Senin, 17 April 2017

Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi

Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi

Jika kalian adalah pengguna android, dan suatu ketika hp kalian tiba-tiba hilang entah kemana, dan bingung harus bagaimana cara menemukanya, aplikasi find my phone juga tidak punya, lantantas bagaimana cara menemukanya tanpa menggunakan software apapun? disini saya mempunyai solusi yang paling tepat untuk kalian dan dijamin efektif dan pasti bisa.

Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi

Cara yang kita gunakan adalah dengan menggunaan fitur Pencarian Google. yup Google, kalian tidak salah baca, google bisa menemukan hp android kalian, dan ini bukanlah hoax, berikut ini adalah tutorial singkat bagaimana cara menemukan hp android dengan pencarian google.

Syarat yang harus dipenuhi.

Ada syarat yang harus kalian penuhi, untuk menggunakan cara ini, tidak ribet dan tidak banyak kok, berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan cara menemukan perangkat android hanya dengan google.
  1. Koneksi Internet Menyala.
  2. GPS dalam kondisi Menyala.
  3. Sudah login akun Google pada android.
Yup cukup 3 saja yang harus kallian penuhi, dan mungkin akan kalian penuhi walau tidak dalam kondisi "jaga-jaga" hilang, karena memang 3 kondisi diatas adaah kondisi umum ponsel android yang aktif digunakan. namun ada juga kalanya orang tidak menyalakan GPS dengan banyak alasan. seperti halnya masalah hemat daya batery dll.

Solusinya adalah membiasakan jika kalian berada di tempat umum, untuk menggunakan aplikasi tasker, (kalian bisa membelinya di playstore) dan melakukan setting untuk menyalakan dua poin utama (1 dan 2) diatas, ketika android dihidupkan.

Kenapa seperti itu? karena ini hanya untuk berjaga jaga jikalau hp kalian hilang dan kemudian ditemukan oleh orng lain yang "tidak punya niatan mengembalikan" maka ketika mereka menyalakan android kalian sudah pasti akan otomatis menyalakan 2 poin utama syarat dari cara menemukan hp yang akan kita gunakan.

Cara Mencari Hp yang Hilang hanya dengan Google

Selanjutnya mari kita masuk kedalam inti dari artikel ini, yakni caranya, cara mencari hp yang hilang ini hanya dengan mesin pencari google. jika kalian sudah hp android yang dicari disinyalir sudah memenuhi syarat diatas, maka berikut ini adalah langkah yang perlu kalian lakukan untuk menemukanya.

1. Buka Google, kemudian login dengan akun yang sama dengan akun di Android

Pertama adalah kalian harus masuk dulu pada akun yang sama dengan akun google yang kalian gunakan untuk masuk pada ponsel atau hp android kalian yang sekarang akan kalian cari (hilang) agar kalian bisa terintegrasi dengan android yang hilang tersebut.

Kalaupun kalian menggunakan akun lain atau dalam kondisi tertentu multi akun (kalian mempunyai beberapa akun yang kalian gunakan untuk login di android kalian yang hilang, tidk masalah menggunakan akun yang manapun untuk login / masuk di Google, yang penting akun yang ada dalam android kalian yang hilang.

2. Selanjutnya adalah ketikan dan cari "Where is my phone" atau "Dimana handphone saya"

Langkah kedua adalah kalian harus mengetikan dan mencari pada kolom pencarian google dengan keyword "Where is my phone" atau dengan menggunakan bahasa indonesia "Dimana handphone saya" tanpa tanda petik ya tentunya.

Jika sudah maka akan ada panel khusus (dengan peta gmaps) yang tampil pada hasil pencarian paliang atas dari goolge, silahkan perhatikan gambar 1 dibawah ini.

Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi
Gambar 1. Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi


Google akan dengan otomatis akan mencari dimana phonsel android kalian. bahkan kalian juga dapat menderingkan (membuat android kalian berdering seperti di telp) hanya saja perlu dingat tampilan pertama yang muncul ini biasanya "belum akurat" jadi kalian harus melakukan langkah ke 3.

3. Klik pada area peta dari hasil pencarian kemudian klik "located device"

Sebenarnya pada langkah kedua saja kalian sudah diarahkan ke lokasi dimana ponsel android kalian sekarang berada hanya saja, belum terlalu akurat, biasanya dalam area (luas) tertentu dan terlalu besar jika kalian harus mencarinya, oleh karena itu perlu langkah selanjutnya yang bertujuan untuk melakukan pencarian lokasi yang lebih mendalam.

Caranya klik saja peta yang tampil pada pencarian tersebut, maka kalian akan dialihkan ke tampilan peta yang lebih spesifik beserta beberapa tools yang akan mucul menyertainya.

Selanjutnya kalian cukup klik tombol kecil (icon gps) yang ada pada panel control silahkan lihat gambar, itu adalah "located device" dengan klik tombol kecil itu peta akan refresh/reload dengan lokasi yang jauh lebih spesifik dan akurat.

Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi
Gambar 2. klik "located device"


Kalian juga bisa Menghapus dan Lock (kunci) data dari cara ini

Dengan cara ini pula kalian juga bisa mengunci, perangkat android kalian dari jauh, selain itu kalian juga bisa mengapus semua data kalian dari sini. ini sangat berguna jika kalian memiliki banyak rahasia didalam ponsel kalian, dan sudah terindikasi kuat ponsel android kalian yang hilang ini berada pada tangan orang lain.

Caranya juga sangat mudah pada langkah ketiga diatas, kalian akan dibawah ke mtampilan pada gambar 2, disana pada panel control pada bagian bawah kalian pasti melihat tombol pilihan untuk melakukan lock atau menghapus data dari ponsel kalian. disana. perhatikan gambar 3 berikut ini.

Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi
Gambar 3.  Menghapus dan Lock (kunci) data

Bagaimana? mudah bukan,google memang sangat medudahkan ketika bisa terintegrasi seperti ini, sayangnya menjadi sangat berbahaya jika akun kalian dicuri. jadi wajib untuk menjaga kaun kalian tetap aman.

Terimakasih sudah membaca tutorial Cara Menemukan Hp Saya yang Hilang Tanpa Aplikasi sampai tuntas, seperti biasa, jika kalian ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini, dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke sosmed dan teman-teman kalian agar mereka juga tau dan sama mengertinya dengan kalian.