Sunday, March 19, 2017

Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word

Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word

Ada beberapa cara dan bantuan yang disediakan oleh Microsoft Word untuk membantu kalian dalam menulis, selain kalian bisa mengubah bahasa tools dan bantuan Microsoft Word menjadi bahasa yang kalian pahami (bahasa indonesia klik disini), Microsoft word juga memberikan banyak kemudahan lain yang bisa kalian gunakan, hanya saja kadang kala tidak tampil atau muncul secara default, jadi kalian harus memunculkanya pada pengaturan.
[post_ads]
Adapun Cara dan bantuan yang bisa kalian gunakan, yang menurut saya sangat berguna dan wajib diaktifkan adalah Rules dan batas crop teks, dengan mengaktifkan 2 fitur ini kalian akan dimudahkan untuk menata tulisan kalian di word menjadi lebih rapi, selain itu dengan menampilkan batasan crop teks juga akan memudahkan kalian melihat batas teks yang yanti akan tercetak, tanpa harus melakukan print preview.

Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini, perbedaan tampilan antara Word yang belum diaktifkan Rules dan Batas teks(Gambar 1), dan yang sudah diaktifkan (Gambar 2).

Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word
Gambar. 1

Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word
Gambar 2

Catatan : Mungkin sedikit catatan, microsoft word yang saya gunakan adalah versi 2016, jadi mungkin akan berbeda tampilan jika kalian menggunakan versi Microsoft Word dibwahnya.

Cara Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word

Sekarang mari kita langsung ke tutorial, bagaimana cara mengaktifkan Rules dan Batas Crop Teks pada Microsoft Word,

Mengaktifkan Rules

Untuk mengaktifkan Rules, atau penggaris, pada microsoft word sangatlah mudah, caranya hampir sama saja dari vesi yang saya gunakan (2016) dan vesi sebelumnya (2013, 2010, 2007 dan seterusnya).
  1. Klik View pada Toolbar Microsoft Word,
  2. Cari dan berikan centang pada "Rules"
  3. Selesai. Semudah itu mengaktifkanya.
[post_ads_2]

Mengaktifkan Batas Crop Teks

Selanjutnya adalah mengaktifkan batas Crop Teks, caranya berbeda dengan rules, klian harus masuk ke setting terlebih dahulu.
  1. Klik File pada toolbar Microsoft Word kalian
  2. Jika Sudah pilih Option (pengaturan), Selanjutnya akan muncul jendela Option.
  3. Pilih Advanced (Lanjutan)
  4. Scroll Kebawah pada bagian "Show Document Content" atau Tampilan Dokumen (bahasa)
  5. Kemudian Berikan Centang Show Crop Marks
  6. Selesai.
Menampilkan Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word
Gambar 3

Bagaimana? mudah bukan caranya, dengan memunculkan  Rules dan Batas Crop Teks Microsoft Word kalian akan lebih mudah dalam menulis dan mengerjakan tugas kalian di Microsoft Word.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir, semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian dibawah yah.

BUKA UNTUK KOMENTAR