Monday, April 17, 2017

Bagaimana Agar Bisa Lebih Produktif

Bagaimana Agar Bisa Lebih Produktif

Produktif adalah suatu istilah yang menggabarkan suatu kegiatan yang dapat mengasilkan sesuatu yang baru, dan biasanya dalam jumlah yang banyak. jika kalian pernah mengalami kejadian dimana kalian sudah ingin melakukan sesuatu, atau membuat sesuatu tapi ternyata dengan alasan tertentu kalian menunda tau mengurungkanya, ini yang dinamakan tidak produktif. jadi bagaimana cara mengatasi hal ini? bagaimana cara agar bisa lebih produktif? mari kita bersama membahasnya sekarang.

Bagaimana Agar Bisa Lebih Produktif

Manage Diri Sendiri

yang pertama adalah kalian harus bisa memanage diri sendiri, jadilah manager untuk diri sendiri, atur semua kegiatan kalian sendiri.perlu di ingat, ketidak produktifan diri biasanya disebabkan oleh kacaunya manage diri, misalkan, ketika kalian ingin membuat suatu karya tulis, sudah ada dalam otak kalian tapi realisasinya kalian tidak melakukanya karena kalian pikir bisa dikerjakan nanti, padahal jika ditunda, kemungkinan besar ide tersebut akan hilang dan lupa.
[post_ads]
adapun cara melakukan manage diri sendiri agar bisa lebih produktif adalah sebagai berikut:
  1. Buatlah jadwal kegiaan yang jelas. misalkan saja, pagi sampai siang melakukan A kemudian sinag samapi sore melakukan B dan malam hari Melakukan C, dengan membuat jadwal yang jelas, kalian bisa membuat diri kalian merasa jika tidak melakukan kegiatan yang sudah terjadwal, maka jadwal selanjutnya akan kacau.
  2. Urutkan jadwal menurut preoritas. Jadi kalian harus pilah dulu kegiatan-kegiatan itu mana yang lebih penting, maka usahakan lakukan lebih dulu.
  3. Tentukan target yang ingin dicapai. dan yang terakhir adalah kalian harus juga membuat sebuah target. atau goal dari kegiatan yang kalian manage itu. dengan membuat target pencapaian kalian akan menjadi lebih fokus dalam melakukan kegiatan tersebut.

Buat diri Menjadi Fokus

selanjutnya adalah buat diri kalian menjadi lebih fokus, ini adalah salah satu poin paling penting dalam membuat diri lebih produktif. karena alasan orang tidak produktif karena tidak bisa memanage diri, juga mereka tidak bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu, belum juga memproduksi sesuatu, malah berhenti ditengah jalan atau mengerjakan sesuatu yang lain. lantas bagaimana cara agar bisa lebih fokus dan dapat menjadi orang yang lebih produktif?
  1. Singkirkan Gangguan. Alasan seseorang tidak fokus karena adanya gangguan yang mengakibatkan orang tersebut tidak fokus dalam mengerjakan kegiatanya, disinilah kalian harus memulai untuk menyingkirkan gangguan tersebut. misalkan saja, jika kalian sedang menulis sebuah karya, pastika kalian dalam  waktu diamana kalian tidak akan terganggu oleh kegiatan yang "mendadak" lain, misalkan di telp pacar :D atau bila perlu langsung saja matikan hp atau device dan media lainya yang mungkin saja akan mengganggu kegiatan produktif kalian.
  2. Lakukan Kegiatan satu-persatu. Nah ini mungkin yang menjadi kesalahkaprahan orang, bahwa dengan melakukan banyak task (kegiatan) secara bersamaan maka akan membuat lebih produktif. tapi nyatanya tidak, karena jika kalian melakukan banyak kegiatan sekaligus, maka kalian tidak akan bisa terfokus dalam satu kegiatan saja sehingga, bukan malah menyelesaikan lebih dari satu, tapi malah berhenti ditengah jalan.
  3. Nyamankan diri. salah satu yang mebuat orang tidak fokus adalah karena pada saat mereka melakukan kegiatan produksi mereka sedang dalam kondisi tidak nyaman. oleh karea itu sangat penting juga untuk membuat nyaman terlebih dahulu agar diri bisa menjadi lebih fokus, maksudnya nyaman diri bagaimana? maksunya, misalkan kalian sedang melakukan kegiatan menulis dalam kondisi kamar yang panas, maka kalian tidak akan merasa nyaman untuk melakukan kegiatan tersebut bukan? kalian setidaknya perlu menyalakan pendingin atau pindah tempat yang lebih sejuk agar kalian bisa fokus.

Menjaga Diri Tetap Fit

Kemudian yang terakhir adalah kalian harus tetap menjaga diri kalian untuk tetap sehat dan fit. jika kalian sakit tentu kalian tidak akan bisa melakukan kegiatan yang produktif bukan? oleh sebab itu sangatlah penting untuk tetap menjaga kondisi diri tetap fit. adapaun upaya yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut:
[post_ads_2]
  1. Cukupi waktu tidur. memang banyak orang beranggapan bahwa dengan menmanfaaatkan waktu sebanyak banyaknya untuk kegiatan bisa menjadikan diri lebih produktif, yah memang benar, tapi masalahnya adalah jika tubuh tidak kuat untuk terus melakukanya, karena tubuh memerlukan istirahat dan tidur. masalah lain, dengan waktu tidur yang kurang, cenderung orang akan kehilangan fokus dan emosi yang tidak stabil, hal ini jelas sekalia akan mengurangi produktifitas kalian.
  2. Makanlah makanan yang sehat. selanjutnya adalah kalian harus mencukupi nutrisi tubuh kalian, karena jika kalian hanya memakan makanan junk food dengan alasan lebih cepat dan paktis, maka nutrisi yang diperlukanoleh tubuh tidak akan terpenuhi semua, bahkan kalian hanya akan merasakenyang saja, dan malah menjadi ngantuk untuk selanjutnya.
  3. Laukan Olahraga. oleh raga juga sangat penting untuk kalian lakukan demi menjaga diri kalian tetap fit. sehingga tidak mengganggu produktifitas kalian.
Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. dan seperti biasa, jika ada pertanyaan atau lainya silahkan tinggalkna komentar pada kolom komentar dibwah.

BUKA UNTUK KOMENTAR