Tuesday, March 21, 2017

Mengenali Jenis Unit Iklan Adsense

Mengenali Jenis Unit Iklan Adsense

Kali ini saya tidak akan membahas bagamana cara memasang iklan adsense, tapi membahas Jenis Unit Iklan adsense yang sepertinya tidak banyak dibahas, padahal menurut saya sangat penting untuk dipahami sebelum memasangnya.

Mengenali Jenis Unit Iklan Adsense
Jenis unit iklan yang ada pada adsense sebenarnya ada 3 yaitu Ads Gambar, Ads Teks dan Ads Link. dan perlu dipahami, bahwa jenis (type) ini berbeda dengan size, (responsive dan tidak responsive). mungkin akan sebaiknya dipahami satu-persatu dari semuanya.

Jenis Unit Iklan Adsense

Berikut ini adalah 3 Jenis Unit iklan adsense yang wajib kalian ketahui sebelum memasangnya pada website atau blog kalian.

1. Iklan gambar dan video (Display Ads)

Jika kalian ingin menampilkan unit iklan yang akan menampilkan tampilan gambar, atau media lain (video) pada unit iklan yang kalian pasang pada website atau blog kalian, maka pastikan kalian memilih jenis ads (type) "Display Ads".

Pada tipe ini sangat cocok untuk ditempatkan pada area mana saja dalam website atau blog kalian, selain itu juga sangat bagus jika menerapkanya dengan size Responsive sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran browser pengunjung.

Kekurangan, tidak cocok jika kalian menggunakan custom size, karena jumlah iklan dengan size yang kalian custom (size khusus) kemungkinan tidak ada atau jumlahnya sangat sedikit, jadi iklan yang tampil akan kurang bervariasi.

contoh iklan media gambar
gambar 1. contoh iklan media gambar

2. Iklan Teks (Text Ads)

Kemudian jika kalian ingin menampilkan iklan yang berupa teks, maka yang perlu kalian lakukan adalah memastikan jenis iklan pada pengaturan pembuatan unit tertera "Text ads". Tipe ini sangat cocok untuk dipasang didalam postingan, karena memiliki penjelasan teks yang readable, jadi akan cocok dipasang dalam postingan. selain itu text ads akan lebih ringan dimuat, sehingga tidak memberatkan loading halaman.

Kekurangan, untuk iklan text, mungkin akan kurang menarik dibandingkan dengan iklan gambar atau media, yang hanya berupa teks saja. 

contoh iklan teks
gambar 2. contoh iklan teks

3. Iklan Link (Link Ads)

Dan yang ketiga adalah Iklan yang berupa link, dan tampil dengan hanya satu baris, dari beberapa link yang berjejer "Link Ads". Jenis unit iklan ini sangat baik diletakan diawal atau diakhir artikel, selain simple, gaya (style) dari iklan juga bisa menyesuaikan warna website atau blog secara otomatis, iklan yang ditampilkan pun akan sesuai dengan keyword artikel yang dibuka. sehingga sangat besar kemungkinan mendapatkan banyak (you know lah) dari pengunjung.

Kekurangan, Iklan ini bagi sebagian pengunjung cukup menggangu, selain itu, bagi publisher sendiri walaupun tingkat kemungkinan mendapatkan klik tinggi, tapi Pay Per Click terbilang paling rendah (murah) dari semua jenis iklan yang ada.

Tambahan, untuk menampilkan iklan link setting berada dalam pilihan size iklan, saya tidak tahu kenapa masuk disini pilihanya, paahal menurut saya link ads termasuk Jenis bukan size.

contoh iklan link
gambar 3. contoh iklan link

Jenis Size Unit Iklan Adsense

Size Iklan adsense disini juga memiliki 3 Jenis yang bisa kalian pilih dan memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing.

1. Responsive iklan adsense

Yang pertama adalah responsive, dengan menerapkan iklan responsive, unit iklan yang kalian pasanga akan secara otomatis menyesuaikan ukuran pada layar device pengunjung. dan sngat cocok untuk dipasang di website yang juga memiliki tampilan responsive. 

Kekurangan, Kadang kala ukuran dari iklan (tingginya terutama) tidak sesuai dengan apa yang di inginkan, karena hanya menyesuaikan tempat ads titempatkan.

2. Iklan adsense Statis

Pada jenis size iklan ini kalian mendapatkan cukup banyak pilihan ukuran iklan yang bisa kalian terapkan pada usit iklan yang akan kalian pasang, baik itu berupa Horizontal (memanjang) atau vertikal (meninggi), selain beragam banyak yang bilang bahwa PPC dari size ini lebih besar ketimbang responsive (*belum saya verifikasi).

Kekurangan, Kalian harus membuat beberpa unit iklan yang berbeda untuk versi mobile dan dekstop, karena iklan dengan jenis size ini tidak mengikuti ukuran layar device pengunjung.

3. Iklan ukuran custom (ukuran diatur sendiri)

Dan yang terakhir adalah jenis size iklan adsense yang kalian atur sendiri, ini artinya kalian yang menentukan berapa tinggi dan lebar unit iklan yang akan kalian pasang pada blog atau website kalian. ini sangat berguna untuk menyesuaikan ukuran iklan pada template, sehingga memaksimalkan pendapatan.

Kekurangan, Jenis size iklan ini hanya akan maksimal pada jenis iklan text saja, karena pada iklan gambar dan media, jumlah iklan akan sangat terbatas. jadi kurang berfariasi.

Iklan adsense memang menjadi pengiklan idaman bagi pra blogger untuk dipasang di blog mereka, yah karena semua fitur serta iklan yang sangat berfariasi, tapi perlu untuk memasang unit iklan yang tepat dan sesuai agar pendapatan juga bisa lebih maksimal, oleh sebab itu penting sekali memahami Jenis unit iklan terlebih dahulu sebelum memasangnya. 

Baiklah seperti biasa, tinggalkan komentar kalian dibawah, jika artikel ini bermanfaat, atau mungkin bisa kirimkan tambahan atau koreksi jika terdapat kesalahan dari apa yang saya tulis.

BUKA UNTUK KOMENTAR