Selasa, 21 Maret 2017

Merubah Template Pengaruh Stabilitas SERP

Merubah Template Pengaruh Stabilitas SERP

Template, mungkin menjadi sesuatu yang paling awal dipelajari oleh para blogger pemula, tidak peduli platform apa yang mereka pilih, dari Wordpress, Weebly, Blogger, dan lain sebagainya, karena template atau tema adalah penampil, style, yang akan ditampilkan kepada pengunjung untuk mewadai artikel atau konten yang disajikan. tapi pernakah kalian sadar, mengganti template bisa sangat berpengaruh untuk stabilitas SERP blog kalian, terutama pengguna platform blogger.


Sebuah kesalahan jika sering mengubah template blog. mungkin pernyataan ini sudah kalian baca atau dengar sebelumnya. pernyataan ini adalah benar. menjadi sebuah kesalahan jika kalian sering mengubah template kalian demi mendapatkan tampilan yang paling sesuai dengan apa yang kalian inginkan.
Merubah Template Pengaruh Stabilitas SERP

Kenapa kesalahan? karena dengan merubah template kalian juga sudah pasti akan merubah struktur dari blog kalian, ini menjadi masalah jika sebelumnya blog kalian sudah terindex dengan struktur lama, kemudian kalian rubah dengan template baru yang strukturnya berbeda, tentu akan membingungkan perayap google (atau pencari lain) bukan? sehingga sangat mungkin jika kalian sering melakukanya akan dianggap spam oleh Google, dan malang kemudian blog kalian harus Deindex (tidak di index, atau SERP dilempar ke paling belakang)

Hal ini dapat saya buktikan sendiri melalui pengalaman saya belakangan ini, walaupun dalam kasus saya tidak mengubah template tapi memperbarui dengan versi terbarunya. walau begitu struktur yang lama (setelah custom) tetap berbeda dengan updatean template baru, hal ini ternyata benar-benar berpengaruh terhadap SERP Artikel saya, yang semula ada pada halaman pertama dan kedua bisa tiba-tiba hilang begitu saja, dan ketika saya cari dengan keyword tambahan site: muncul 2 index artikel yang sama dengan struktur yang berbeda pada tampilan snippets-nya.

Kesimpulan 

Merubah template, memang benar adanya berpengaruh terhadap stabilitas SERP, karena akan membingungkan mesin pencari, terutama jika template tersebut memiliki struktur tampilan yang benar-benar berbeda, struktur yang saya maksud seperti breadcrumb, meta, markup, dan sebagainya.

BUKA UNTUK KOMENTAR