Sabtu, 08 April 2017

Mengenali Penyakit Diabetes Gejala dan Penyebabnya

Mengenali Penyakit Diabetes Gejala dan Penyebabnya

Kali ini mari membahas kesehatan, dan pembahasan kali ini mengenai penyakit diabetes, gejala dan juga penyebab diabetes sendiri, Diabetes sendiri adalah penyakit dimana kadar gula dalam tubuh melebihi kadar yang dibutuhkan, sehingga mengganggu metabolisme tubuh, dan bisa dangat berbahaya jika dibiarkan atau tidak ditangani dengan tepat.

Mengenali Penyakit Diabetes

[post_ads]Diabetes sendiri memiliki 2 tipe. Tipe pertama insulin-dependent pada jenis ini biasanya menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bisa diidap oleh orang dewasa, insulin-dependent sendiri adalah kondisi dimana pangkreas diserang oleh antibodi diri sendiri karena efek dari metabolisme yang kacau, sehingga pangkreas rusak dan tidak bisa menghasilkan insulin. tipe satu ini cenderung lebih kepada genetik atau penyakit diabetes turunan, resiko paling parah yang bisa saja terjadi adalah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Kemudian selanjutnya adalah tipe 2 dimana kebanyakan penyakit diabetes yang di idap oleh orang diseluruh dunia adalah tipe ini. tipe yang kedua ini biasa disebut dengan diabetes onset dewasa atau non-insulin dependent. walaupun dengan sebutan dewasa, tipe dua ini juga belakangan tidak jarang menyerang remaja dan anak-anak. 
Mengenali Penyakit Diabetes Gejala dan Penyebabnya

Pada tipe 2 ini biasanya memang cenderung lebih ringan ketimbang dengan tipe pertama tadi, karena pangkreas masih bisa menghasilkan insulin, hanya saja kadar atau jumlah insulin tersebut tidak bisa menyokong kebutuhan tubuh, sehingga sangat rentan akan menimbulkan efek buruk, apalagi jika asupan makanan yang dimakan tidak sesuai, dan membuat pangkreas semakin rusak maka resiko yang terjadi bisa sama saja dengan tipe yang pertama.

Gejala dari Diabetes

Gejala yang ditimbulkan penyakit ini baik tipe 1 dan 2 sama, berikut adalah gejala tersebut
  1. Mati rasa pada bagian tertentu. Kebanyakan kasus yang dialami oleh penderita diabetes adalah gejala mati rasa pada bagian kaki dan persendihan, juga pada jari jemari kaki, juga terasa nyeri seperti kesemutan yang parah.
  2. Sering buang air kecil. Selanjutnya adalah itensitas buang air kecil bertambah sering, ini merupakan gejala awal yang paling sering dialami oleh penderita penyakit diabetes.
  3. Napsu makan meningkat, gejala yang ketiga ini seperti bukan gejala untuk orang sakit dimana akan tidak napsu makan, pada gejala diabetes malah yang terjadi adalah sebaliknya, napsu makan akan meningkat dibanding dengan biasanya.
  4. Rasa haus yang berlebihan, selain rasa napsu makan yang meningkat, rasa haus juga menngkat dan terkesan berlebihan dari biasanya, ini juga yang menjadi pemicu seringnya buang air kecil.
  5. Turunya berat badan. walaupun napsu makan dan minum meningkat, namun hal ini tidak berbanding lurus dengan berat badan, karena pada gejala orang yang mengalami dibetes biasanya akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan.
  6. Bengkak pada kaki. biasanya juga akan terjadi pembengkakan dibagian kaki tanpa sebab yang jelas, namun sebenarnya hal ini karena infeksi. yang diawali oleh demam ringan sebelumnya.
  7. Masalah pada kulit. Selanjutnya adalah masalah pada kulit, sering terjadi pada penderita dibetes yang kaki mengalami penmbengkakan yang di ikuti oleh kulit yang kerak dan seperti bersisik
  8. Mudah lelah. dan yang terakhir adalah penderita penyakit diabet biasanya akan mudah lelah dengan aktifitas yang sedikit saja.
Jadi jika kalian atau keluarga kalian mengalami gejala gejala seperti yang saya sebutkan diatas, segeralah periksakan ke rumah sakit terdekat, karena kemungkinan saja kalian atau keluarga kalian menderita diabetes.

Penyebab dari diabetes

Penyebab dari penyakit diabetes ini adalah dimana kondisi tubuh tidak dapat mengolah kadar gula (glukosa) dalam tubuh, padahal glukosa merupakan energi yang dibutuhkan oleh sel sel dalam tubuh agar bekerja dengan baik. pada diabetes tipe satu, tubuh tidak bisa menghasilkan insulin (selaku pemroses glukosa) sedangkan untuk tipe 2 menghasilkan insulin hanya saja jumlahnya kurang dari yang dibutuhkan untuk memproses glukosa tersebut.

Tingginya kadar glukosa darah (karena tidak diproses dengan baik) dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf, hal ini sangat berbahaya karena dapat memicu stroke dan serangan jantung.
[post_ads_2]

Menanggulangi diabetes

Secara garis besar menangulangi penyakit diabetes adalah mengontrol kadar gula yang dikosumsi oleh tubuh, dimana jika kalian adalah penderita diabetes tipe 1 yang tidak bisa sama sekali memproduksi insulin maka kalian wajib tidak mengkosumsi makanan apapun yang berglukosa tinggi, serta selalu melakukan kontrol kesehatan pada dokter. jika kalian adalah penderita diabetes tipe 2 maka kalian harus meminimalisir glukosa yang kalian kosumsi.

Mungkin yang paling tepat dan benar adalah SEGERALAH KONSULTASI KE DOKTER dari pada harus mencari pengobatan alternatif dll, kesehatan itu memang mahal, tidak masalah untuk setelahnya jika kalian inginyang lebih bisa kalian lakukan sendiri dirumah, namun sangat penting untuk memeriksakan diri dulu ke dokter.

Terimaksih semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat, dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh tuhan, serta dijauhkan dari segala macam penyakit.

Sumber :
https://diabetics1.com/2016/03/mengatasi-kaki-bengkak-akibat-diabetes.html
https://saufianshari.blogspot.co.id/2017/04/Diabetes.html
http://sehatbersamakki.com/11-gejala-diabetes-penyakit-kencing-manis/

BUKA UNTUK KOMENTAR