Rabu, 01 Maret 2017

Cara Backup Artikel Blog Blogspot

Cara Backup Artikel Blog Blogspot

Kembali lagi dengan membahas blogger, kali ini saya akan coba berbagi kebiasaan saya untuk selalu melakukan backup secara berkala pada blog saya, dan juga saya sangat menyarankan kepada kalian para blogger untuk melakukan hal yang sama, Backup Artikel Blog kalian Secara Berkala.

Apa sih pentingnya Backup Artikel Blog pada Blogger (Blogspot)?

Kita semua tahu bahwa blog dengan penyedia layanan Blogger, semua konten akan di host di server Google, jadi kita tidak punya akses penuh terhadapnya, apalagi jika kalian adalah blogger pelanggar Term Of Service dari blogger, sudah barang tentu ada kemungkinan blog kalian akan dihapus, jadi sangat penting bagi kalian untuk melakukan backup secara berkala pada artikel kalian, untuk jaga-jaga, walau kalau bisa ya jangan sampai blog kalian dihapus.
Cara Backup Artikel Blog Blogspot
Yah namanya juga full gratis, jadi kalian mesti tidak boleh lakukan seenaknya dengan blog kalian bukan, seperti hanya jika kalian disewakan rumah dengan cuma-cuma, alias gratis, tentu kalian harus menjaga etika dan rumah kalian bukan, walau gratis, dan semua sepenuhnya kalian kontrol, si pemilik asli rumah juga bakalan marah kalau rumah tersebut buat hal negatif atau melanggar ketentuan.

Cara Backup Artikel Blog Blogspot

Sekarang mari kembali ke inti dari artikel ini, Bagaimana Cara Backup Artikel Blog Blogspot, adapun caranya sangatlah mudah, tidak ada trik khusus, karena memang sudah fitur ini sudah disediakan oleh blogger sendiri sejak lama. baiklah langsung saja berikut adalah langkah-langkah Backup Artikel Blog Blogspot yang wajib kalian tahu:
  1. Yang pertama, tentu saja masuk ke akun blog kalian,
  2. Selanjutnya pada sidebar menu samping kiri klik Setting atau Pengaturan
  3. Setelah itu klik sub menu Lainya atau Other
  4. Dibagian paling atas akan langsung disajikan bagan Import dan Cadangkan Konten
  5. Klik Tombol Cadangkan Konten tersebut.
  6. Selanjutnya akan muncul Popup konfirmasi, klik tombol Simpan di Komputer
  7. Selesai
Mudah bukan? jika masih bingung, silahkan lihat gambar gif dibawah ini, klik untuk memperbesar. Lakukan backup minimal 1 bulan sekali, untuk tetap menjaga data artikel kalian, kalau sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak di inginkan.

Cara Backup Artikel Blog Blogspot

Ohya, mungkin satu lagi, kalian juga harus melakukan update berkala pada template kalian, karena kadang sourcecode dalam artikel bisa berbeda dari template satu dengan lainya, misalkan blog ini, jika artikel saja yang di backup dan kemudian nanti dipasang kembali dengan template yang berbeda, artikelnya akan acak-acakan.

Terimakasih sudah membaca, silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, positif atau negatif terserah kalian :) happy blogging.

BUKA UNTUK KOMENTAR