Wednesday, March 8, 2017

Tips Mengajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog

Tips Mengajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog

Kembali lagi akan membahas blogger dan adsense, para blogger tentu mendambagan bisa menghasilkan uang dengan blog mereka, dan yang menjadi cara paling populer adalah sebagai publisher adsense, tentu kalian sudah tahu dengan adsense sendiri jadi tidak pelu saya jelaskan apa itu adsense, tapi akan membagikan Tips Mangajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog.

Tips Mangajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog
Mengajukan adsense tidaklah mudah, yah hampir semua orang tahu itu, bahkan mungkin sudah pernah mencoba dan mendapatkan penolakan, yah mau bagaimana lagi, mereka (Google Adsense) tentu harus selektif memilih publisher yang tepat, agar iklan dari klien mereka tidak ditampilkan pada situs yang salah dan memenuhi standart yang ada.

Baiklah mungkin langsung saja, menurut saya untuk mengajugan Adsense agar diterima adalah sebagai berikut ini

1. Rapih dan user friendly

Yang pertama adalah bagaimana tampilan blog kalian harus terlihat rapih dan user friendly, atau dengan kala lain pengunjung secara mudah untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan dalam blog kalian, inilah kenapa banyak sekali para blogger veteran yang menyarankan agar widget penting seperti arsip, pencarian dan label wajib disertakan, yah mungkin itu ada benarnya, dengan menempatkan widget tersebut dalam blog, pengunjung akan mudah untuk mencari dan menemukan informasi yang mereka cari.

Tapi juga mungkin tidak seperti itu, karena menurut saya kalaupun misalkan widget-widget tersebut tidak dipasang tapi blog kalian masih bisa ditelusuri dengan mudah dan pengunjung tidak kesulitan dalam mencari artikel atau informasi yang mereka butuhkan, hal itu sudah memenuhi syarat.

maksudnya bagaimana sih, kalau tanpa widget label bagaimana cara menemukanya? atau tanpa arsip?
seperti yang saya katakan di awal, rapih dan user friendly, bukan "ada widget tertentu" jadi begini, misalkan saja blog kalian ini hanya punya satu niche misal "lirik lagu" maka hanya dengan kolompencarian yang dibuat jelas, serta mungkin breadcrumb saja sudah cukup, dengan tambahan mungkin saja sitemap page, dengan begitu pengunjung tidak akan bermasalah dengan navigasi.

Bicara soal navigasi, ini adalah salah satu alasan terbanyak yang diterima para pengaju adsense, disini navigasi sulit juga termasuk "ketidak rapih-an blog kalian, dan tidak mudahnya penggunaan blog kalian oleh pengunjung" menurut phak mereka tentunya, nah sekarang bagaimana seharusnya?

untuk mengatasi hal ini, yang perlu kalian lakukan adalah memperjelas navigasinya, maksud saya adalah ketika dikatakan navigasi tidak jelas adalah artikel yang tidak jelas ini dapat diakses dari mana, berada dalam kategori apa, jadi misalkan artikel ini "Tips Mangajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog" kemudian kalian beri label "adsense" saja atau "blogger" saja, maka hal ini akan membingungkan pembaca untuk menemukan artikel lainya yang terkait, lantas bagaimana? gunakan 2 atau lebih label untuk artikel ini, bisa kalian pasang di menu dengan satu kategori utama dan lainya adalah sub kategorinya? bisa dipahami? jadi intinya pada artikel ini tidak bisa jika menggunakan label atau kategori "blogger' saja, gunakan label yang lain tambahkan "adsense" misal. atau kalian bisa langsung membuat beberapa kata dalam label itu, misalkan langsung saja labeli dengan "tips adsense" dengan begitu kalian cukup menggunakan satu label.

2. Pastikan artikel sudah terindex Google

Selanjutnya adalah pastikan sebleum melakukan pengajuan adsense artikel dan blog kalian sudah terindex pada Google, ada banyak yang menyebutkan umur blog tertentu, atau jumlah artikel tertentu dalam melakukan pengajuan Adsense, ini menurut saya tidak terlalu benar juga, karena faktanya banyak loh yang mengajukan adsense blognya baru berumur satu bulan sudah diterima, bahkan beberapa minggu, dan juga dengan artikel belum mencapai dua digit. jadi sekarang apa indikasinya dong,

Ini menurut saya sendiri, dan juga pengalaman pribadi, google atau mungkin para peninjau dari google adsense ini akan melihat sudahkah artikel kalian terindex oleh google atau tidak, percuma dengan artikel jumlah yang cukup tapi kalian posting dalam beberapa kurun beberapa hari tentu akan belum terindex, jadi alngkah baiknya kalian pastikan dulu artikel kalian terindex apa belum,

Gunakanlah Google Webmaster, submit sitemap.xml kalian, dan tunggu hingga status index kalian berubah dari 0 menjadi jumlah = artikel kalian. dan alangkah lebih baiknya update artikel, atau tulis artikel kalian secara berkala, dan jangan terlihat seperti buru" dan cuma menargetkan agar diterima google adsense saja, misalkan blog dibuat 2016, lama tidak diupdate, ternyata diupdate pada 4 hari terakhir dengan jumlah artikel yang banyak sekali, kemudian saat itu juga dilakukan pengajuan adsense, tentu akan terlihat jelas maksud kalian, :D dan yah artikel pun belum terindex sepenuhnya, walaupun kalian mempunyai artikel dan blog yang sudah cukup lama sebelumnya.

