsi Dinamis Pencarian Sangat Penting dalam SEO

Memahami Deskripsi Penelusuran Blogger

[post_ads]Seperti yang saya katakan diatas, Deskripsi penelusuran adalah dskripsi yang akan muncul pada mensin pencarian yang menampilkan blog atau arikel kalian, deskripsi penelusuran ini bisa di pasang dan dibiarkan kososng, jika di pasang, maka kalian bisa menggunakan deskripsi statis, atau dengan deskripsi yang dinamis atau berbeda setiap artikelnya. Jika dibiarkan kosong maka robot pencarian akan mengambil kalimat pertama dari paragraf pertama dari artikel.

Sekarang coba perhatikan contoh pada gambar berikut ini, pada daerah yang saya beri tanda kotak merah adalah deskripsi pencarian blog yang saya maksud.

tampilan deskripsi pada hasil pencarian google
gambar 1. tampilan deskripsi pada hasil pencarian google

Deskripsi Pencarian Sangat Penting untuk SEO Blog

Apakah deskripsi pencarian atau penelusuran ini penting bagi blog, jawabanya adalah YA, malah sangat penting loh, kenapa? toh kalaupun dibiarkan kosong robot juga akan mengambil kalimat pertama dalam paragraf,

Memang benar demikian, namun itu tidaklah dianggap deskripsi oleh mesin pencari, dan mesin pencari akan lebih cepat, dan menyukai blog dengan deskripsi yang jelas, selain itu sekarang meta keyword juga sudah tidak didukung lagi, oleh karena itu kini peran dari deskripsi penelusuran atau pencarian memiliki peran yang bertambah besar, juga menjadi tempat kalian meletakan keyword pencarian kalian.

Sekarang coba kalian perhatikan gambar berikut ini dan lihat kata yang saya garis bawahi merah. disini saya melakukan pencarian dengan menggunakan keyword "pentingnya deskripsi pencarian blog"

tampilan penelusuran deskripsi bolt
gambar 2. tampilan penelusuran deskripsi bolt

Pada gambar tersebut (yang saya garis bawahi) ternyata ditampilkan dengan huruf bercetak tebal, artinya ini menjadi fokus tampilan dari keyword yang saya masukan dalam pencarian bukan, artinya juga google menampilkan pencarian dari deskripsi artikel tersebut.

Inilah kenapa Deskripsi begitu penting dalam SEO blog, dan sangat perlu kalian perhatikan serta terapkan dalam meningkatkan SEO blog kalian.

Deskripsi penelusuran / pencarian yang benar seperti apa?

Seperti yang sedikit saya uraikan diatas, deskripsi penelusuran atau pencarian ada beberapa jenis yang bisa kalian pilih dan terapkan, tapi yang mana yang lebih baik dan lebih SEO untuk blog? 

Deskripsi yang paling bagus dan sangat disarankan adalah Deskripsi Dinamis yang berbeda di setiap artikel yang kalian buat. dalam diskripsi dinamis ini juga akan jauh lebih bagus jika deskripsi dinamis yang diset secara manual, artinya kalian memasukan deskripsi secara langsung (oleh kalian sendiri) bukan generate dari judul artikel kalian, atau kalimat pertama dari artikel yang kalian buat.

Dan sangat perlu dingat, deskripsi yang klian buat harus mendeskripsikan apa yang kalian jelasakan atau bahas dalam artikel, bukan cuma sekedar perulangan keyword saja, misalkan dari contoh gambar sebelumnya dengan judul "Tips agar  bisa konsisten ngeblog" kemudian kalian cuma isi deskripsi dengan kata-kata keyword saja "Tips agar  bisa konsisten ngeblog, Tips agar  bisa konsisten ngeblog, Tips agar  bisa konsisten ngeblog" tentu hal ini akan tidak sehat, untuk SEO kalian.
[post_ads_2]

Cara menerapkan deskripsi pencarian dinamis yang benar pada blogger

Jika pada uraian diatas kalian sudah memahami betul apa itu deskripsi penelusuran atau pencarian, dan mengerti mana yang benar seperti apa, sekarang mari menerapkanya pada blog kalian. silahkan perhatikan dan ikuti tutor singkat berikut ini.
  1. Buka Menu Settings Blogger kalian, kemudian klik pada submenu Preferensi penelusuran
  2. Selanjutnya lihat pada bagian Deskripsi, isi deskripsi tersebut dengan deskripsi Homepage blog kalian. selanjutnya simpan
  3. Jika kalian sudah berhasil cobalah buat postingan baru, kalian akan menemukan menu setelan entri baru, pada panel sebelah kanan halaman edit post yaitu menu "Deskripsi Penelusuran", disini kalian dapat mengetikan deskripsi penelusuran/ pencarian sesuai dengan artikel yang kalian buat itu.
Sekarang coba perhatikan beberpa gambar berikut ini untuk memper jelas totor singkat diatas, cara ini adalah pilihan terbaik untuk menerapkan Deskripsi pencarian yang lebih SEO untuk blog kalian

setting deskripsi penelusuran blogger
gambar 3. setting deskripsi penelusuran blogger

tampilan menu deskripsi penelusuran artikel
gambar 4. tampilan menu deskripsi penelusuran artikel

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai tuntas, seperti biasa, silahkan tinggalkan komentar kalian pada kolom komentar dibawah ini, jika ada pertanyaan atau hal lainya, dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikanya kepada teman kalian.

BUKA UNTUK KOMENTAR