Selasa, 11 April 2017

Apa itu Clickbait Pengertian Penerapan dan Bahayanya

Apa itu Clickbait Pengertian Penerapan dan Bahayanya

Apa itu Clickbait Pengertian Penerapan dan Bahayanya
Belakangan ini saya sering sekali terkena clickbait, pada situs-situs berita di browser ponsel saya, jujur saja sangat kesal, informasi pada judul yang dibuat ambigu, dan saat di buka artikel tersebut, ternyata hanya berisikan informasi yang sama sekali bukan hal yang seperti ada pada judul, malah terkadang ada sampai masuk kerana hoax, inilah sebabnya saya ingin membuat postingan khusus mengenai pengertian clickbait penerapan serta bahayanya agar kalian bisa mengerti juga,

Pengertian Clickbait

Clickbait adalah sebuah istilah untuk menggambarkan konten web yang hanya bertujuan mendapatkan viewer atau pembaca, tanpa memperdulikan kualitas dan akurasi konten yang disajikan, dengan bergantung pada judul yang sensasional dan memprofokasi atau cuplikan gambar yang mendorong orang untuk membaca atau melihatnya.

Saya cukup yakin semua dari kalian pernah mengalami, ketika melihat sebuah judul dari artikel yang wah, luarbiasa, kemudian saat kalian klik, dan mencoba membacanya, ternyata artikel yang disampaikan tidaklah seheboh dari judul yang ditampilkan, atau artikel dengan thumbnail (cuplikan gambar) yang juga heboh, atau sosok orang terkenal, dll tapi saat memasuki artikel atau konten tersebut, bukanlah itu yang ditampilkan. ini sering sekali kalian jumpai pada artikel aplikasi-aplikasi berita (yang itu loh U dan C) atau jika kalian sering youtuban ? kalian pasti pernah juga mengalami tumnail video tidak sama dengan isi video. itulah yang disebut dengan clickbait.

Penerapan Clickbait

Clickbait sendiri adalah termasuk dalam teknik SEO jahat yang biasa diterapkan oleh pencari uang dari publisher iklan atau penulis konten portal berita, tujuanya tidak lain tidak bukan adalah untuk menggaet pengunjung website untuk membaca artikel tersebut.

Kenapa saya katakan clickbait adalah SEO jahat karena walaupun kenyataanya bisa meningkatkan pengunjung tapi bukanlah hal yang disarankan, dan malah melanggar term of service dari pencarian sekaligus ads sendiri. dan mungkin kalian harus tau juga, clickbait kini sudah tidak bisa lagi untuk seo google, jadi hanya bisa digunakan untuk bersaing viewer konten dalam satu portal lokal berita saja.

Penerapan clickbait sendiri ada dua macam cara;

Menggunakan judul. jadi judul dari artikel akan dibuat seheboh mungkin, biasanya dengan pengertian kalimat yang ambigu dan tidak jelas.
Menggunakan cuplikan media. menggunakan cuplikan media yang provokatif, sehingga membuat orang akan tertarik, yang sering tidak sesuai dengan konten bahkan kadang tidak berhubungan sama sekali.

Bahaya dari Clickbait

Sekarang apa sih bahaya dari clikbait sendiri? walaupun terlihat remeh, namun clickbait sendiri bisa menjadi ancaman serius dan berbahaya loh, bukan sekedar untuk pembaca saja, melainkan untuk sang pembuat clickbait sendiri.

Bahaya Clickbait untuk pembuatnya

  • Merusak Citra dan Kredibilitas media tersebut. 
  • Tidak akan mendapatkan repon baik untuk pembaca. 
  • Hanya akan menjadi artikel sampah 
  • Artikel tidak akan bertahan lama. apa lagi di SERP mesin pencari 
  • Mengikis kualitas menulis sendiri. 
  • dll. 

Bahaya Clickbait untuk pembaca

  • Tidak akan menemukan informasi yang dicari. 
  • Menyia-nyiakan waktu membaca konten yang bukan dicari. 
  • Salah satu bentuk dari arti "telah tertipu" 
  • Kalau tidak selektif bisa termakan Hoax dan informasi palsu. 
  • Kesal dan Emosi. 
  • dll. 

Jadi intinya, Clickbai adalah hal yang buruk dan sangat tidak baik, baik untuk pembuatnya apalagi untuk pembacanya, jadi saran saya adalah mari buat artikel dengan akurasi yang jelas, bukan hanya heboh pada judul dan tumbanail saja, sedang konten yang disajikan tidaklah seperti itu.

Terimakasih semoga bisa menambah wawasan kalian, dan seperti biasa silahkan tinggalkan apa pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini.