Jumat, 24 Maret 2017

Cara Membuat Contoh Teks Otomatis Microsoft Word

Cara Membuat Contoh Teks Otomatis Microsoft Word

Seperti pada judulnya, kali ini saya akan membagikan cara, bagaimana Membuat Contoh Teks secara Otomatis di Microsoft Word 2016 (cara ini sama, dengan versi seelumnya 2013, 2010, 2007, dst). Yang saya maksud dari Contoh Teks disini adalah tteks random (acak) yang digunakan untuk melihat contoh format dokumen yang akan dibuat.

Cara Membuat Contoh Teks Otomatis Microsoft Word
Ada banyak sekali alasan, kenapa sih harus membuat random teks ini, misalkan saja jika kalian ingin membuat template atau draf suatu jenis dokumen tanpa membuat konten asli didalamnya. maka kalian perlu Dummy Content text untuk melengkapi template tersebut bukan? masalahnya adalah jika membuat konten asli akan sangat merepotkan, begitu pula jika hanya membuat contoh teks harus repot-repot copy dari internet, hal ini sangat merepotkan.

Cara Membuat Contoh Teks Otomatis Microsoft Word

Baiklah, mari langsung ke bagaimana caranya. disini caranya cukup mudah kok, tinggal buka Microsoft Word kalian, terserah pakai versi berapa, disini kebetulan saya menggunakan Microsoft Word 2016, namun caranya sama saja kok dengan versi terdahulunya.

Kemudian selanjutnya adalah ketikan rumus berikut ini didalam lembar kerja Microsoft Word, kemudian ENTER

=lorem(jumlah-paragraf,jumlah-kalimat)

Sebagai contoh, saya mengetikan =lorem(10,20) kemudian saya Enter, maka Word akan secara otomatis membuat dokumen contoh teks dengan 10 paragraf dan setiap paragraf terdapat 20 kalimat. silahkan lihat gambar gif dibawah ini untuk lebih rinci.
[Lihat gambar gif ]

Bagaimana? sangat mudah bukan, semoga artikel ini bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, kalian juga bisa req. artikel atau tutorial yang kalian butuhkan.

Ohya Bonus tambahan, mungkin kalian bertanya apa itu lorem ipsum, Loorem ipsum adalah contoh teks standart yang diakui, dan digunakan sejak sangat lama (tahun 1500an) bahkan sebelum mesin tik dibuat, jadi apakah lorem ipsum? tidak ada arti yang jelas hanya sebuah dummy text atau Contoh teks standar yang digunakan seluruh dunia. untuk sejarahnya silahkan cari sendiri di google :)