Minggu, 09 April 2017

Kebanyakan Makan Nasi Ternyata berbahaya

Kebanyakan Makan Nasi Ternyata berbahaya

Apapun yang berlebihan pasti menimbulkan masalah, yah mungkin kata-kata bijak tersebut juga berlaku untuk Makan Nasi, yah nasi adalah makanan pokok bagi orang indonesia, bahkan tidak sedikit yang beranggapan kalau belum makan nasi maka belum makan. padahal sebelumnya sudah makan mie, makan roti dan lainya. dan berikut inilah bahaya dari kebanyakan makan nasi yang wajib kalian ketahui

Kebanyakan Makan Nasi Ternyata berbahaya

1. Mengakibatkan Kekurangan Vitamin dan Serat

Bahaya pertama adalah kalian bisa kekurangan vitamin dan serat, karena pada dasarnya kandungan dari nasi adalah hampir sepenuhnya adalah karbohidrat, sedangkan tubuh memerlukan juga zat lain, seperti protein, vitamin dan juga serat. dimana protein kalain bisa dapatkan dari lauk yang kalian makan, vitamin dan serat kalian bisa dapatkan dari sayur-sayuran, tentu jika kalian makan dengan porsi nasi yang berlebihan dibanding dengan lauk dan sayuran tentu akan mengakibatkan kalian hanya bisa memberikan kebutuhan asupan karbohidrat saja.

Selain itu dengan kebanyakan karbohidrat juga akan memicu kalian merasakan kenyang yang lebih dulu, oleh karena itu jangan hern kalau kalian makan nasi akan terasa lebih kenyang daripada makan makanan lain yang lebih seimbang, padahal kandungan zat yang diperlukan tubuh tidaklah terpenuhi semua, berbeda dengan komposisi sayur dan lauk yang seimbang, walaupun terkesan belum mengenyangkan tapi zat yang dibutuhkan tubuh bisa dipenuhi semuanya.

2. Akan lebih cepat lapar lagi

Dan bahaya kedua ini mungkin akan membuat anda berfikir ulang jika kalian masih beranggapan, cuma nasi yang mengenyangkan. karena ternyata nasi, bisa membuat kalian lebih cepat kenyang, juga membuat kalian lebih cepat lapar juga.

Hal ini terjadi karena Glycemic Indeks yang tinggi, dimana jika kalian mengkosumsi nasi berlebihan kalian akan dengan signifikan meningkatkan tingkat kadar gula darah kalian tapi sayangnya hal tersebut hanya sementara, dan bisa dengan cepat menurun, nah dalam proses penurunan secara lebih cepat, inilah yang membuat tubuh kalian akan kehilangan tenaga atau energi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan keseharian, dan hal ini akan memicu rasa lapar, karena tubuh akan merespon karena membutuhkan asupan lagi.

3. Cepat Mengantuk

Dampak kebanyakan nasi yang ketiga adalah, kalian akan merasa cepat ngantuk. bukan lagi rahasia jika karbohidrat yang dikosumsi berlebihan bisa mengakibatkan rasa kantuk, sebenarnya tidak harus nasi sih, tapi karena efek cepat kenyang yang ditimbukan oleh nasi itulah yang memicu rasa kantuk kalain, karena jika kekenyangan, maka tubuh akan secara otomatis membutuhkan kinerja ekstra untuk memproses dan mengubah makanan tersebut menjadi energi. hal inilah kenapa tubuh akan merasa mengantuk.

4. Mengakibatkan Susah BAB

Selanjutnya efek dari Kebanyakan Makan Nasi adalah sulit buang air besar, seperti pada ulasan poin pertamaa, dengan mengosumsi nasi berlebihan, hanya akan menumpuk karbohidrat dalam tubuh, jadi serat yang dibutuhkan tubuh jadi tidak terpenuhi, inilah yang mengakibatkan Konstipasi atau susah BAB. walaupun bisa diatasi dengan bayak minum air putih namun hal ini, jika dilakukan terus menerus bisa berbahaya juga.

5. Menyebabkan kegemukan

Efek kebanyakan makan nasi berikutnya adalah kalian bisa menjadi kegemukan, atau istilahnya adalah mengalami obisitas. dengan memakan banyak nasi maka akan banyak karbohidrat, karbohidrat adalah sumber energi dan gula darah, jika mengalami asupan yang berlebihan dan melebihi kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh maka karbohidrat itupun akan dirubah menjadi lemak sebagai cadangan energi, ini tidak masalah jika tidak dilakukan terus menerus, namun beda halnya jika kalian melakuan asupan karbohidrat terus menerus secara berlebihan, hal ini akan membuat timbunan lemak akan terus menumpuk dan mengakibatkan kegemukan.

Bahaya dari kegemukan juga bukan main-main, banyak sekali penyakit berbahaya yang bisa timbul karena kegemukan, kalian tidak mau kan mengundang penyakit yang lebih berbahaya karena kegemukan, dimana kegemukan karena kalian terlalu banyak mengkosumsi nasi.

6. Menyebabkan Penyakit Diabetes

Kemudian yang terakhir dan yang paling berbahaya dari efek kebanyakan makan nasi adalah kalian bisa terkena penyakit dibaetes, mungkin lebih teptnya Diabetes Melitus. hal ini terjadi karena dengan mengkosumsi karbohidrat yang tinggi akan meningkatkan dengan pesat kadar gula darah (glukosa pada tubuh) secara signifikan. walaupun akan berkurang dengan cepat pada penjelasan poin kedua diatas, jika kalian lakukan ini terus menerus dengan itensitas tinggi, bisa mengakibatkan glukosa tersebut tersimpan dan diakumulasi meresap kedalam darah, inilah yang berbahaya. karena jika kelebihan kdar gula dalam darah, maka insulin yang bertugas memproses gula darah menjadi energi juga akan tidak bisa mengatasinya (over kapasitas) dan akan memicu penyakit diabetes.

Diabetes sendiri bukanlah penyakit ringan, jika dibiarkan maka akan memicu penyakit lain yang jauh lebih berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung. mungkin ada baiknya kalian juga membaca artikel berikut ini - Mengenali Penyakit Diabetes Gejala dan Penyebabnya

Terimakasih mungkin itulah Kebanyakan Makan Nasi yang Ternyata berbahaya bagi tubuh, semoga bermanfaat, dan bisa membuat kalian lebih menyeimbangkan lagi porsi makanan yang kalian makan antara nasi sayur dan lauk.

BUKA UNTUK KOMENTAR