Friday, March 24, 2017

Pilih Backlink atau Organik Trafik ?

Pilih Backlink atau Organik Trafik ?

Sumber datangnya pengunjung utama blog sebenarnya ada 3 Bookmark, Backlink dan Organik, namun untuk pengunjung baru, bookmark mungkin bisa dihilangkan, tersisa adalah Back Link dan Organik Trafik, masing-masing adalah sumber yang baik untuk datangnya pengunjung, tapi jika arus memilih mana yang lebih baik? mari kita bahas bersama.

Sumber Backlink Trafik

Backlink, seperti arti katanya, Back Link berasal dari dua suku kata bahasa inggris yang artinya tautan kembali, namun arti sebenarnya tidak sesingkat itu, Backlink sendiri adalah tautan (link) yang dipasang, yang muncul, pada suatu halaman web A yang diarahkan ke web B. 
Pilih Backlink atau Organik Trafik ?

Ada banyak metode untuk mendapatkan back link ini, misalkan saja kalian membuat komentar di blog/website orang lain kemudian meninggalkan link yang menuju blog kalian sendiri. ada pula dengan cara memasang iklan, artinya kalian bekerja sama dengan pemilik website tertentu (pengunjung yang banyak) untuk menampilkan iklan yang url atau tautanya mengarah ke web/blog kalian. ini juga termasuk backlink. ada pula seperti membuat status link di sosial media facebook, twitter dan lain sebagainya, ini juga termasuk back link, dan masih banyak cara lagi yaang bisa kalian lakukan untuk mendaatkan backlink ini.

Apa sih kelebihan dan kekurangan backlink?

Keunggulan backlink adalah, trafik yang kalian dapatkan akan banyak, apa lagi jika kalian memasangnya pada website/blog dengan trafik yang tinggi serta sesuai dengan tema (pembahasan) blog yang kalian sajikan, tidak peduli apakah artikel yang kalian buat sedikit atau banyak, tidak akan berpengaruh dengan jumlah pengunjung yang kalian dapatkan dari backlink tersebut. mendapatkan pengunjung dari backlink sangat baik digunakan oleh website/blog yang notaben baru dibuat.

Kekurangan dari Backlink, mungkin pada kualitas pengunjung, tidak sedikit pengunjung akan sekilas saja mengunjungi blog/website kalian, karena memang ahanya penasaran dari backlink yang kalian pasang saja, dan bukan konten yang mereka cari.

Sumber Organik Trafik

Organik trafik (dalam SEO) adalah sumber datangnya pengunjung dari hasil pencarian mesin pencarian (Google, Yahoo. Bing etc.), maksudnya adalah pengunjung yang datang ketika mencari "sesuatu yang mereka butuhkan" di mesin pencari Google (misal) kemudian menemukan artikel atau blog kalian, kemudian masuk dengan klik tautan tersebut dan datang ke blog/website kalian itulah yang disebut Organik.

Apa sih kelebihan dan kekurangan Organik Trafik?

Keunggulan Trafik Organik, pengunjung dari trafik organik, sudah pasti adalah pengunjung yang sedang mencari dan membutuhkan apa yang kalian sajikan pada blog/website kalian, jadi kemungkinan untuk cuma lewat cukup kecil. ini akan menjadi pilihan terbaik jika kalian menginginkan pengunjung yang akan berlama-lama pada blog/website kalian, apa lagi jika kalian menawarkan jasa atau produk, maka Organik trafik akan jauh lebih baik ketimbang backlink.

Selain semua itu, Organik trafik juga tidak terbatas pengunjungnya, dan cakupanya lebih luas pula, dan pengunjung yang didapatkan adalah pengunjung yang langsung dari pencarian, bukan dari pengunjung ke website tertentu (dengan backlink) kemudan menuju blog kalian.

Kekurangan Trafik Organik, Kekurangan sumber pengunjung organik adalah butuh waktu untuk mendapatkanya, seperti pada artikel saya sebelumnya (Baca - Berapa lama artikel bisa stabil di SERP) setidaknya butuh minimal 3 bulan untuk mendapatkan trafik organik yang stabil, jadi untuk blog/website baru, harus bisa menerapkan Search Engine Optimization yang baik, agar bisa mendapatkan hasil SERP yang baik dan lebih cepat stabil.

Kesimpulan Pilih Backlink atau Organik Trafik ?

Kesimpulan dari uraian diatas adalah, Backlink dan Organik trafik mempunyai keunggulan dan kekurangan masing masing, namun dapat disimpulkan juga jika blog/website masih baru maka backlink trafik menjadi pilihan utama, karena bisa lebih cepat mendapatkan pengunjung, tapi untuk jangka panjang, Organik trafik adalah pilihan terbaik.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga membantu, dan seperti biasa, jika kalian suka dengan artikel ini silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, jangan lupa share juga ke sosmed kalian. salam blogging.

BUKA UNTUK KOMENTAR