3. Template terstruktur dan tidak perlu template default juga

Selanjutnya Tips Mangajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog yang ketiga adalah, tentang template, jika membahas template ada banyak juga teori diluar sana yang mengatakan gunakanlah template default blogger, atau template bawaan yang sudah ada dalam blogger untuk mengajugan google adsense.

Untuk hal ini saya juga kurang setuju, faktanya saya dulu mendapatkan adsense ini malah dari template yang saya beli di arlina design (pada blog lain, bukan sengedan blog) dan bahkan sudah saya custom juga template tersebut, jadi sudah terpatahkan bukan teori tersebut, lantas apa yang menjadi patokan template agar diterima oleh google adsense, tidak ada yang tahu kecuali mereka, namun bisa saya simpulkan, dari banyaknya cerita mereka yang diterima dan juga pengalaman saya, merujuk pada poin pertama yang saya jelaskan diatas, Rapih dan Users friendly, template yang digunakan harus rapih dan bersih, tidak ada popup melayang yang menggangu pandangan pemaca terhadap artikel, dan navigasi, dari seegi navigasipun harus jelas, tidak masalah harus ada dropdown menu, dulu saya juga menggunakan dropdown waktu diterima. yang penting harus jelas.

Template yang terstruktur maksudnya bagaimana? yah maksud saya adalah ada header jugul blog paling atas, dibawahnya adalah naigasi menu utama, ada sidebar sebagai tempat widget nvigasi penting lainya, kemudian post body yang jelas. kemudian footer, jadi intinya template yang digunakan jangan yang ribet dan terlalu heboh. simple aja

4. Sertakan Halaman pendukung serta cara pengunjung menghubungi kalian

Yang ke empat adalah sertakan halaman pendukung pada blog kalian, apa saja halaman pendukung ini, dan isinya apa? isinya adalah informasi yang kalian sampaikan kepada pengunjung blog kalian sebagai pendukung blog, diantaranya adalah halaman Privacy yang menjelaskan tentang bagaimana kalian atau blog kalian memperlakukan data yang kalian terima dari pengunjung blog kalian, seperti halnya Log Files, DoubleClick Dart Cookie, Our Advertising Partners, Third Party PrivacyPolicies, Children's Information, Online Privacy policy Only dll. lalu Disclaimer, yang menjelaskan tentang batasan-batasan dari konten atau isi dari blog kalian serta informasi mengenai pengajuan komplain.

Kemudian halaman penting lain yang perlu kalian tambahkan adalah halaman yang berisi bagaimana cara menghubungi admin atau pemilik blog, (kalian), ini penting karena jika ada masalah, seperti disclaimer, atau keluhan tentang konten blog pengunjung bisa menghubungi admin blog tersebut, hal ini menurut saya adalah salah satu penilaian yang dilakukan oleh google adsense apakah menerima atau menolak pengajuan adsense kalian.

5. jangan melanggar ketentuan Adsense ataupun Blogger sendiri

Kelima adalah jangan melanggar ketentuan atau term of service dari adsense ataupun blogger sendiri, jadi kalin mesti dan wajib mematuhinya.

Nah bukanya sudah seperti itu yah dari awal saya ngikutin anjuran google dari alasan penolakan untuk mencari solusi bagaimana cara mngatasinya?

Begini, Kalian harus tahu bahwa Google adsense sendiri tidak akan memberikan alasan secara jelas terperinci mengenai pa yang salah dari blog kalian ketika pengajuan kalian ditolak, misalkan saja alasan penolakan "konten tidak mencukupi" hal ini tidak melulu tentang kontenatau artikel kalian yang masih sedikit, bisa juga jumlah teks dalam artikel kalian terlalu sedikit, atau komposisi gambar dan video yang berlebihan, atau bahkan artikel yang tidak sesuai dengan judul yang dibuat. banya sekali kemungkinanya.

Jadi wajib bagi kalian untuk mengetahui ketentuan Adsense maupun Blogger di term Of service mereka, apakah blog kalian ada poin yang tidak sesuai ketentuanya? yah pelu kalian cari tahu sendiri.

6. Jangan menyerah

Yang ke enam dan yang terakhir dari Tips Mangajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog adalah jangan menyerah, sangat kecil kemungkinan bagi kalian untuk mendapatkan persetujuan secara langsung, apalagi jika kalian adalah blogger yang masih baru, jadi jika kalian gagaal, jangan menyerah perbaiki dan ulangi lagi, masih gagal, perbaiki dan ulangi lagi, lakukan terus, tak perlu harus frustasi. buatlah artikel dengan membahas apa yang kalian pahami dan sukai, jangan terlalu fokus dan menunggu email dari google adsense, pada saatnya yakin pasti akan ketrima,

Terimaksih telah membaca sampai tuntas, silahkan tinggalkan komentar kalian jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin pendapat kalian, apakah Tips Mangajukan Adsense Baru Ala Sengedan Blog ini membantu atau tidak. dan semoga beruntung dengan pengajuanya :)